panduaji

Kategori: Panduan

Cara Belanja di Aliexpress, Bayar Pakai ATM / Alfamart

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Cara Belanja di Aliexpress dengan Pembayaran Bank Lokal – Mungkin aliexpress belum begitu terkenal di Indonesia sebagai salah satu toko online yang menjual berbagai macam produk. Secara konsep Aliexpress merupakan toko online seperti tokopedia, dimana siapapun bisa melakukan jual beli di sana.

Baca : Cara Hitung Pajak Impor Barang

Aliexpress tidak begitu terkenal di Indonesia karena ini merupakan toko online yang berbasis di Cina. Banyak sekali produk cina grosiran yang dijual di aliexpress. Jadi buat kamu yang cari grosiran barang-barang cina bisa coba cek di toko online ini. Hampir semua yang kamu cari ada di sini. Mungkin bisa dikatakan bahwa Aliexpress adalah amazonnya Cina.

Kalau kamu merasa artikel ini benar-benar membantu dan jika tidak keberatan silakan berbelanja di aliexpress menggunakan link di bawah ini

Belanja di Aliexpress

Dengan membeli produk di aliexpress menggunakan link diatas, anda sudah berkontribusi terhadap blog ini supaya bisa menulis beragam tulisan menarik di berbagai bidang. Karena dengan membeli melalui link diatas, aliexpress akan memberikan sedikit keuntungannya kepada saya. Kalau anda tidak membeli menggunakan link diatas, semua keuntungan penjualan hanya akan dinikmati oleh aliexpress :).

Update 18 April 2017

Seminggu terakhir banyak yang komentar dan kirim email tentang kok pembayaran error. Barusan aku coba melakukan pembelian aliexpress dengan saldo dokuwallet itu bisa kok. Videonya akan segera aku upload habis ini. Masih editing dikit. Besok mungkin videonya sudah live di youtubeku.

Jasa Belanja Online di Aliexpress – Apabila sudah stuck mencoba dan akhirnyna menyerah, untuk belanja di Aliexpress. Bisa hubungi saya untuk saya bantu membelikan produknya. Dengan biaya 15ribu setiap order. Pembayaran lunas di depan. Kontak hanya via LINE / EMAIL saja. Silakan hubungi saya apabila tertarik. Nanti aku bikin thread khusus buat ini. Aku cuma sebatas mbantu mbeliin, tidak ada tanggungjawab terhadap produk yang dipesan. Nanti dibantu refund apabila sebulan barang belum sampai. Aku masih mau bikinin sistemnya dulu.

Kesulitan Membeli di Aliexpress

Dulu, saya pernah coba membeli produk grosiran di aliexpress dengan harga yang sangat murah yaitu Kondom HP Smartfren Andromaxi. Saya beli 1 pack berisi 20 biji melalui aliexpress dimana setiap bijinya kalau dirupiahkan sekitar 12 – 15 ribu. Cukup murah, apalagi ada fasilitas gratis ongkir ke Indonesia.

Saat itu pembayaran menggunakan paypal sudah tidak bisa lagi, satu-satunya yang memungkinkan adalah melakukan pembayaran menggunakan western union quick pay yang sangat mahal. Baca pada tulisan saya yang berjudul pembayaran menggunakan western union quick pay.

Selain itu ternyata barang yang saya terima masih dikenakan pajak 50 ribu rupiah. Entah bagaimana kronologinya, karena yang menerima barang kebetulan bukan saya, melainkan adik saya. Padahal barang yang saya beli nilainya hanya $ 23.69. Sejak saat itu saya kapok berbelanja di aliexpress lagi, karena metode pembayarannya yang kurang pas, dan fee untuk pembayaran cukup besar.

Diskon Aliexpress

Beberapa penjual di Aliexpress mengirimkan email bahwa toko mereka sedang ada diskon. Daripada cuma dipakai sendiri, mending aku bagikan di sini kalau ada diskon yang cukup gede dari toko-toko yang ada di Aliexpress.

Belum ada Diskon

Aplikasi Aliexpress untuk Transaksi Lebih Mudah

Kalau kamu kesulitan untuk bertransaksi di aliexpress, ada baiknya menggunakan aplikasi androidnya, karena proses transaksinya akan jadi mudah. Ketika ke ATM kamu bisa ikuti instruksinya dari hp androidmu sehingga bisa dengan mudah melakukan pembayaran sekaligus memantau pesananmu.

Kamu bisa download aplikasinya menggunakan link di bawah ini (link hanya bisa digunakan apabila anda menggunakan perangkat android saat melakukan klik)

Download Aplikasi Aliexpress

CATATAN: Apabila menggunakan aplikasi, hanya ada dua metode pembayaran, yaitu debit dan kartu kredit. Apabila ingin membayar menggunakan atm bank lokal, gunakan browser di komputer maupun handphone.

UPDATE : Belanja via aplikasi Android bisa pilih pembayaran dokuwallet. Nanti tinggal pilih other payment method, bakal diarahkan ke browser. Proses lanjutan pembayaran dokuwallet nanti lewat browser hp.

Pembayaran Aliexpress dengan Bank Lokal

Kemarin saya iseng mencari produk dan membandingkan harga yang ada di aliexpress dan pasaran Indonesia. Memang harganya cukup jauh selisihnya, dan ketika saya lihat ada metode pembayaran menggunakan bank lokal yang memanfaatkan layanan dari doku. Apa itu doku? Saya juga baru dengar kali ini. Setelah saya pelajari mirip dengan paypal.

Baca : Belanja di Aliexpress dengan Pembayaran Internet Banking

Untung untuk melakukan pembayaran menggunakan doku tidak harus daftar. Jadi saya tidak daftar dan melakukan proses checkout menggunakan pilihan doku ini. Dengan memilih proses checkout doku, kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan ATM, Internet Banking dan Toko Alfamart group. Berikut detailnya

Pembayaran dengan Doku
Pembayaran dengan Doku

Setelah itu saya lanjut dengan memilih metode pembayaran bank transfer. Halaman selanjutnya berisikan informasi cara melakukan pembayaran melalui atm transfer. Disitu disebutkan bahwa bisa menggunakan internet banking yang terhubung ke ATM Prima. BCA merupakan bank yang terhubung dengan ATM Prima, namun tidak disebutkan kantor cabang bank permata yang dituju, alhasil tidak bisa ditambahakan dalam daftar transfer bank lokal di internet banking mandiri.

Pembayaran Melalui Transfer di ATM

Setelah sekian jam dari proses tersebut saya melakukan pembayaran dan mengikuti instruksi yang mirip dengan gambar di bawah ini

Cara Belanja di Aliexpress, Bayar Pakai ATM / Alfamart 1
  1. Masukkan ATM dan masukkan PIN
  2. Pilih menu Transaksi Lainnya
  3. Kemudian pilih menu Transfer
  4. Yang dilanjutkan dengan memilih menu Ke Rek Bank Lain
  5. Masukkan 3 digit kode bank permata, yaitu 013 dan tekan benar.
  6. Masukkan nominal uang yang harus di transfer, kalau dari screenshot diatas adalah 1310079. Harus sama persis. Titik!
  7. Masukkan nomor rekening dengan kode pembayaran yang ada pada bagian atas, yaitu 8965019500045066. Kemudian tekan tombol benar
  8. Selanjutnya akan muncul informasi nama kamu yang ada di aliexpress dan nominal yang di bayarkan. Selesai deh.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, ternyata pada poin terakhir transaksi saya ditolak. Saya tidak tahu kenapa, saya sudah berulang kali mencoba tapi hasilnya tetap gagal. Yasudah saya kembali pulang dan mencoba untuk melakukan checkout lagi. Saat itulah muncul nominal yang baru, dan jauh berbeda dengan nominal sebelumnya. Selisihnya hampir 100ribu lebih murah.

Ternyata, yang membuat saya gagal melakukan transaksi adalah kurs dollar yang berubah ketika melakukan checkout dan pembayaran. Jadi lakukan checkout kalau kamu mau membayar, Kalau tidak begitu kamu akan melakukan kesalahan yang sama dengan saya.

Ketika melakukan proses pembayaran di ATM untuk kedua kalinya, akhinrya transaksi saya berhasil dan saya mendapatkan print out transfer. Dari atm saya kembali pulang dan sesampainya di rumah saya mendapatkan email bahwa pembayaran saya sudah dilakukan dan status barang saya siap untuk dikirim.

Padahal transaksi saya lakukan sekitar pukul 20.00, berarti transaksi transfer dari bank bca ke bank permata tidak perlu menunggu jam kerja dan bisa langsung tiba seketika setelah proses transfer terjadi.

Pembayaran Berhasil
Pembayaran Berhasil

Barang Sampai di Rumah

Setelah hampir 3 minggu akhirnya sjcam4000 pesanan saya sudah sampai di rumah dengan selamat dan siap digunakan untuk menunjang kebutuhan saya :D. Untuk produk tersebut saya harus membayar pajak sebesar 114.000. Produk terlalu lama stay di Kediri, nasib rumah di daerah kampung ya begini. Kalau kota besar sepertinya bisa lebih cepat. Sekian tutorial cara belanja di aliexpress dengan Tranfer ATM bank lokal

Klik Promo Besar Produk Aliexpress

Update dari Komentar

eeh ternyata masih bisa, barusan saya order lwt transfer atm bersama.. bedanya di poin 5 (masukkan kode bank permata) saya masukkan nmr kode bank permata dan payment code sekaligus (misal: 013896501111111),scr otomatis poin 7 (masukkan nmr rekening) tidak ada, jadi dari poin 6 lgsg ke poin 8 (konfirmasi). klik benar, selesai.. saya mendapatkan print out dan harapan kali ini barang akan datang lbh cepat.

21 Desember 2015 – Agustav Bangun Pandugo

sayangnya, verifikasi pembayaran sangat lama sekali di Aliexpress.. mgkn krn lg diskon besar2an..

Update 19 Maret 2017

Bea Cukai Ubah Aturan Pembebasan Bea Masuk yang tadinya USD 50 menjadi USD 100. Dalam rangka mendukung pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 14 untuk mendorong pertumbuhan e-commerce (pemanfaatan teknologi informasi dan transportasi dalam perdagangan) dan untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan, akurasi, kemudahan perhitungan tarif serta penelusuran barang kiriman, Bea Cukai telah menerbitkan aturan baru terkait impor barang kiriman, yaitu Perdirjen No. PER-2/BC/2017. Peraturan ini dinilai akan lebih menguntungkan para penggiat e-commerce, di lain pihak juga lebih memperjelas beban dan tanggung jawab yang ditanggung oleh si pemilik barang.

Video Tutorial Bayar Aliexpress Lewat ATM

Apabila belum paham dengan teks yang sudah aku tulis di atas, aku melengkapi cara belanja di aliexpress menggunakan video tutorial di bawah ini. Langsung dicoba saja, jika ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar.

YouTube video

Video Tutorial Bayar Aliexpress Lewat Dokuwallet

YouTube video

Video Tutorial Bayar Aliexpress di Aplikasi Android

YouTube video

Semoga panduan cara belanja di aliexpress dapat membantu teman-teman yang sedang ingin membeli barang di aliexpress.

Shopee Lovember

154 thoughts on “Cara Belanja di Aliexpress, Bayar Pakai ATM / Alfamart”

  1. Berapa lama proses setelah transfer status order di ALiexpress menjasi "PAY SUCCESS"
    Saya sudah hampir 4 jam, tapi status pembayaran saya belum ada.

    Reply
  2. Saya hanya punya rekening bri syariah..
    apa bisa dg menggunakan fasilitas doku?
    apa fasilitas doku ada biayanya?
    terima kasih

    Reply
    • Untuk bank saya kurang tahu ya. Menurut website doku, bank yang terhubung dengan jaringan bank atm bersama dan link bisa. coba cari informasinya di dokuwallet.com

      Reply
  3. kmarin ane mau order melalui transfer ATM bersama,tapi bingung dengan sistem konfirmasi pembayarannya gan,apakah aliexpress menyediakan link untuk konfirmasi pembayaran? seperti toko2 online di indonesia,thk min

    Reply
    • Kita enggak perlu konfirmasi pembayaran, karena jumlah nominal yang kita transfer pasti unik. itu akan berjalan secara otomatis kok. ane waktu ke ATM buat bayar, selang 10 menit pulang ke rumah, sampai rumah cek statusnya sudah masuk pembayaran dan tinggal menunggu pengiriman barang

      Reply
    • Barang enggak bisa diambil gan, untuk ngambilnya kudu bayar pajek. coba cari infor aja barang apa aja yang kena pajek 😀

      Reply
  4. Gan mau tanya, barang kalau sudah sampai di Indonesia dikirim langsung oleh pihak pos atau kita diberi tahu untuk ambil di kantor pos? Terus bayar pajaknya di pak kurir pos atau di kantor pos?
    Thanks gan

    Reply
    • Di kirim langsung oleh pos, ntar ada kwitansi pembayaran pajak yang diantar kurir. Bayar via kurir. Kalau gak bayar, barang enggak dikasih soalnya 😀

      Reply
  5. Oooo gitu ya gan Pandu, bakal repot juga ya kalau yang pas nerima tuh paket bukan kita T_T . Ya semoga orang rumah mau nalangin dulu pajaknya.
    Btw thanks ya gan informasinya. Keren banget postingnya. Terus berkarya gan.

    Reply
    • Haha iya gan, dulu pernah yang terima adek dan kena pajek 50 ribu. Untung bisa nalangin. Terus pernah juga kirim tapi rumah pas kosong. Cuma diselipin kalau barang bisa diambil di kantor pos. Langsung deh ke kantor pos buat ambil + bayar pajek di kantor posnya.

      Reply
  6. gan untuk barang seharga 10,3 USD kira2 kena pajak nggak ya?? soalnya ini ane kirim ke alamat kost, kan nggak enak kalo yang nerima ibu kost -___-

    btw ane juga dari kediri 😀

    Reply
    • Kalau segitu kayaknya enggak kena deh, yang kena diatas $21. Kurang tahu juga sih itungan pajeknya gimana.

      Aku Blitar, bukan kediri 😀 . wkwkwk

      Reply
    • maaf gan belum bisa bantu buat detail. soalnya juga punya kesibukan. ikuti aja langkah-langkah pembeliannya. runtut kok, yang penting teliti aja.

      Reply
  7. kenapa sulit sekali login di aliexpress?
    tiap klik login buka page baru icon tetep login gak berubah id saya,,
    k'lopun tkadang bisa masuk,,, eh waktu klik ganti halaman baru tyt icon jadi login lagi,, tkdang login masuk alibaba?
    aduh susah bgt jadi g bs order,,,
    tlg solusinya mas,,

    Reply
  8. mas tlg solusinya…
    kenapa susah banget login di aliexpress???
    k'lopun kdg bisa,,pas klik ganti page icon kembali ke login bukan id saya,,,
    kdg ke alibaba,,
    gmn???

    Reply
  9. Terlalu mahal pajak segitu harusnya di bwh $50 itu free ane pernah bli 2 barang yg 1 bebas pajak satunya lg harga barang $150 cman kna pjak 57rb

    Reply
    • Klik sebelum transfer. setelah klik complete proses segera transfer secepatnya. Takutnya kurs dollar sudah berubah sehingga membuat transaksi gagal

      Reply
  10. saya sering beli di aliexpress rata2 kena pajak 7500, tapi sering dibulatkan jadi 8000 karena pak pos yg nganter g bawa uang hehehehe ..

    Reply
  11. waktu itu kakak transfer melalui atm apa ya? aku punya kartu bca nanti langsung trfer ke permata saja ?

    Reply
  12. Tadi coba ikutin panduannya bro, ternyata gampang bgt.
    Buat tambahan info aja, td langsung download app di android, tampilan mirip sama lazada.
    saat memilih pembayaran lewat atm, muncul konfirmasi bikin ID doku dulu, mungkin buat jaga2 kalo seller ga kirim barang, uang bisa kembali. (Mirip dompetnya bukalapak).
    Selebihnya sama kaya panduannya yg bro bikin, malah setelah transfer ga ada 5 menit status langsung berubah jadi "seller is processing your order" dan ada coundownnya 7 hari.
    Pokoknya mantap panduannya, thx bgt dah.

    Reply
    • iya, aku dulu juga habis transfer trus pulang statusnya sudah bayar. hehehe

      semoga barangnya cepat sampai mas, terima kasih sudah meninggalkan komentar 😀

      Reply
    • Harunsya sih bisa, tapi aku juga kurang paham kalau transfer beda bank via ibanking. Aku lebiih prefer pakai ATM. hehe

      Reply
  13. sy mau belanja brg elektronik harganya 20$ kira2 kena pajak brp ?
    trus klau saya beli 10 pcs , dengan 1macam product,,apa pajaknya juga dikali 10

    Reply
  14. Saya sudah transfer ke Pak Ali, tapi kok status nya sudah 4 hari Pay Success terus ya gan..?
    apa memang begitu..?

    Reply
  15. Mas kl hp seharga $169 kira2 kena pajak berapa ya
    Trus nominal rupiah nya yg harus kita trnsfer sudah mncul sndri atau kita yg harus hitung
    Soalnya masih bngung jg nih

    Reply
  16. Mas Pandu, barang saya statusnya "Airport Handling" di MPC Jakarta IDJKTC sejak tgl 23 Juli (Barang dikirim lewat HK Post Registered Air Mail). Apakah barangnya tertahan di hanggar? Haruskah saya menghubungi pihak Pos dan/atau Bea Cukai ataukah menunggu saja? Mohon pencerahannya, terimakasih.

    Reply
  17. ane dah pernah tapi pake forwader. Bli keyboard dell.
    harga barang 20USD++ . harusnya dibawa 50USD ga kena pajak. tapi pas pak pos datang dimintai uang RP10k.
    yaudah tepaksa. orang dia bawa bukti bayar segala( terpisah dr tanda terima pos)
    coba ah pake doko.

    Reply
  18. Mas status saya bunyinya gini

    MPC Jakarta IDJKTC 2002-01-03 14:12 Arrival at inward OE
    MPC Jakarta IDJKTC 2002-01-03 14:42 Airport Handling
    SINGAPORE SG 2015-08-14 16:33 Departure from outward OE
    MPCJakarta 10900 2015-08-20 14:12 Departure from inward OE Adpis : 40400

    Resi saya RF344412493SG

    Kira-kira sampai ke saya masih lama gak ya? Penting nih soalnya barangnya , hehe

    Reply
    • Waduh, aku kurang begitu paham sama status gituan. kalau di wilayah jakarta sih sepertinya enggak lama lagi. Kalau luar kota masih nunggu lagi deh

      Reply
  19. Gan kok susah banget ya ane mau place order di ali express??
    padahal dah abeberapa toko yg di kunjungi
    jawabannya selalu sama gak ada barang yg tersedia
    padahal ane suratin tokonya, barangnya masih banyak tuh
    huuuuuuuuffffttttttt sebeel

    Reply
    • Mungkin tidak menerima pengiriman ke Indonesia jeng Nina. Karena beberapa seller enggak nerima pengiriman ke Indonesia. Tapi ya kurang tahu juga kalau ada sebab yang lain 😀

      Reply
  20. Gan klo mau order di Aliexpress harus kudu daftar dlu jd member dan kudu ngisi alamat kita jg ya? Klo free mamber gak bsa lngsung order ya gan, soalnya ane cma berani liat2 barang doang, blm berani order hehe

    Reply
  21. Bantu info aja, sekarang sudah ada kalkulatornya:
    – untuk PC bisa via web :
    – untuk smartphone (android) tinggal search langsung di playstore -> Kalkulator Bea Masuk dan PDRI

    semoga bermanfaat.. 🙂

    Reply
  22. halo mas pandu.. kalo pembayaran melaui mini market, prosesnya kira2 sama nggak dengan pembayaran tiket kereta/pesawat? tinggal ngasih tau kode booking aja? makasih..

    Reply
    • Kalau untuk itu saya kurang tahu, soalnya saya belum pernah. Bisa dicoba aja mbak. Nanti cerita ya kalau sudah mencoba 😀

      Reply
      • kalo via atm transfer, pake kartu atm bri iso to mas? asal atm-nya berlogo atm bersama
        ngapunten mas kakehan takon. pengalaman pertama shipping worldwide mas, wedi lek kliru, hehee..

        Reply
        • Iso mbak, pokoke ATM Prima / ATM Bersama.

          Nanti transfernya ke bank permata dengan nomer rekening yang unik. Enggak perlu input nominal langsung otomatis tagihane neng nomer rekeninge. Setelah checkout usahakan segera membayar ke ATM. Kalau selisih sekian jam, kurs berubah transaksine gagal. Kudu mbaleni checkout maneh trus oleh nomer rekening sing anyar.

          Reply
  23. Mas pandu , saya udah tinggal transfer aja ni… trus maksud dari kalimat ini apa:
    Pelanggan dapat melakukan transfer melalui ATM ke bank-bank yang telah di tentukan dengan batas maksimal waktu transfer 3 jam.

    Reply
  24. Gan ane belanaja di aliexpress, setelah melakukan pembayaran via DOKU dengan Klikpay Mandiri, pembayarannya pun sukses, setelah beberapa hari saya cek barangnya ternyata saya salah pilih barang, kemudian pesanan saya batalkan, yang ingin saya tanyakan, kemana dana saya sekarang dari pembatalan belanja saya

    Reply
    • Setahuku uangnya akan di simpan oleh alliexpress, setelah itu bisa dicairkan ke bank lokal / doku wallet. Sepertinya bakal ada potongan, saya kurang tahu karena saya belum pernah mengalami hal seperti itu

      Reply
  25. Gan, ane jg rncna blnja di ali. Brp hri dtgnya barang gan?
    Rncna pmbyran pke alfamart. Prnah trnsksi via alfamart gk gan?
    Rncna beli HP BLUBOO X500. Hrga kisaran 2.200.000, kira2 kena pjak brp ya gan.
    Pnglaman agan pjak di byarkan ke kurir ya gan?
    Ribey gk ya klo hrus di byar di kntorpos?

    Reply
    • Tergantung lokasi gan, dulu aku beli di Surabaya 10 harian sudah sampai. Pas di Blitar 3 mingguan baru sampai.

      Kalau aku belum pernah lewat alfamart, sama aja kayaknya. Mungkin kena bea administrasi kurang dari 10rb.

      Kalau jumlah pajaknya aku kurang tahu juga berapa nominalnya.

      Pajak dibayar ketika menerima barang, bisa melalui kurir yang mengantar / waktu ambil barang di kantor pos. Enggak ribet kok kalau di kantor pos, tinggal datang ke bagian pengambilan barang, nanti disuruh tanda tangan, bayar trus ambil barang. Sama kaya waktu bayar di kurir

      Reply
  26. gan, paketnya ini otomatis pake pos indo ato gimana kalo misal milih yg free shipping.??

    trus transfernya pake internet banking dari BRI dikirim ke bank Permata bisa gak ya?

    Reply
    • Kalau freeshiping pakai china post, nanti masuknya lewat kantor pos. Kecuali kalau semacam fedex mungkin beda lagi.

      Transfer pakai internet banking aku kurang yakin, soalnya transaksi di atm otomatis, sedangkan internet banking kan kudu manual masukin nama dll. Dicoba saja, kalau gak bisa, berarti harus ke ATM 😀

      Reply
  27. Mas ini cara bayarnya gimana ya??? Saya punya akun BRI.. Kalo pake ATM bersama apakah bisa???

    Terus kalo udah checkout kan ada invoice number.. Nah dari situ apakah bisa langsung dibayar????

    Reply
  28. saya transfer make internet banking bisa kok,,,,dari bri ke permata bank…

    hanya lagi nunggu konfirmasi aja…

    Status : Supplier sedang memproses pesanan anda

    semoga barangnya cepat sampai…..

    Reply
  29. Mas mau tanya kan saya bayar pake atm transfer (tidak buat doku langsung kirim)
    terus saya melakukan refund nah pas refund tulisannya complate masuk uang Refund nya ke ATM langsung ?

    Reply
  30. Kak,mau nanya ini kalau kita bayarnya lngsung transfer atm tnpa harus buat doku kan tidak apa-apa iya, lah barang sampai qta nga usah kasih uang lagi kan

    Reply
  31. Sy baru jumat kemarin transfer via western union di bank BNI syariah, pihak bank bilang klo nti tidak berhasil uang kembali dan hari senin dikabari, aq was was nih berhasil atau ga

    Reply
    • Kalau western union, setahuku cuma bisa menggunakan Quick Pay, form western unionnya berwarna biru. Dulu keliling Surabaya hanya bisa di bank BTN. Tapi belakangan Bank BTN sudah nggak bekerjasama dengan Western Union. Selain itu biaya transfernya juga lumayan mahal.

      Reply
  32. Apakah ada pajak yang harus dibaya selain dari yang telah dibayar saat belanja di Aliexpress?

    Terima kasih atas jawabannya.

    Reply
  33. gan, kalo mau bayar pake ATM BCA gimana ya? pengen kaya toko2 online indonesia gtu, virtual acount, bisa ga aliexpres?

    Reply
  34. Saya mengajukan sengketa/dispute soal pembelian di aliexpress ,sudah deal soal pengembalian uang via doku walet padahal waktu pembelian saya transfer dari bank bca ke bank permata. Tidak memakai doku walet. Saya diberitahu via email harus register doku , sudah saya lakukan , langkah selanjutanya gimana mas ?
    terima kasih

    Reply
    • Pada dasarnya pembayaran selain debit online dan kartu kredit memang difasilitasi oleh dokuwallet melalui rekening permata. Oleh karena itu untuk refund pasti diarahkan ke dokuwallet. Berdasarkan pengalaman, nanti uang refund akan masuk ke saldo dokuwallet kok. Tapi kalau weekend mereka libur, mungkin hari senin – selasa harusnya sudah masuk ke dokuwallet.

      Reply
      • Terima kasih balasan
        dokuwalet baru saya buat , di account saya aliexpress tidak ada yg mengatur ( mungkin saya salah). , proses yg ada pengembalian (25 hari dari proses dispute, cuma saya tidak tau cara nya proses nya selanjutnya. Terima kasih

        Reply
    • harusnya nggak perlu melakukan konfirmasi pesanan. ketika berhasil melakukan pembayaran di Indomaret, pembayaran otomatis terkonfirmasi. Tapi aku nggak tau kalau bisa lewat Indomaret, karena selama ini lewat alfamart

      Reply
  35. Tanya dong, saya melakukan pemesanan barang, dan saya sudah melakukan transfer dari bank lain ke bank BNI yg diminta dari proses belanja, setelah berhasil melakukan transfer kok status pesanan saya tdk berubah? Masih pada status menunggu pembayaran

    Reply
      • Ada mas, skrg pembayaran menggunakan virtual acount, jd dari bang mana aja bisa transfer pake virtual acount bank yg tersedia d aplikasi, ga pake doku dokuan kok, aku pilih pembayaran virtual acount, skrg aku udh berhasil transfer dgn virtual acount yg d kasih dan tertera saat transfer itu atas nama GOOGLE USER, masalahnya skrg kok status pembelian masih tertulis lakukan pembayaran alias blm berubah statusnya jadi udah bayar

        Reply
      • Ada mas, skrg pembayaran menggunakan virtual acount, jd dari bank mana aja bisa transfer pake virtual acount bank yg tersedia d aplikasi, ga pake doku dokuan kok, aku pilih pembayaran virtual acount, skrg aku udh berhasil transfer dgn virtual acount yg d kasih dan tertera saat transfer itu atas nama GOOGLE USER, masalahnya skrg kok status pembelian masih tertulis lakukan pembayaran alias blm berubah statusnya jadi udah bayar

        Reply
          • Udh di coba tapi robot yang jaeab, udh bahasa inggris gw setengah2 tambah lg robot ngebalas ga sesuai trus pertanyaan udh di tentuin pilihnya ga sesuai dengan yg ingin gw tanyain, pengennya aku chat langsung ama cs bkn ama robot, lumayan belanja gw 1jtaan kesel

          • kalau dulu ada opsi buat chat sama cs beneran. udah lama nggak pernah komplain jadi kurang tahu sekarang gimana

  36. Om, jadi kalau sudah checkout, dan memilih metode pembayaran misalnya bayar di alfamart, terus ada kode pembayaran dan langsung harus cepat² bayar ya om ? Itu Otomatis uang nominalnya sudah rupiah ? sebelum checkout barang+ongkir masih uang dollar, betul om ?

    Reply
    • iya om, karena kalau kelamaan takutnya harga berubah karena nilai tukar dolarnya berubah. Kadang pembayarannya nggak valid ketika kurs berubah

      Reply
  37. Okee, sekali lagi mau nanya om, saya ingin belanja berbeda toko, barang, dan ongkir masing², nah setelah masuk kerandang semua total dikumpulkan, setelah pembayaran langsung semuanya, apakah setiap toko sudah masuk masing² transaksinya om misalnya Toko A sudah bayar, toko B sudah bayar, toko C sudah bayar ? Terima kasih.

    Reply

Leave a Comment