panduaji

Kategori: Review

Web Hosting Gratis Terbaik di Indonesia

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Web Hosting Gratis Terbaik di Indonesia merupakan hosting yang dicari oleh banyak orang di Indonesia. Pada tulisan ini saya mau share salah satu web hosting gratis terbaik di Indonesia yang saya gunakan sampai saat ini. Mungkin beberapa orang sudah pernah mendengar sebelumnya, usia webhosting ini belum terlalu lama, sekitar 1 tahun lebih. Nama webhosting tersebut adalah Idhostinger.

Pada kesempatan ini saya mau share tentang web hosting gratis terbaik di Indonesia yaitu idhostinger, Selain gratis, webhosting ini juga menyediakan fitur premium dengan kapasitas yang unlimited. Saya akan coba bahas satu persatu tentang webhosting gratis terbaik di Indonesia

Fitur Webhosting Gratis 

Meskipun gratis, namun idhostinger sebagai salah satu layanan web hosting gratis terbaik di Indonesia tidak main main dalam menyediakan layanannya. Bahkan idhostinger menawarkan layanan yang setara untuk layanan permium di tempat lain. Berikut spesifikasinya apabila kamu daftar di idhostinger sebagai member gratis
  • Disk Space 2 GB
  • Bandwith 100GB
  • Domain unlimited
  • PHP Mysql
  • Mesin pembuat website
  • Garansi uptime 99%

Spesifikasi Server pada Web Hosting Gratis Terbaik di Indonesia

Sebagai salah satu web hosting gratis terbaik di Indonesia tentunya membutuhkan spesifikasi server yang cukup memadai, mengingat banyaknya pengguna yang menggunakannya. Berikut informasi server yang disediakan oleh idhostinger sebagai salah satu layanan web hosting gratis terbaik di Indonesia.
  • Kecepatan jaringan server 10mbps
  • RAM server 8 GB
  • Prosesor server Intel Xeon E3-1230
  • Disk Drive setup RAID-1
  • Sistem Operasi Centos 6.2
Cukup mumpuni kan untuk sebuah web server? Meskipun server web hosting gratis ini sudah mumpuni namun masih ada batasan yang perlu diketahui. Hasil saya mengirim tiket, adapun batasan penggunaan server ini kurang lebih sebagai berikut
Batas Hits dan atau visitor harian untuk webhosting gratis adalah 500 visitor per hari dengan hits / visitor rate sekitar 60%. Selain itu juga hanya boleh menggunakan 10% resource cpu server yang melebihi kapasitas sekitar 10%. Apabila websitemu memiliki visitor yang banyak, saya sarankan untuk upgrade ke premium, karena apabila kamu tetap menggunakan yang gratisan maka halaman websitemu akan sering memunculkan halaman error cpu exceded. Bisa membuat visitor blogmu menurun kan?

CPanel Web Hosting yang Bagus

cpanel hosting gratis di IndonesiaBeberapa waktu lalu ada maintenance untuk pengubahan tampilan cpanel. Dan ketika saya login ke website idhostinger, ternyata cpanelnya sudah berubah menjadi lebih cantik dan manis. Saya suka :D. Berikut penampakan cpanel yang cantik dari idhostinger. Saya belum menemukan tampilan webhosting semanis dan secantik ini selain di hostinger
Untuk masalah navigasi, saya lebih nyaman menggunakan versi lamanya. Karena ada beberapa menu yang belum saya temukan sampai saat ini. Mungkin memang masih dalam taap pengembangan. Saya juga baru saja membuat tiket untuk menayakan hal tersebut.

Tidak Ada Iklan pada Webhosting Gratis

Meskipun kamu menggunakan versi web hosting gratis, jangan khawatir dengan tampilan iklan yang muncul, karena idhostinger tidak menampilkan iklan tertentu pada halaman web yang kita buat dengan layanan gratisnya. Sehingga website kita akan tetap bersih dari iklan yang mengganggu.
Apabila websitemu sudah cukup menjual, kamu bisa memasang iklan sendiri supaya kamu bisa mendapatkan uang dari blog. Entah itu google adsense, afiliasi maupun iklan yang lain.

Layanan Tip Support Webhosting Gratis

Meskipun menggunakan webhosting gratis, kamu bisa memanfaatkan layanan tiket untuk bertanya seputar webhosting. Idhostinger menggunakan sistem tiket, jadi kamu bisa memasukkan pertanyaan, ketika layanan support online, pertanyaanmu akan segera di balas. Saya kurang tahu untuk prioritas pelayanan. Sepertinya pengguna premium maupun bisnis lebih di prioritaskan dibanding yang gratis. Namanya juga bayar 😀
layanan tiket hosting gratis di Indonesia
Untuk mereka yang baru belajar menggunakan hosting, layanan ini sangat cocok untuk digunakan. Apalagi yang belum memiliki modal untuk membeli hosting premiumnya. Saya rasa dari beberapa tiket yang saya ajukan, jawabannya cukup memuaskan.

Loading Website Cepat

Blenderindonesia.org merupakan salah satu website yang saya letakkan pada server idhostinger, coba saja buka dan apakah cepat? Website tersebut saya letakkan pada server hongkong. Jarak yang tidak terlalu jauh dari Indonesia. Untuk pengguna layanan premium bisa request ke idhostinger melalui tiket support untuk memindahkan ke server singapura yang masih baru.
Dekatnya lokasi akses kita di Indonesia, membuat website semakin cepat untuk diakses. Siapa tahu nantinya webhosting gratis ini juga menyediakan server di Indonesia supaya kecepatan aksesnya semakin wus wus 😀

Pembuat Website Otomatis

Kalau kamu tidak tahu bagaimana cara membuat website, kamu bisa memanfaatkan fitur pembuat website gratis yang sudah disediakan oleh layanan web hosting gratis terbaik di Indonesia ini. Dengan beberapa kali klik kamu bisa mendapatkan sebuah website dengan cms terntentu seperti Wordpress, Joomla dan masih banyak cms lain
Fitur ini sangat membantu pemula untuk memulai ngeblog maupun membuat website, sehingga kamu tidak perlu lagi takut untuk mencoba hosting gratsi ini karena tidak bisa membuat website. Gunakan CMS, dan kamu tinggal memikirkan apa yang akan kamu tuliskan pada websitemu.

Afiliasi Web Hosting Gratis

Meskipun kamu menggunakan web hosting gratis terbaik di Indonesia, kamu bisa menggunakan fasilitas afiliasi yang disediakan. Sehingga dengan adanya afiliasi ini kamu akan mendapatkan banyak manfaat, karena apabila ada beberapa orang mendaftarkan diri dan memutuskan untuk upgrade layanannya, maka kamu akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah, diantaranya:
  • Hosting Premium
  • Permen Karet Listrik
  • MP3 Player
  • RC Helikopter
  • Sampai dengan uang 1 juta rupiah.
Untuk itu kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan mengajak teman-temanmu menggunakan layanan hosting ini.
Saya saat ini sudah menggunakan layanan premium dari idhostinger, Sehingga saya bisa memperoleh unlimited hosting tanpa kenal batasan lagi seperti layanan web hosting gratis yang hanya mendapatkan disk space 2 GB.
Mungkin cukup sekian tulisan saya tentang web hosting gratis terbaik di Indonesia, siapa tahu ada yang membutuhkan layanan semacam ini. Di Indonesia baru satu layanan webhosting ini yang saya sarankan kalau kamu mau menggunakan versi gratisan. Kalau untuk versi premium ada beberapa layanan yang mungkin cocok buat kamu :D.

UPDATE – IDHOSTINGER TIDAK DISARANKAN

Sekarang idhostinger sudah tidak saya rekomendasikan lagi. Akun hosting saya yang sudah jarang terpakai pun tiba-tiba di suspend karena menggunakan resource MySQL terlalu banyak. Anehnya, web-web itu sudah tidak pernah saya update dan visitor juga sedikit. 
Saya baru tahu alasannya setelah langsung telepon ke CS yang ada. Selain itu saya (belum) bisa mendapatkan backup an data dari website saya. Saya harus menghubungi cs lagi besok untuk langsung dibicarakan dengan supervisornya.
Yang belum terlanjur mending tidak usah pakai idhostinger lagi. Serius, kalau mau coba ya silakan. Saya sudah mengingatkan sebelumnya 😀
Shopee Lovember

2 thoughts on “Web Hosting Gratis Terbaik di Indonesia”

Leave a Comment