Wisata Kuliner Surabaya - Bebek Goreng Tugu Pahlawan

Selasa, Juni 24, 2014

Bebek Goreng Tugu Pahlawan merupakan salah satu tempat kuliner yang cukup terkenal di Surabaya. Bahkan informasi tentang kuliner ini terdengar di beberapa daerah di luar Surabaya, terutama di kalangan pecinta kuliner. Meski saya sudah lama tinggal di Surabaya, saya baru mencoba tempat ini beberapa waktu yang lalu. Pada tulisan kali ini saya ingin memberikan informasi terkait tempat kuliner rekomendasi ini.

Lokasi Wisata Kuliner

Seperti namanya, bebek goreng tugu pahlawan berada tepat di depan tugu pahlawan Surabaya. Jadi di seberang jalannya. Buat kamu yang datang dari arah BG Junction, kamu harus memutari tugu pahlawan melewati bank BI untuk mencapai tempat ini. Untuk lebih jelasnya silakan lihat peta yang sudah saya tandai di bawah ini



Awalnya saya mengira tempat kuliner ini berupa sebuah warung atau restoran, namun saat saya mendatangi lokasi ternyata saya salah. Bebek goreng tugu pahlawan ini bisa dibilang warung kaki lima yang mendirikan tenda mirip dengan warung-warung penyetan di area kampus.

Tenda yang di dirikan di depan ruko ini bisa dengan mudah dikenali dengan banyaknya orang yang datang ke lokasi. Karena banyak mobil yang berjajar di sekitar lokasi. Sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan tempat ini.

Berikut kondisi TKP saat saya sudah selesai makan, banyak sekali orang yang masih mengantri
Antrian Bebek Goreng Tugu Pahlawan
Antrian Bebek Goreng Tugu Pahlawan


Menu Kuliner

Kamu tidak akan menemukan makanan lain selain bebek yang dijual di warung ini. Apabila kamu ingin mencoba makanan lain, di sebelah warung ada yang jualan soto kok. Tapi di warung bebeknya tidak menyediakan selain bebek goreng.

Ada beberapa opsi menu yang bisa kamu pilih dengan harga yang bisa dibilang cukup mahal buat porsi yang disediakan menurut saya.

Daftar Menu dan Harga Bebek Goreng Tugu Pahlawan

  • Bebek Goreng Jeroan  (kalau tidak salah 9ribu)
  • Bebek Goreng Pretelan (kalau tidak salah 12ribu)
  • Bebek Goreng Paha Biasa (14 ribu)
  • Bebek Goreng Paha Super (18 ribu kalau tidak 17ribu)
  • Bebek Goreng Dada (14 ribu)
Saat itu karena bebek goreng untuk dada sedang habis akhirnya saya pesan bebek goreng paha biasa. Berikut penampakan bebek goreng paha biasa yang saya dapatkan. 

Bebek Goreng Paha Biasa
Sambel tomat dan sambel korek khas madura membuat bebek ini semakin mantap. Cocok untuk teman-teman yang suka dengan wisata kuliner pedas. Serundeng sepertinya merupakan salah satu campuran yang ada di berbagai macam masakan madura. Pokok e mantep! Saya tidak tahu lagi harus mengungkapkan dengan kata-kata apa, langsung datang saja ke lokasi untuk mengetahui rasanya.

Untuk minuman, kamu bisa memesan di warung sebelah yang memang khusus menjual minuman seperti es kelapa muda / es degan, es teh, teh botol dan minuman standar warung lainnya. Makanan dan minuman bayar dimuka. Mungkin karena terlalu ramai dan bingung kalau bayar  belakangan. Pengalaman pertama ini membuat saya menemukan tips dan trik yang mungkin bermanfaat untuk datang ke lokasi

Tips dan Trik

Ada beberapa tips dan trik supaya lebih nyaman saat datang ke sana. Karena beberapa teman yang sudah pernah datang mengeluhkan antrian yang begitu panjang bisa sampai 40 menit. Bayangkana saja. Berikut tips dan trik dari saya buat kamu yang ingin mencoba kuliner bebek tugu pahlawan di Surabaya.
  • Datanglah di waktu yang tepat, mungkin di awal bukanya warung ini setelah magrib. Pokoknya sebelum jam 7 malam. Karena pada jam segitu masih banyak orang yang disibukkan dengan berlalu lalang pulang kerja. Sehingga belum banyak yang keluar rumah.

    Selain itu pada jam tersebut jalanan masih banyak yang macet, sehingga membuat orang enggan untuk keluar dari kantor, rumah maupun tempat lainnya. Sehingga menurut saya merupakan waktu yang tepat.

    Saya berangkat dari kampus jam 18.30 dan sampai di lokasi belum sampai jam 19.00 namun sudah banyak orang yang datang. Antrian yang saya dapatkan pun tidak terlalu banyak.
  • Ambil posisi tepat berada di penjual. Kalau tidak salah ada 4 orang yang melayani pembelian. Dimana salah satunya merupakan spesialis bungkus. Dengan berada dekat dengan lokasi pelayan kamu bisa mendapatkan antrian dengan cepat. Karena sebenarnya tidak ada antrian yang pasti. Jadi siapa tepat dia dapat dulu :D.
  • Tidak perlu khawatir dengan tempat duduk, karena mereka yang datang kesini memang tidak bisa berlama-lama buat nongkrong. Perputaran pengunjung begitu cepat sehingga setelah makan para pengunjung yang sadar akan segera meninggalkan lokasi. Karena banyak orang yang juga ingin makan di tempat tersebut
  • Meskipun kamu minta sendok untuk makan, kamu tidak akan mendapatkan garpu. Oleh karena itu untuk menikmati bebek gorengnya, muluk dengan tangan merupakan cara yang paling tepat. Kobokan / air cuci tangan sudah disediakan oleh warung tersebut. Tinggal sebut berapa orang yang makan, kamu akan mendapatkan kobokan sesuai jumlah orangnya.
Mungkin itu saja tips dan trik buat kamu yang ingin menikmati bebek goreng tugu pahlawan Surabaya. Tempat ini merupakan salah satu recomended kuliner di Surabaya. Jadi buat kamu penggemar bebek dan masakan pedas. Jangan sampai melewatkan tempat ini dalam list kulinermu :D

Buat kamu yang berada di Blitar, langsung cek saja kuliner favorit di Blitar yang pernah saya ulas sebelumnya. Siapa tahu ada yang cocok buat kamu. Buat yang hobi makan, ada juga warung all you can eat dengan harga 8 ribu di warung mak ti :D

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe