panduaji

Kategori: Uncategorized

Menengok Pembuatan Gula Merah di Blitar

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Beberapa waktu lalu aku main-main ke salah satu tempat pembuatan gula aren / gula merah / gula jawa yang terletak di Ds. Sumberjo, Kec. Sanankulon, Kab. Blitar. Selain main, sebenernya kami juga membuat sebuah video dokumentasi semi dokumenter yang menceritakan tentang proses pembuatan gula jawa / aren / merah. Mungkin lain kali bakalan diupload videonya.

Cetakan Gula Merah
Cetakan Gula Merah

Pada postingan kali ini aku mau bercerita tentang gimana sih cara pembuatan gula aren / gula merah atau yang juga seringkali disebut dengan gula jawa. Tempat pembuatan gula aren yang aku kunjungi kemarin masih menggunakan cara-cara tradisional yang menarik untuk dipelajari.

Proses Pembuatan Gula Aren

Ternyata untuk membuat gula aren / gula merah / gula jawa itu beneran simpel pake banget. Waktu ngobrol sama Bu Sulastik sampai speechless kudu tanya apa lagi, karena proses pembuatannya bener-bener simpel, sederhana dan sudah jelas. Enggak ada yang bisa dipertanyakan lagi dengan proses yang sederhana.

mengaduk gula aren
Bu Sulastik mengaduk gula aren

Jadi cara membuat gula merah itu dengan mengumpulkan air legen yang kemudian direbus sampai mengental. Setelah mengental baru diaduk dan dimasukkan ke dalam cetakkan. Tunggu kurang lebih 20 menit agar mengeras di dalam cetakan sehingga bentuknya sama dengan cetakannya yang berupa batok kelapa. Setelah itu dikeluarkan, dan jadi lah gula merah yang sudah siap di packing maupun di konsumsi.

air legen mengental
Pak Suwito memindahkan rebusan air legen yang mulai mengental

Sedangkan untuk mendapatkan air legen, pak Suwoto yang sudah berpengalaman nderes sejak usia 15 tahun. Sekarang cuma bisa memanjat 30 pohon dalam waktu sehari yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih dikit. Karena untuk mendapatkan legen ini membutuhkan waktu yang agak lama, oleh karena itu lebih baik setelah meletakkan alat di pelepahnya turun dan memanjat pohon yang lain. Nanti kalau kira-kira sudah waktunya baru balik ke pohon yang sudah dipanjat untuk diambil legennya.

Gula merah sudah jadi
Gula merah sudah jadi

Gula aren ini enak dinikmati waktu masih anget, agak lunak gitu. Rasanya juga enak, lha wong namanya gula. Selama ini keluarga Bu Sulastik dan Pak Suwoto menjual gula jawa ini ke para pengepul. Ada yang dijual di pasar ada juga yang dikirim ke luar jawa. Kebanyakan sih gulanya dijual di daerah Kalimantan.

Kalau kamu tinggal di kalimantan maupun pulau di luar jawa dan sedang mencari gula jawa, kontak aja siapa tau usaha jualan gula jawa di sana bisa saling menguntungkan :D.

Shopee Lovember

2 thoughts on “Menengok Pembuatan Gula Merah di Blitar”

Leave a Comment