Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa Tanpa Modal dan Terbukti

Sabtu, April 26, 2014

Internet memberikan banyak peluang usaha kepada siapa saja yang bisa memanfaatkannya dengan baik. Beberapa teman saya bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah dari internet. Lumayan bukan? Dengan penghasilan segitu kamu bisa membiayai hidup dan kuliah sendiri, bahkan bisa mengirimkan uang kepada orang tua.

Pada kesempatan ini saya mau membagikan beberapa peluang bisnis online yang cocok untuk para mahasiswa. Ditengah kesibukan belajar dan berorganisasi, setidaknya dengan memanfaatkan peluang bisnis ini bisa meringankan beban orang tua.


Bisnis Online Mahasiswa Menulis Artikel

Menulis artikel merupakan salah satu model bisnis online paling mudah yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Namun saya heran, banyak sekali mahasiswa yang tidak bisa menulis. Bukankah menulis merupakan salah satu hal yang harus dikuasai para akademisi seperti halnya mahasiswa? Jika kamu memang ingin mencoba bisnis ini tapi tidak bisa menulis, coba baca tips trik menulis ala mahasiswa yang pernah saya posting sebelumnya.

Dengan menulis artikel, kamu bisa mendapatkan uang sekitar 5ribu - 10ribu untuk setiap artikel yang kamu tulis. Itu merupakan standar yang saya lihat saat ini di beberapa forum komunitas. Namun tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan harga lebih jika memang tulisanmu bagus. Apalagi kamu bisa menulis dengan bahasa inggris.

Saya coba kalkulasikan keuntungan yang kamu dapatkan dari menulis artikel. Apabila kamu sehari bisa menulis 5 artikel dengan panjang masing-masing artikel adalah 300 kata dan kamu mematok harga 5ribu rupiah untuk masing-masing artikel. Kamu bisa mendapatkan uang sekitar 25 ribu sehari. Jika dikalikan 30, kamu bisa mendapatkan uang 750ribu / bulan

Untuk menulis 5 artikel, kamu mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 2 - 3 jam saja sehari. Jika kamu bisa lebih, pendapatanmu bisa semakin banyak bukan?

Bisnis Online Mahasiswa Membuat Website

Sumber: Flickr CC License
Kalau kamu pandai membuat website, jualah kemampuan itu. Buka jasa pembuatan website seperti yang saya lakukan. Kamu bisa mendapatkan income yang lumayan lho. Selain membuat website, kamu juga bisa menjual berbagai macam hal lain seperti jasa edit foto, jasa jual produk, jasa edit video dan masih banyak lagi. Tapi pastikan kamu menguasai jasa yang kamu buat itu.

Untuk jasa pembuatan website, kamu bisa mendapatkan 200 ribu/ lebih untuk setiap web yang dibuat. Lumayan bukan? Jika sebulan kamu mendapatkan 5 pemesan dan bisa selesai semua. Kamu akan memperoleh hasil bisnis online 1 juta bahkan lebih. Kalau kamu mau buka jasa pembuatan website, kamu harus baca tulisan saya tentang kriteria desain web yang baik. Supaya para pelanggan puas dengan service yang kamu berikan :D

Dua contoh diatas merupakan ide bisnis online yang paling cocok untuk mahasiswa. Kamu tidak memerlukan modal dan waktu yang banyak untuk memulainya. KONSISTEN merupakan hal yang harus kamu pegang teguh saat mulai terjun di bisnis online ini.

Tanpa konsistensi kamu tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan, karena banyak sekali mahasiswa yang tidak konsisten saat berjalan, karena mereka setengah-setengah saat terjun dalam bidang tersebut.

Mungkin cukup sekian tulisan saya tentang bisnis online untuk mahasiswa, apabila ada yang ingin didiskusikan silakan langsung tinggalkan komentar :D. Insyaallah saya akan bantu jawab. Karena peluang bisnis ini sepertinya akan ada terus :D

You Might Also Like

2 comments

  1. Sejak lama saya tertarik dengan ide yang ke dua, yakni jasa pembuatan website, karena memang saya suka sekali berurusan dengan koding. Hanya saja saya belum yakin apakah kemampuan saya sudah layak dijual.....

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya malah sebaliknya, berawal dari suka ngeblog dan menulis artikel tentang website. Dimintai tolong teman-teman dekat untuk membuatkan sebuah website. Dari situ saya coba iseng membuka jasa pembuatan website, meskipun tidak banyak, tapi ya lumayan bisa buat nambah uang saku.

      Saran saya sih, coba saja kerjakan website yang dimiliki teman-teman terdekat. Dari situ kita bisa tahu apakah kemampuan kita sudah layak jual

      Salam :)

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe