Review Smartphone Android Motorola Moto G Dual SIM

Selasa, September 30, 2014

Motorola Moto G merupakan salah satu jenis ponsel yang sulit di dapatkan di Indonesia. Setahu saya, hanya lazada yang menjual ponsel ini karena memang tidak tersedia di pasar Indonesia. Pada kesempatan ini saya ingin mereview Motorola Moto G yang begitu menggiurkan untuk dimiliki. Untuk yang belum mengetahui penampakan dari ponsel android ini adalah sebagai berikut
Motorola Moto G
Motorola Moto G

Spesifikasi Motorola Moto G

Ada dua varian untuk ponsel android Motorola Moto G, yaitu versi memori internal sebesar 8GB dan 16 Gb. Berikut tabel spesifikasi dari Moto G.
Spesifikasi Motorola Moto G
Spesifikasi Moto G. Sumber : GSMArena

Layar Ponsel Jernih dan Tajam

Motorola Moto G menggunakan layar 4.5" dengan lapisan corning gorilla glass yang membuatnya tahan terhadap goresan. Sehingga tidak perlu lagi memasang yang namanya screenguard. Selain itu resolusi 720p HD Ready (1280 x 720) dapat menampilkan visualisasi yang sangat jernih.

Android Kitkat 4.4

Sistem operasi Android Kitkat 4.4 menurut saya memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah navigasi yang lebih ribet untuk beberapa tool. Contohnya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan wifi maupun paket data memerlukan beberapa langkah. Berbeda dengan sistem operasi pendahulunya, yaitu android jelly bean. Cukup dengan sekali tekan, kita bisa mengaktifkan dan menonaktifkan paket data maupun wifi.

Selain itu saya tidak begitu suka dengan sistem kontak yang ada pada android kitkat, tidak ada yang namanya. Dari yang saya lihat, menu contact berubah nama menjadi people. Lha menu people ini merupakan menu google contact. Sehingga kontak yang ada akan tersimpan di google contact. Meski ada pilihan untuk sync dan tidak namun saya merasa tidak begitu nyaman dengan ini. Siapa tahu tanpa sepengetahuan kita, google membuat backup dari kontak yang kita miliki? #efekfilmdetektif :D

Performa yang Memadai

Menggunakan prosessor Qualcomm Snapdragon 400 Quadcore dengan kecepatan 1.2 GHz sudah bisa memenuhi kebutuhan multitasking untuk email dan pengolah dokumen yang lain. Apalagi dengan dukungan RAM sebesar 1 GB membuat saya bisa bermain clash of clans dengan lancar.

Benchmarknya? Saya tidak begitu peduli dengan perhitungan benchmark, bagi saya yang terpenting adalah bisa memenuhi kebutuhan. Saya hanya melihat alokasi penggunaan memorinya saja.

Kualitas Kamera yang Lumayan

Kamera Depan Motorola Moto G
Kamera Depan Motorola Moto G
Kamera 5MP sudah lumayan bagus menurut saya, apalagi dengan beberapa aplikasi yang bisa membantu saya dalam melakukan retouch sederhana untuk membuat sebuah gambar tampak lebih menarik. Selain itu kamera depan 1.3 MP bisa digunakan untuk selfie dengan hasil yang lumayan. Berikut hasil jeprat jepret dengan kamera milik Motorola Moto G.

Gambar diatas diambil menggunakan kamera 360 tanpa proses editing sama sekali sebelum di upload di www.panduaji.net. Supaya bisa tahu kualitasnya memang sengaja tidak di kompres ukurannya.

Mini USB Port yang Membantu

Selain digunakan untuk pengisian daya, port mini USB dapat hubungkan dengan USB Disk dengan bantuan kabel USB OTG. Ini membuat saya bisa dengan mudah memindahkan data ke flashdisk. Apalagi dengan banyaknya gambar, saya bisa lebih leluasa memilih di laptop maupun desktop dibanding dengan smartphone.
Motorola Moto G dengan USB On The Go (OTG)
Motorola Moto G dengan USB On The Go (OTG)

Dual SIM yang Belum Dipakai

Motorola Moto G yang beredar di Indonesia dilengkapi dengan 2 slot micro SIM yang benar-benar menyebalkan buat saya. Untung saat membeli ponsel ini saya mendapatkan kartu perdana micro sim dengan bonus internet selama 6 bulan (kalau tidak salah).

Sampai saat ini, saya masih lebih suka ber-sms dan telpun ria menggunakan ponsel jadul Sony Erricsson G502. Motorola Moto G ini biasanya hanya saya gunakan ketika keluar dari rumah, apabila dirumah lebih sering nganggurnya. Karena saya lebih nyaman beraktivitas dengan laptop. Lebih lega dan memenuhi berbagai macam kebutuhan saya :D.

