Produksi Animasi 3D

Minggu, Februari 05, 2012

Setelah sebelumnya saya membahas tentang PRA PRODUKSI, kini saatnya saya meneruskan tulisan saya tentang PRODUKSI. Produksi adalah proses membuat setelah semua yang akan dibuat selesai dikerjakan saat PRA PRODUKSI. Ada pernyataan bahwa dalam dunia animasi, creator adalah Tuhan untuk dunia tersebut. Oleh karena itu ada banyak yang perlu dibuat (jadi Tuhan itu sulit lho). Berikut beberapa hal yang dikerjakan dalam proses PRODUKSI.

1. Modelling
Proses pembuatan model baik 3 dimensi maupun 2 dimensi, entah itu modeling karakter, environment, object, dan berbagai macam bentuk objek yang akan kita atur dalam dunia animasi.
modeling character

2. Texturing
Proses pemberian material dalam bentuk warna maupun gambar pada objek yang sudah dibuat melalui tahap modelling. Hal ini berguna untuk memberikan tampang permukaan dari suatu objek agar dapat memberikan kesan, warna dan ciri khas sesuai dengan objek yang sebenarnya.
texturing dok. adventure boy
3. Rigging
Proses pemasangan tulang terhadap karakter maupun objek yang sekiranya diperlukan dan memudahkan animator untuk menggerakkan objek berdasarkan tulang yang dibuat. Rigging ini tidak terbatas pada sebuah karakter, benda matipun dapat memanfaatkan rigging untuk mempermudah dalam menggerakkan.
rigging. img by blender.org
4. Animation
Proses penghidupan karakter maupun objek yang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Sehingga objek tidak hanya diam
animation dok by adventure boy
5. Rendering
Proses mengubah file-file mentah 3D pada software pengolah konten 3 dimensi menjadi sebuah format yang dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus memiliki file produksi seperti video maupun gambar. Proses rendering memakan waktu yang cukup lama dibandingkan yang lain, tergantung tingkat kerumitan objek yang di render, selain itu


Proses produksi tidak akan memakan waktu yang panjang jika saat pra produksi kita sudah menyiapkan segalanya dengan matang, sehingga saat produksi kita tidak bingung dengan apa yang akan dibuat, karena semua sudah jelas di pra produksi. Hal tersebut lebih efektif, mengingat proses produksi memakan waktu yang banyak di depan komputer. Seperti yang sudah pernah saya tulis tentang pentingnya pra produksi. Setelah tulisan ini saya akan membahas tentang paska produksi yang meliputi, compositing, editing video dan final render.

Tolong koreksinya jika ada yang salah :). Semoga bermanfaat

You Might Also Like

6 comments

  1. oh iya, kelupaan :D. Terima kasih sudah mengingatkan, tetapi saya bingung lighting itu masuk di produksi atau pasca produksi. Mengingat biasanya lighting langsung berhubungan dengan compositing yang bekerja di pasca produksi

    BalasHapus
  2. menurut post yg saya baca di cgtutplus, lighting juga termasuk dalam bagian production :)

    http://cg.tutsplus.com/articles/step-by-step-how-to-make-an-animated-movie/

    BalasHapus
  3. wah iya, terima kasih ya sudah share informasi tersebut :D

    BalasHapus
  4. minta tutorial rigging dong!

    BalasHapus
  5. silakan coba http://www.panduaji.net/2012/01/rigging-bouncing-ball-in-blender.html untuk basicnya

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe