Surat Keterangan Bekerja Freelance untuk Pengajuan Visa Jepang

Surat keterangan bekerja freelance ini saya buat untuk proses pengajuan visa Jepang sendiri. Dokumen ini digunakan sebagai pengganti surat keterangan bekerja dari perusahaan.

Kalau kamu bekerja di sebuah perusahaan mah enak, tinggal minta surat keterangan bekerja dari perusahaan. Lha kalau saya? Sebagai freelance, harus membuat surat keterangan / pernyataan untuk memperkuat fakta bahwa kamu hanya liburan ke Jepang. Nggak niat jadi imigran gelap di sana

Kalau kamu masih bingung untuk itinerary selama di Jepang, kamu bisa coba baca postinganku tentang liburan ala backpacker ke Jepang. Siapa tahu bisa membantumu menyusun itinerary yang mantap.

Siapa yang Butuh Surat Keterangan Kerja ?

Secara aturan sebenernya enggak ada di website kedutaan. Namun banyak yang menyarankan untuk menggunakan surat keterangan bekerja. Ini juga sebagai jaminan kalau bakalan pulang setelah liburan ke Jepang.

Kalau biaya perjalanan ditanggung oleh orang tua, surat keterangan bekerja sepertinya enggak perlu. Karena orang tua secara tidak langsung akan menjadi penanggung jawabmu. Kalau biaya ditanggung sendiri saya sarankan untuk membuat terlebih dahulu daripada pengajuan visa ditolak.

Sebelum membuat surat keterangan bekerja, ada baiknya menyiapkan data-data yang valid. Seperti nama usaha, alamat bahkan kalau perlu website. Jangan mengada-ngada. Karena nantinya (mungkin) akan divalidasi oleh kedutaan.

Kebetulan aku punya jasa pembuatan website, jadi ya tinggal nyantumin alamat web jasa tersebut. Kalau pemilik toko online tinggal cantumin alamat website toko onlinenya. Anggap aja jasa freelancemu itu sebagai perusahaan.

Ingat! Enggak ada keharusan, tapi disarankan.

Contoh Surat Keterangan Bekerja Freelance untuk Apply Visa Jepang

Berikut contoh surat keterangan bekerja yang aku buat kemarin untuk mengajukan visa ke Jepang. Sengaja enggak dikasih link download biar ngetik sendiri :D. Tolong koreksinya ya kalau ada yang salah. Ini disadur dari punya mas frenkeyblog.com

Surat Keterangan Kerja Freelance

Semoga contohnya bisa bermanfaat yak :D. Kalau ada pertanyaan seputar surat keterangan bekerja sebagai syarat untuk pembuatan visa ke Jepang, jangan ragu untuk tulis di kolom komentar yak! Saya coba untuk menjawab semua pertanyaan yang masuk

shopee promo

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

6 thoughts on “Surat Keterangan Bekerja Freelance untuk Pengajuan Visa Jepang”

  1. Walah baru tau ternyata bisa ya begini. Soalnya aku sempet panik karena ngga bekerja lagi di perusahaan, jadinya nekat ganti ke e-passport :D. Kalau tau begini ngapain repot ganti e-passport ya. Bookmark dulu ah.

    Suwun sharingnya.

    Reply
    • Awalnya juga mikir mau ganti epaspor sekalian, tapi kan sayang masih banyak halaman kosongnya. jadi mending bikin surat keterangan kerja macam gini biar bisa dipake lagi.

      Reply
  2. Halo kak saya mau tanya kalau saya sebagai owner olshop apa perlu di cantumkan bukti transaksi olshop saya? Atau hanya link toko sudah cukup? Terima kasih

    Reply

Leave a Comment