Non Removable Battery

Sampai saat ini seringkali baterai bisa bertahan lebih dari satu hari karena memang jarang saya gunakan ketika di rumah. Baterai juga tidak bisa dilepas seperti ponsel ponsel jadul yang saya gunakan. Jadi kepikiran, kalau hp ini hang  bagaimana cara mengatasinya apabila baterainya tidak bisa dilepas. Untungnya sampai saat ini hp ini belum pernah hang sampai harus melakukan pelepasan baterai. Semoga saja tidak terjadi :D

Berikut penampakan ketika cover belakang Moto G dilepas. Terdapat dua slot micro SIM.
back cover Moto G
Bagian Belakang Moto G

Harga Motorola Moto G

Setahu saya hanya ada dua varian yang dijual di Indonesia, yaitu dengan memori internal 8Gb dan memori internal 16 Gb. Selain memori sepertinya tidak ada yang berbeda. Harga Motorola Moto G 8 Gb adalah Rp. 1.949.000 dan harga Moto G 16 Gb adalah Rp. 2.249.000.

Saya lebih prefer untuk membeli versi 16Gb. Buat jaga-jaga saja siapa tahu butuh memori yang cukup banyak mengingat tidak tersedianya slot memori eksternal.

Kekurangan Motorola Moto G

Bukankah tidak ada yang sempurna? Jadi sok filosofis deh. Selain beberapa kelebihan yang sudah saya bahas di atas. Motorola Moto G juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa daftar kekurangan.

Memori Eksternal Tidak Tersedia

Terdapat dua varian, yaitu dengan memori internal 8Gb dan 16Gb. Untuk saya pribadi, ukuran memori tersebut sudah cukup. Namun jumlah tersebut akan kurang untuk yang mengoleksi banyak lagu di dalam smartphone androidnya. Saya lebih suka mendengarkan melalui radio dibandingkan menyimpan lagu.

Fitur Radio yang Terlalu Minimalis

Fitur radio yang ada pada Motorola Moto G ini bisa dibilang sangat minimalis dan sangat kurang bagi saya. Saya tidak bisa menyimpan nama radio yang saya butuhkan, hanya bisa menyimpan frekuensi tanpa bisa memberi nama pada frekuensinya tersebut. Ini sangat tidak menyulitkan bagi pendengar radio seperti saya, karena saya tidak hafal frekuensi radio tertentu. Maklum saya bukanlah orang yang setia dengan satu radio saja.

Selain itu juga tidak bisa menggunakan loudspeaker untuk radionnya. Untuk mendengarkan radio saya harus menggunakan earphone. Jujur selama ini saya tidak nyaman dengan penggunaan earphone. Oleh karena itu lebih baik saya mendengarkan radio streaming dibanding menggunakan bawan hp Motorola Moto G ini.

Minimnya Fitur Pengaturan Kamera

Pengaturan kamera di Moto G
Pengaturan kamera di Moto G

Fitur pengaturan kamera bisa dibilang sangat minim dari pengaturannya. Saya tidak menemukan fitur timer untuk pengambilan gambar, tidak ada juga pengaturan brightness dan contrast. Untuk menggunakan pengaturan tersebut saya menggunakan aplikasi android seperti instagram, camera360, picmix dan yang lain. Benar-benar minimalis.

Tidak adanya fitur timer ini bisa jadi kiamat untuk para pecinta selfi dengan tongsis :D. Mau tidak mau harus menggunakan aplikasi kamera yang lain. Tapi saya suka menu setting yang ada pada kamera ini. Hape jadi tampak keren, apalagi kalau teman yang mau pinjan tidak tahu cara mengaturnya :D.

Kesimpulan

Sepertinya ponsel ini cocok digunakan untuk orang yang tidak mau terlalu ambil pusing dengan berbagai macam pengaturan manual. Meskipun cocok bagi saya, fitur kamera sangat saya sayangkan karena dalam beberapa hal saya lebih suka menggunakan pengaturan manual.

Buat yang tertarik informasi lebih lanjut tentang ponsel ini, langsung lihat saja halaman penjualannya. Karena apa yang saya tuliskan di sini  merupakan pengalaman pribadi :D.

Lihat Produk di Lazada

Semoga review singkat saya sebagai end user ini dapat bermanfaat buat teman-teman yang mungkin sedang mempertimbangkan Motorola Moto G untuk menjadi pendamping aktivitas teman-teman.

Salam

Pandu Aji Wirawan

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe