10 Panduan Naik Pesawat Terbang untuk Pertama Kalinya

panduaji

0 Comment

Link
Antrian Pesawat di Bandara

Mungkin nggak semua orang pernah naik pesawat terbang, namun ada kalanya mungkin kamu terpaksa untuk pergi naik pesawat terbang supaya bisa sampai tujuan dengan lebih cepat. Bagi yang udah terbiasa, mungkin gak ada bedanya antara naik pesawat dan naik bus.

Tetapi bagi yang belum pernah sama sekali? Mungkin akan bikin ndredeg. Aku dulu pernah mengalaminya, bahkan beberapa waktu lalu adikku dan teman yang bahkan gak tahu cara booking tiket pesawat juga bertanya banyak hal sebelum melakukan penerbangan perdananya.

Pada kesempatan ini, aku mau berbagi 10 tips untuk kamu yang baru mau terbang untuk pertama kalinya. Sehingga kamu gak perlu khawatir dan bisa menikmati penerbangan perdana.

Pesan Tiket Melalui Aplikasi Terkenal

Kamu tentu sudah paham dengan aplikasi terkenal yang beredar di negara kita. Kamu bisa meminta tolong kepada saudara untuk mencarikan informasi harga tiket pesawat. Kalaupun belum bisa memesan tiket sendiri, minta bantuan teman atau saudara. Jangan sampai salah memilih tanggal keberangkatan apalagi tujuan penerbangan.

Apabila ingin mendapatkan tiket murah, ada baiknya memesan jauh-jauh hari ketika masa promo. Aku bisa liburan ke Jepang murah-meriah juga karena tiket promo.

Oh iya, jangan lupa untuk mengIngat dengan data yang sudah dimasukkan ya? Terutana nama, tujuan, tanggal dan jam keberangkatan. Kamu gak perlu kok menghafal nomor KTP untuk bisa terbang dengan pesawat.

Timbang Berat Bagasi

Ketika kamu sudah tahu jadwal keberangkatan, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mempersiapkan bagasi dengan kuota tidak lebih dari 20 kg untuk penerbangan dalam negeri. Namun, rata-rata per orang tidak boleh lebih dari kuota tersebut. Hal ini sudah merupakan sebuah peraturan yang dibuat untuk menjamin keamanan bersama. 

Apabila ternyata bawaanmu melebihi 20kg, ada baiknya kamu membeli bagasi tambahan ketika melakukan pemesanan tiket. Karena harganya jauh lebih murah dibanding ketika membeli bagasi langsung di counter check in.

Simpan Tiket dengan Baik

Buat kamu yang sudah memesan tiket pesawat, ada baiknya untuk langsung mencetak tiket dalam bentuk fisik dan menyimpannya di suatu tempat yang akan selalu kamu bawa. Misalnya di balik casing smartphone yang selalu kamu bawa kemanapun kamu pergi.

Hal ini akan membantumu untuk nggak gupuh ketika akan berangkat. Karena kadang kalau sudah gupuh, banyak hal yang lupa. 

Ingat Tanggal Keberangkatan

Ingat kapan tanggal keberangkatan pesawat yang sudah kamu pesan. Kamu bisa manfaatkan aplikasi kalender di smartphone untuk memberikan reminder beberapa hari sebelum kamu berangkat. Untuk hal-hal pasti seperti tanggal keberangkatan pesawat jangan mempercayakannya pada perasaan.

Datang Lebih Awal

Untuk menghindari keterlambatan, kamu harus datang lebih awal. Paling tidak satu jam sebelum boarding kamu sudah harus sampai di bandara. Kalau penerbangan internasional, kamu harus sudah ada di bandara dua jam sebelum boarding.

Untuk penerbangan internasional dengan jam keberangkatan setengah sembilan malam, aku biasanya sudah sampai di bandara sekitar jam 6 sore. Dan segera check in lalu menunggu di gate. Kalau kamu tinggal di ibukota dengan kemacetan parah, kamu juga harus mempertimbangkan durasi perjalanan dari rumah ke bandara.

Pemeriksaan Bagasi

Sebelum memasuki bandara, kamu akan melewati pos pemeriksaan bagasi. Letakkan ponsel, sabuk dan barang logam lain di tempat yang sudah disediakan. Barang bawaan akan melewati mesin pemindai xray yang berguna untuk memeriksa apakah barang bawaanmu ada yang dilarang untuk dibawa.

Benda tajam seperti pisau dan gunting tidak diperkenankan untuk dibawa dalam penerbangan. Untuk itu tidak heran kalau kamu diminta untuk mengeluarkan dan meninggalkan barang bawaan seperti itu. Ada baiknya tidak menggunakan jaket sebelum sampai di gate. Karena cukup makan waktu untuk melepas dan memakai jaket lagi.

Pemeriksaan bagasi ini tidak hanya dilakukan satu kali saja. Biasanya antara dua sampai tiga kali, tergantung bandara.

Check in dan Dapatkan Boarding Pass

Tiket dan Paspor
Boarding pass dan Paspor

Seperti yang sudah dibahas pada point sebelumnya, segera check in begitu sampai di bandara. Satu jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan domestik dan dua jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan internasional.

Setelah melakukan check in, kamu akan mendapatkan boarding pass / tiket yang bisa kamu gunakan untuk naik ke pesawat terbang yang sudah kamu pesan.

Apabila kamu membawa barang terlalu banyak, biasanya akan diminta untuk memasukkannya ke dalam bagasi. Koper besar tidak diperkenankan untuk dibawa ke kabin. Di counter check in ini kamu akan diminta untuk memasukkan barang bawaan ke bagasi.

Bawa barang berharga dalam tas kabin, jangan dimasukkan ke dalam kopor besar yang akan masuk bagasi.

Temukan Gate Penerbanganmu

Setelah mendapatkan boarding pass, segera menuju ke gate penerbangan yang tercantum. Kamu bisa dengan mudah menemukan gate ini apabila berada di bandara yang relatif kecil. Kalau bandara internasional sekelas Soekarno Hatta / Kuala Lumpur International Airport (KLIA) bakalan super duper bingung. Nah, apabila bingung menemukan lokasi gate, ada baiknya kamu bertanya ke petugas bandara yang tersebar di setiap penjuru.

Patuhi Aturan Selama di Dalam Pesawat

Selama penerbangan, kamu harus mematuhi semua instruksi dari petugas yang berwenang di pesawat terbang seperti larangan untuk tidak menyalakan ponsel selama penerbangan karena dapat membahayakan keselamatan bersama. Buat yang ngrokok, kamu juga tidak diperbolehkan merokok selama penerbangan.

Memperhatikan instruksi keamaan yang diperagakan oleh pramugari sebelum lepas landas, karena dalam keadaan darurat mematuhi instruksi ini bisa menyelamatkan nyawamu lho.

Melanggar peraturan yang ada di pesawat bisa membahayakan keselamatan penerbangan.

Jangan Lupa Ambil dan Periksa Bagasi 

Setelah mendarat di bandara tujuan, kamu jangan langsung nyelonong keluar bandara. Kalau kamu membawa bagasi, jangan sampai lupa untuk mengambilnya. Tunggu di bagian pengambilan bagasi. Bagasi akan diletakkan di Conveyor Bandara.

Sebuah alat yang memutar terus dengan banyak barang bawaan yang dibawa dalam pesawat. Tunggu sampai kamu menemukan barang bawaan yang kamu masukkan ke bagasi. Setelah mengambil bagasi, jangan lupa untuk memeriksa kondisi bagasi.

Kamu bisa mengajukan komplain ke maskapai apabila bagasi yang kamu bawa rusak.

Sepuluh hal yang sudah disebutkan di atas merupakan panduan dasar untuk yang belum pernah naik pesawat terbang sama sekali. Jadi, ada baiknya untuk memperhatikannya sehingga gak bingung ketika mau pergi dengan pesawat terbang.

Apabila ada pertanyaan, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

Share:

Related Post

Leave a Comment