Bukan Saatnya AJARIN tapi BELAJAR!

Sering ada teman meminta saya untuk mengajarinya tentang hal yang saya dalami. Hampir semua permintaan itu tidak dapat saya penuhi, karena memang selain waktu yang tidak ada juga jarak yang memisahkan antar kota. Tidak sedikit juga yang minta "kalau lagi di Surabaya ajarin aku dong". Terkadang saya merasa risih dengan permintaan mereka. Bagaimana tidak? Untuk belajar mengapa harus menunggu seseorang mengajari? kenapa tidak ada kesadaran untuk belajar sendiri?


Beberapa teman yang sempat saya ajarin ternyata memang tidak ada niat yang kuat untuk belajar. Ini sangat disayangkan, karena membuang-buang waktu dan hasilnya tidak maksimal. Apalagi biasanya mereka hanya belajar kilat (belajar hal tersebut karena ada tugas saja), sehingga tidak ada kelanjutan dari apa yang dipelajari. Setelah tugas selesai ya belajarnya selesai.

Itulah potret sebagian besar remaja Indonesia yang minta 'diajarin' dari nol. Akan lebih efektif jika kita belajar secara otodidak. Toh meskipun internet di Indonesia tergolong lambat tapi sudah cukup untuk download tutorial-tutorial dasar. Nanti jika menemukan kesulitan baru mencari ahlinya untuk bertanya langsung. Dengan begitu orang-orang yang sudah ahli dibidangnya Insyaallah tidak akan merasa keberatan, karena memang sudah ada niat dari kita untuk belajar.

Terkadang saya sendiri juga malas jika harus mengajari dari Nol. Saya lebih senang mengajari seseorang yang sudah belajar dasar dan menemukan kesulitan untuk mempelajarinya, meskipun terkadang saya tidak bisa membantunya namun saya usahakan untuk memberi referensi yang mungkin bisa membantunya.

Sekarang sudah bukan saatnya untuk AJARIN DONG, tapi kini saatnya untuk BELAJAR!
Share on Google Plus

Pandu Aji Wirawan

Seorang pria tanpa pekerjaan dan tempat tinggal tetap yang menurut KBBI disebut gelandangan. Gelandang merdeka yang suka menulis tentang apapun yang diinginkan. Ada pertanyaan? Kirim email ke admin@panduaji.net atau isi form kontak
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. wah, betul nih opini abang .. setuju saya ..

    BalasHapus
  2. Terima Kasih, Opini ini berkembang dari pemikiran rekan di Studio :)

    BalasHapus
  3. terimakasih mas pandu... saya juga sependapat dengan anda

    BalasHapus
  4. terima kasih mas kuro, saya juga spendapat dengan anda

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus