5 Tempat Wisata Seputar Rute Kebun Teh Sirah Kencong

Rabu, November 09, 2016

Beberapa waktu lalu ada seseorang dari Surabaya yang menghubungiku untuk meminta bantuan pergi ke kebun teh sirah kencong yang memang benar-benar hits belakangan. Yang dia tahu hanyalah kebun teh sirah kencong, tidak ke tempat yang lain. Oleh karena itu pada postingan kali ini aku ingin berbagi beberapa rute tempat wisata di sekitar kawasan sirah kencong yang bisa kamu kunjungi.

Wisata di Sekitar Rambut Monte
Keluarga Bp. Citra / dok. pribadi
Kalau ada pertanyaan seputar wisata daerah sirah kencong silakan tinggalkan di kolom komentar ya, insyaAllah bakalan aku jawab sesuai dengan yang aku tahu. Tapi pastikan untuk membaca setiap paragrafnya, karena aku akan coba ulas se-detail mungkin untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Namun sebelum menjawab pertanyaan umum, aku mau berbagi cerita tentang tempat-tempat wisata yang ada di seputar rute kebun teh sirah kencong!

Telaga Rambut Monte

Telaga Rambut Monte merupakan salah satu tempat yang perlu kamu kunjungi kalau memutuskan untuk mengambil rute liburan di sekitaran sirah kencong. Kenapa? Konon katanya pemandangan di rambut monte ini hanya ada di Blitar dan di Jepang.
Telaga Rambut Monte Blitar
Telaga rambut monte sekarang dengan bangunan beton / dok. pribadi
Di rambut monte ini kamu bisa menemukan sebuah sumber telaga dengan air berwarna tosca dan ikan dewa yang semakin besar. Rindangnya pepohonan membuat kawasan ini selalu nyaman dan sejuk meski siang hari.

Bangunan beton cor membuat kamu bisa menikmamti keindahan telaga rambut monte beserta ikan dewanya dari sudut yang lebih tinggi. Ada juga kolam renang mini yang bisa buat mainan air, terutama anak-anak. Kalau kamu emang cukup jago renang, jalan sekitar 100 meter bisa datang dan menikmati dingin dan segarnya air sumber di sumber dandang rambut monte.

Renang di Sumber Dandang
Renang di Sumber Dandang / dok. pribadi
Kalau kamu berenang di sumber dandang, jangan lupa untuk berhati-hati karena selain airnya yang cukup dingin, ada bagian yang memiliki kedalaman sekitar 3 meter. Jangan terlalu lama apabila berenang di sini karena kamu bisa saja kram karena kedinginan dan itu sudah pernah membawa korban jiwa di awal tahun 2016 lalu. 

Selain itu juga ada candi rambut monte yang aku kurang begitu tahu ceritanya, mungkin lain kali kalau main ke sana lagi aku akan cari tahu. Jadi dalam satu komplek telaga rambut monte kamu bisa mendapatkan 3 jenis wisata yang berbeda. 

HTM : Rp. 3.000
Parkir Motor : Rp. 2000

Air Terjun Laweyan di Perkebunan Kawisari

Air Terjun Laweyan di Perkebunan Kawisari
Air Terjun Laweyan di Perkebunan Kawisari
Air Terjun Laweyan ini terletak di kawasan perkebunan kopi milik swasta, yaitu perkebunan Kawisari. Sebenernya ini bukanlah sebuah tempat wisata, namun cukup menarik untuk dikunjungi apabila kamu ingin merasakan nilai lebih ketika melakukan perjalanan wisata ke Sirah Kencong.

Air terjun laweyan ini cukup unik, airnya mengalir di bebatauan sehingga tidak terlalu deras. Tetapi tetap berhati-hatilah di tempat ini, karena ditakutkan ada material yang jatuh dari atas. Apalagi lokasinya yang berada di tengah-tengah perkebunan. 


Tidak ada penjagaan atau standard keamanan apapun di tempat ini karena bukan tempat wisata. Intinya tetap hati-hati saja sih. Karena tempat ini memang masih cantik. Kalau bingung jalannya lebih baik bertanya ke satpam perkebunan karena memang tidak ada petunjuk jalan ke air terjun laweyan

Kebun Teh Sirah Kencong

Kebun Teh Sirah Kencong
Main ke kebun teh sirah kencong bareng anak hits PENS dan UNS :D
Kebun Teh Sirah Kencong ini merupakan tujuan utama kalau mau main ke sirah kencong. Hamparan kebun teh yang berada di ketinggian 1000mdpl memang memanjakan mata. Setiap sudutnya terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja.

Belum lagi sajian masakan rumahan khas desa yang tersaji lezat di warung Bu Tia. Udara dingin, Nasi Pecel dan Teh Hitam khas sirah kencong merupakan perpaduan sempurna yang hanya bisa kamu rasakan di tempat ini.

Kamu hanya perlu berjalan naik sedikit ke candi sirah kencong untuk mendapatkan pemandangan kebun teh dengan jalan terukir layaknya sebuah labirin. Candi Sirah kencong konon merupakan peninggalan kerajaan Majapahit.

Kalau aku sih biasanya main ke sini membawa sebuah termos, termos ini aku isi dengan teh hitam khas sirah kencong yang bisa dipesan di warung bu tia dan aku bawa untuk berjalan-jalan di kawasan perkebunan. Setelah itu menikmati teh di kawasan perkebunan yang benar-benar menentramkan.

HTM : Rp. 4.000
Parkir Motor : Rp. 2.000

Air Terjun Suro Tani di Sirah Kencong

Air Terjun Sirah Kencong
Air Terjun di Sirah Kencong / dok. pribadi
Air Terjun Suro Tani ini sebenernya lebih dikenal dengan Air Terjun Sirah Kencong. Aku sendiri enggak tahu kalau sudah di re-branding menjadi air terjun suro tani karena di plakatnya kini sudah diberi nama sedemikian rupa.

Dulu, untuk masuk kawasan ini tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis, tetapi per akhir bulan agustus kemarin ada retribusi yang ditarik oleh perhutani sehingga untuk masuk kawasan ini perlu membayar Rp. 3.000 untuk setiap orangnya. 

Dari tempat parkir terdekat kamu perlu jalan kurang lebih  700 meter dengan jalan agak nanjak campur landai, jadi bisa dinikmati dengan bersantai. Air terjun ini debitnya enggak terlalu besar dan airnya sangat dingin. Terdapat beberapa titik yang bisa kamu gunakan untuk menikmatinya dengan berduduk santai sambil ngobrol dann minum teh yang dibawa di termos. Membawa bekal makanan juga sangat enak dinikmati di sini.

HTM Rp. 3.000

Taman Idaman Hati Wlingi

Taman Idaman Hati Wlingi
Taman Idaman Hati Wlingi
Dari wilayah sirah kencong apabila ingin kembali pulang ke kota bisa mampir sebentar ke Taman Idaman Hati di Wlingi. Di taman ini bisa bersantai sambil istirahat dan menikmati jajanan yang ada seperti es dawet. Lihat tingkah polah anak-anak kecil yang kebut-kebutan pakai motor / mobil kecil-kecil kadang bikin senyum-senyum sendiri, apalagi kalau pas  ada yang kejungkel :D

HTM : Gratis
Parkir : Rp. 2.000

Rute Perjalanan Menikmati Wisata di Sekitar Sirah Kencong

Sebenernya masih ada beberapa kawasan yang jaraknya enggak terlalu jauh, tetapi kalau aku tulis di postingan ini bisa dipastikan waktu 1 hari itu benar-benar kurang. Jadi yang aku tulis di sini cuma yang aku sarankan saja tingkat urgensinya karena berada dalam satu rute perjalanan meski untuk ke Rambut Monte terlalu jauh misahnya, tetapi sangat sepadan untuk diperjuangkan. 

Rute yang aku sarankan biar enggak mbulet-mbulet itu, berangkat dengan destinasi pertama di kawasan Rambut Monte. Setelah dari rambut monte mampir ke Air Terjun Laweyan melalui Ds. Semen sehingga bisa lanjut terus sampai di Kebun Teh Sirah Kencong ketika siang, sehingga pas untuk menikmati makan siang di  warung bu Tia. Setelah itu nyoba keliling di kawasan Sirah Kencong dan kembali pulang melalui Tegalasri dan Mampir di Taman Idaman Hati Wlingi.

Kalau Naik Kereta dari Surabaya / Malang Enaknya Turun Stasiun Mana?

Aku sarankan untuk turun di St. Wlingi. Oleh karena itu kalau yang dari Surabaya jangan naik kereta Dhoho, ambil kereta penataran jurusan Surabaya Blitar via Malang. Sehingga bisa turun di St. Wlingi. Apabila start dari St. Blitar jaraknya terlalu jauh dan enggak nuntut kalau masih mau mampir-mampir di daerah Makam Bung Karno dll.


Kemarin sih ada yang dateng dari Surabaya jam 9an mulai keliling ke tempat-tempat yang aku sebutkan diatas, sekitar pukul 4 sore sudah bisa sampai di Taman Idaman Hati Wlingi. Jadi bisa langsung balik naik kereta api terakhir ke Surabaya maupun Malang.

Ada Angkutan Umum untuk Keliling ?

Saat ini belum ada, untuk berkeliling ke tempat-tempat tersebut hanya bisa ditempuh menggunakan ojek yang ada di stasiun. Untuk tarifnya aku juga kurang tahu, tetapi kemarin temanku bisa mengantarkan ke tempat-tempat tersebut dengan biaya 150ribu rupiah per orang diantar naik motor. Bisa hubungi aku untuk melakukan booking :D . 

Karena ini bukan pekerjaan tetap temen-temen yang biasa bantu nganter, jadi jangan mepet-mepet ya ngabarinnya. Setidaknya H - 3 / 4 hari karena kalau dadakan enggak bisa janji bantu. Saat ini masih sering available untuk weekend aja sih, hari biasa enggak bisa janjiin juga kecuali kalau temen-temen sedang bisa mengantarkan.

Apabila kamu naik mobil, mau tidak mau harus skip untuk air terjun laweyan karena medannya sangat tidak memungkinkan untuk roda empat biasa. Jalannya sempit dan digunakan untuk lalu lalang kendaraan perkebunan.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe