, ,

Menginap di Glamping Lembah Indah Malang

Beberapa bulan terakhir melihat postingan beberapa teman yang menginap di Lembah Indah Malang, sepertinya cukup menarik untuk dicoba. Ndilalah kersane ngalah, minggu lalu diajak oleh seorang teman untuk menginap di Lembah Indah Malang tanpa harus bayar.

Awalnya sempat sangsi, karena takut kalau diminta untuk nemenin cari pesugihan di Gunung Kawi, jebul acaranya piknik rame-rame sama orang kantor. Duh gusti matur nuwun, bisa ikut piknik gratisan! Maklum, sudah lama enggak piknik luar kota. Terakhir piknik sebelum pandemi tahun lalu ikut Famtrip Wisata di Ungaran.

Pada tulisan kali ini, aku mau bercerita tentang pengalaman menginap di Lembah Indah Malang ketika malem Jum’at Kliwon.

Wisata Lembah Indah Malang

Wisata Lembah Indah Malang

Lembah Indah Malang merupakan sebuah lembah yang diapit dua pabrik perusahaan ternama di salah satu sisinya terdapat JAPFA dan di balik bukit satunya terdapat Greenfields. Landskap tanahnya pun mirip banget sama Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar.

Bisa dibilang bahwa Lembah Indah Malang ini merupakan wisata hits terbaru di daerah Malang yang bisa kamu kunjungi kalau pengin ngadem. Wisata yang mulai rame ketika pandemi ini bisa jadi alternatif mlipir kalau nggak weekend. Kabarnya kalau weekend daerah sini rame banget. Makanya saya datang pas malem Jum’at Kliwon, enggak weekend.

Ada Apa Aja?

Sampai saat in saya masih bingung kalau ditanya ada apa aja di Lembah Indah Malang. Menurut saya yang paling menarik dari kawasan ini adalah penginapan ala glamping gitu. Selebihnya cuma pelengkap.

Buat yang mau datang ke tempat ini tapi enggak menginap, mungkin akan melihatnya sebagai tempat foto-foto saja. Mungkin sampean juga tertarik dengan tempat ini ketika melihat dome warna putih jadi tempat menginap para wisatawan yang melipir ke sini.

Hidroponik Lembah Indah Malang

Selain tempat foto, kamu juga bisa kok ikutan beberapa paket wisata menanam sayuran hingga memanennya. Bahkan memberi makan sapi juga. Waktu saya datang, masih dibangun kandang-kandangan kambing yang nantinya juga bisa jadi alternatif buat kamu. Ada kebun stroberi yang bisa jadi tempat edukasi. Kebetulan kemarin ketika ke sana belum ada stroberi yang bisa dipanen.

Berapa Tiket Masuknya?

Tiket masuk kawasan ini adalah Rp. 20.000 untuk setiap orang. Kalau kamu boncengan ya bawa minimal 100ribu. Kan butuh uang buat jajan dan bensin juga to? Kalau parkirnya sih gratis

Kalau kamu menginap di sini, kamu nggak perlu bayar tiket masuk. Nanti di resepsionis akan dipinjami keplek bertuliskan guest. Pastikan keplek ini kamu bawa kemanapun kamu pergi, karena kalau hilang biaya penggantiannya bisa dibilang cukup mahal. Rp. 100.000

Buka Jam Berapa?

Jam operasional di Lembah Indah Malang buat para wisatawan itu

  • Senin tutup! Kecuali penginapan
  • Selasa – Jum’at : 08.00 – 17.00 WIB
  • Sabtu – Minggu: 07.00 – 17.00 WIB

Penginapan Lembah Indah Malang

Banyak teman yang tanya tentang penginapan di Lembah Indah Malang, sebelum cerita pengalaman menginap di sini, ada baiknya cerita dulu tentang paketan harga menginap di kawasan ini. Ada beberapa paket yang bisa kamu pilih ketika menginap di sini

Tarif

PenginapanWeekdayWeekend
Fun CampMulai 250.000Mulai 250.000
Glamping Carani500.000650.000
Glamping Dawala600.000750.000
Villa Dipayana1.500.0001.750.000

Bingung ya sama fasilitasnya? Baca ke bawah bakal saya coba jelasin fasilitas masing-masing penginapan di atas.

Fun Camp

Ini kita camping menggunakan tenda yang bisa diisi maksimal 3 orang. Fasilitasnya selain dapat tenda, ada sleeping bag dan single matras. Mulai dari 250ribu per malam pun saya kurang tahu apa aja fasilitasnya. Ada movie night juga sih di sosial medianya, mungkin ini khusus buat weekend atau kalau lagi ada yang booking.

Mending tanya langsung ke cusomer service di Lembah Indah Malang. Kemarin waktu ke sana, kalau gak salah nggak ada orang yang nginep di sini. Meski ada beberapa tenda yang berdiri.

Glamping Carani

Glamping Carani
Glamping Carani

Merupakan tempat menginapku bersama beberapa teman. Kapasitas setiap glamping itu maksimal 6 orang tapi kemarin cuma diisi 4 orang. Kamar mandi ada di luar. Ada juga wifi yang bisa dipakai dan itu sudah cukup kalau niatnya mau upload konten di media sosial

Tarif yang sudah saya sebutkan di atas untuk Glamping Carani belum termasuk sarapan. Kalau mau nambah dengan sarapan cuma perlu bayar 650.000 ketika weekday dan 750.000 ketika weekend. Ini best deal banget sih, nggak perlu jauh-jauh turun ke perkampungan bawah kalau mau cari sarapan.

Glamping Dawala

Glamping Dawala
Glamping Dawala

Tarifnya sama dengan Glamping Carani, bedanya yang ini cuma bisa diisi dua orang saja. Fasilitasnya tentu lebih mewah dibanding yang Carani. Ada T dan kamar mandi dalam. Harga Glamping Dawala pada tabel tarif di atas sudah termasuk sarapan kok. Udah dapat toiletries juga

Vila Dipayana

Vila Dipayana
Vila Dipayana

Pilihan tempat menginap paling mewah untuk di Lembah Indah Malang. Bangunan terbuat dari kayu dan mirip rumah panggung dari Manado. Dalam vila ini terdapat 3 tempat tidur yang dibagi menjadi dua lantai. Lantai bawah ada 1 kamar, sedangkan dua kamar lainnya berada di lantai 2.

Terdapat berbagai macam fasilitas seperti dapur, TV, AC dan Wifi. Mirip dengan Glamping dawala. Kamar mandi dalam villa ini ada 2 juga kok. Bahkan kamar mandinya dilengkapi dengan bathup. Saya kurang tahu apakah kedua kamar mandi ada bathupnya. Karena belum mencoba menginap di sini :))

Pengalaman Menginap

Kembali bercerita tentang pengalaman menginap di Lembah Indah Malang ketika malam Jum’at Kliwon. Tepatnya di Glamping Carani yang murah meriah. Ketika malam udaranya cukup dingin. Meski nggak sedingin kalau jalan-jalan ke Bromo

Wifi Gratis

Fasilitas wifi menggunakan mikrotik yang harus melakukan reconnect dalam jangka waktu tertentu. Lumayan kencang dibanding operator yang sinyalnya ilang-ilang di kawasan ini. Jadi adanya wifi ini sangat membantu terhubung dengan whatsapp dan jejaring sosial di luar. Jadi tetep cocok buat yang mau staycation di Lembah Indah Malang sambil bekerja sebagai digital nomad.

Aku bawa modem smartfren m6 tapi susah banget sinyal di sini. Hampir nggak bisa dipakai sama sekali. Terima kasih buat menejemen Lembah Indah Malang yang menemukan modemku di dekat resepsionis. Beruntung sudah diamankan ketika ketinggalan dengan keadaan menyala.

Kamar Mandi

Ada sekitar 14 bangunan untuk Glamping Carani ini, ada 12 unit kamar mandi luar yang bisa digunakan. Jadi ya harap bersabar kalau sedang penuh semua. Dengan udara pagi yang cukup dingin, mandi ketika pagi mungkin akan dihindari

Di atas kamar mandi terdapat tempat bersantai yang bisa digunakan sembari menikmati gunung kawi ketika pagi maupun sore. Kebetulan kemarin sedang musim kembang tebu yang cakep buat background foto.

Sarapan

Sarapan di Lembah Indah Malang
Nasi Goreng, Just Jambu dan Snack

Sarapan baru tersedia sekitar pukul 7 pagi. Sekitar pukul 6, ada mbak-mbak yang mendatangi setiap glamping untuk menawarkan menu sarapan yang tersedia. Ada 3 pilihan menu sarapan, yaitu Nasi Goreng, Bubur Ayam dan Burger. Sarapannya cukup jauh

Lokasi sarapannya juga cukup jauh, karena ada di Resto Bambu dekat dengan villa dipayana. Kalau jalan kaki dari Glamping Carani jaraknya ya lumayan. Bisa lah dipamerin lewat strava.

Nggak nyangka pemandangan di Resto Bambu ini cukup cantik, terutama kalau mau melihat Glamping Dawala yang tertata cukup apik. Selain makan berat, kita bisa pilih minum antara teh (bisa panas bisa dingin) atau jus jambu. Ada snack juga yang disajikan untuk setiap tamu yang menginap. Rasanya? Nggak mengecewakan kok. Lumayan.

Transportasi

Kalau rombonganmu membawa mobil ke kawasan Lembah Indah Malang ini mungkin akan sedikit kesulitan kalau butuh belanja-belanja snack di atas. Karena nggak ada alternatif kendaraan yang bisa digunakan atau disewa untuk keliling. Kan mager ya mau beli jajan aja harus nyalain mobil. Belum lagi kalau yang bisa nyopir udah terlanjur tidur duluan

Malam Hari

Malam hari di Lembah Indah Malang ngapain? Selain cuma bobo sambil rasan-rasan di dalam glamping. Ada paketan api unggun yang bisa dipesan kok. Kalau nggak salah itu sekitar 125 ribu sudah termasuk operator yang mbakarin. Berhubung kemarin malem jum’at kliwon, operatornya enggak ada, Jadi kita bakar-bakar sendiri dengan potongan harga :))

Malam di Lembah Indah Malang

Kayu, solar dan tempat bakar sudah disediakan. Kegiatan bakar-bakar ini memungkinkan dilakukan di depan Glamping Carani yak. Kalau di Dawala sepertinya nggak memungkinkan karena jaraknya yang terlalu mepet antar glamping.

Mungkin karena terlalu sepi, restonya tutup. Kalau weekend yang rame mungkin semua fasilitas yang tersedia bisa beroperasi maksimal. Tapi tetap bisa bakar-bakar sambil rasan-rasan asyik bareng teman-teman di sekitar api unggun.

Pagi Hari

Pagi di Lembah Indah Malang

Selain sarapan, olahraga dan menikmati gunung di pagi hari. Saya kemarin juga mengunjungi kebun hidroponiknya. Kegiatan yang dilakukan di kebun adalah penanaman sayuran hidroponik. Masnya juga menjelaskan bagaimana cara menanam di media tanam, kemudian sampai proses panennya.

Bahkan juga sudah bisa membawa pulang sayuran setelah mengikuti edufarm ini. Kemarin bawa pulang sekitar 2kg sayuran yang isinya macam-macam. Mulai dari Selada, Bayam, Mint. Setelah petik sayur, lanjut jalan kaki menuju ke kandang sapi untuk memberi pakan sapi. Masnya juga menjelaskan kalau nantinya selain sapi akan ada kambing juga. Kandangnya masih dalam proses pembangunan.

Informasi Lembah Indah Malang

Bisa dibilang cukup sulit menemukan informasi akurat tentang Lembah Indah Malang ini. Informasi di Google Maps kemarin sempat membuat orang kesasar juga. Saat ini informasi seputar Lembah Indah Malang ini cuma bisa diakses di akun Instagram Lembah Indah Malang

Lokasinya ada di Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kalau mau ke sini, bisa mengikuti Google Maps ini.

Mungkin akan lebih baik kalau bikin website yang berisi semua fasilitas yang ada di Lembah Indah Malang. Sebagai pelanggan bisa menjadikannya referensi utama sebelum memutuskan berangkat. Kasian CSnya kan, harus menjawab pertanyaan berulang yang sebenarnya sudah bisa diakses di website.

Kalau bingung cari orang yang bisa bikin web, saya bisa kok bikin websitenya :)). Nggak perlu pakai sistem booking di website dulu. Pakai cara tradisional mungkin seperti saat ini. Setidaknya bisa mengurangi beban kerja customer service. Saya sempat baca beberapa komen di instagram, ada yang enggak dibalas ketika chat customer servicenya.

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment