14 Mei 2018

Sumur Ember, Sumber Mata Air yang Jadi Tempat Wisata Murah Meriah di Blitar

Sumber Kandangan, merupakan salah satu destinasi wisata di Blitar yang belakangan semakin populer. Bukan karena kolam nan bening, namun pengembangannya yang semakin baik saja. Sehingga membuat orang-orang dari berbagai sudut Blitar tertarik untuk datang dan menikmati kesegaran airnya, begitupun aku yang harus menempuh jarak kurang lebih 11km untuk menikmati kesegaran air sumber yang juga populer dengan sebutan sumber ember.

Butuh waktu sekitar 20 menit perjalanan dari rumah menuju ke Sumur Ember yang ada di daerah Kandangan, Srengat, Kab. Blitar. Kalau dari pusat kota mungkin antara 10 - 15 menit saja sudah bisa sampai ke daerah ini.

Sumur Ember, Pemandian Alami Nan Murah Meriah

Sumur Mber / Sumber Kandangan
Foto sumur mber / sumber kandangan dari udara. Foto by Sahabatransel
Memasuki pelataran parkir yang dijaga oleh pemuda setempat kita tidak ditarik HTM untuk masuk kawasan ini, hanya perlu membayar parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 2.000 per motor yang notabene bisa buat berdua. Murah kan?

Dari parkiran motor aku sudah bisa melihat sebuah kolam yang tampak sejuk dengan air biru kehijauan di bawah pohon beringin. Tampak juga beberapa orang sedang berenang dan beberapa lainnya sedang asyik ngopi di warung sekitar kolam. Dominasi kaum pria mungkin bakal membuat para wanita sedikit kikuk untuk mencoba kesegaran sumur ember / sumber kandangan ini.
Foto dalam Air Sumur mber / sumber kandangan
Mencoba kesegaran sumur mber, kandangan srengat.
Tak butuh waktu lama untuk berganti pakaian dan merasakan kesejukan air di sumber kandangan ini. Kesan pertama ketika nyemplung adalah seger. Udara pagi tidak lebih dingin dari air sumber yang aku taksir sekitar 3 meter.

baca juga snorkling di karimunjawa

Bagian bawah kolam ini masih berupa pasir yang dihuni oleh ikan-ikan kecil, sedangkan di pinggiran kolam hanya sedalam 50 cm bisa dibuat bermain air anak-anak, namun wajib dengan pengawasan orang tua lantaran tidak ada pagar pembatasnya. Kendati demikian, kolam dengan luas sekitar 10 meter persegi ini diminati oleh semua kalangan, tampak beberapa pelajar juga asyik bermain di kawasan kolam. Entah mereka itu sudah pulang sekolah lantaran musim ujian atau sedang membolos. 

Mandi di Sumber Kandangan Srengat
Pelajar berayun dari pohon beringin dan masuk ke kolam. Adegan yang cukup berbahaya ini, jangan ditiru atau tanggung resikonya sendiri.

Gorong-gorong selebar 1.5 meter an dipasang di sumber mata air ini. Kalau mau bisa mencoba masuk ke gorong-gorong yang kedalamannya juga sekitar 3 meter di salah satu ujungnya. Sumber kandangan ini cocok buat yang belajar snorkling atau diving. Seenggaknya dengan kedalaman tersebut bisa buat menyelam.

Untuk fasilitas kamar ganti sangat minim sekali, terlalu sempit untuk orang yang bertubuh besar sepertiku. Tidak heran kalau banyak warga sekitar yang memilih pulang dalam keadaan masih basah daripada harus ganti di ruang gantinya.

Untuk info rute, baca lanjutannya ya!

Cara Menuju ke Sumur Ember / Sumber Kandangan Srengat

Untuk yang belum pernah mengunjungi Sumur Ember mungkin akan kesulitan untuk menemukan lokasinya, karena memang sampai tulisan ini dibuat belum ada petunjuk jalan menuju ke kawasan wisata sumur ember.

baca : backpackeran ke bawean

Sebagai acuan ada baiknya mengikuti rute ke Srengat via Kalipucung, sesampainya di daerah Tugu Rante, ambil jalan lurus ke arah Karanggayam / Ngantru, Tulungagung. Dari Tugurante ke barat sejauh 2 km, hingga menemukan plang Faskes Tingkat 1 Dr Pravita (semoga plang ini awet dalam jangka waktu yang agak lama karena bisa dijadikan sebagai penanda), ambil ke kiri / selatan (masuk ke gang.  Sesampainya di pertigaan ambil ke kiri ikuti jalan terus dan nanti ambil ke kanan. Kalau bingung ada baiknya tanya warga sekitar yang sudah bisa dipastikan tahu karena hanya dalam radius kurang dari 1km menuju lokasi. 

Kalau nggak mau tersasar, bisa juga ikuti peta di bawah ini. 

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search