Tips: Cara Memilih Laptop yang Bagus

Jumat, Agustus 08, 2014

Meski saya bukan seorang yang terlalu ahli untuk urusan hardware komputer, namun karena saya berkecimpung di dunia multimedia banyak teman yang sering meminta rekomendasi bahkan meminta untuk dibelikan laptop sesuai dengan kebutuhan mereka. Kadang sempat bingung juga apabila diminta untuk menemani beli laptop, karena ada banyak pertimbangan yang biasanya saya fikirkan sebelum memilih sebuah laptop.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips cara memilih laptop yang bagus. Dimana saya akan coba bahas pertimbangan-pertimbangan yang saya fikirkan dalam memilih sebuah laptop.
Tips Memilih Laptop
Tips Memilih Laptop


Tips dalam Memilih Laptop yang Baik

Untuk memilih laptop yang pas untuk kita, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Sehingga laptop yang kita beli tidak mubadzir karena terlalu canggih untuk membantu produktivitas kita atau semacamnya. Siap menyimak beberapa faktor penting yang dipertimbangkan dalam membeli laptop yang pas untuk kebutuhan kita dan juga pas di kantong? Karena saya yakin banyak diantara kita apabila ingin membeli laptop ingin mendapatkan laptop murah berkualitas seperti dalam prinsip ekonomi, bagaimana bisa kita mengeluarkan uang seminim mungkin untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin.

Pertimbangan Kebutuhan Laptop

Dalam memilih laptop, ada baiknya kita mempertimbangkan kebutuhan laptop terlebih dahulu. Kenapa? Hal ini perlu dipertimbangkan untuk menghindari pembelian laptop yang berlebihan. Misalnya untuk kebutuhan sehari-hari dimana laptop hanya digunakan untuk mengetik tulisan-tulisan sederhana menggunakan perangkat lunak pengolah kata, kita tidak perlu membeli laptop gaming sekelas Alien Ware yang di bandrol sampai mendekati 20 juta rupiah. Kita cukup gunakan laptop kelas menengah yang saat ini bisa di dapatkan dengan harga sekitar 4 - 5 juta. 

Spesifikasi yang di Rekomendasikan

Untuk yang hanya butuh ketik mengetik sudah cukup menggunakan laptop dengan prosesor sekelas intel core 2 duo maupun intel core i5 dengan RAM 1 GB. Dengan spesifikasi seperti itu, insyaAllah kamu sudah bisa menjalankan perangkat lunak pengolah kata dengan baik.

Sedangkan untuk laptop yang digunakan untuk yang terjun di bidang multimedia seperti saya maupun gaming, ada baiknya memilih laptop yang lebih baik. Kenapa? Karena kebanyakan perangkat lunak di bidang multimedia membutuhkakn kemampuan yang lebih besar dari sekedar menjalankan software pengolah kata seperti LibreOffice dan Microsoft Word.

Mungkin kamu bisa melirik laptop dengan prosesor sekelas core i5. Meski dengan prosesor sekelas core i3 juga bisa namun kamu akan lebih terbantu apabila menggunakan laptop dengan prosesor sekelas core i5 atau core i7. Kalau untuk sekolah core i3 sepertinya masih cukup, namun untuk dunia professional sepertinya lebih baik menggunakan core i5 atau yang lebih bagus.

Laptop multimedia dan gamingnmu akan lebih baik apabila menggunakan RAM minimal 2GB. Apabila kamu menggunakan sistem operasi 64bit, kamu bisa menambahkan RAM hingga 8GB.

Spesifikasi laptop multimedia memiliki harga cenderung mahal, yaitu diatas 5 juta. Apabila kamu hanya menggunakan laptop tersebut untuk pekerjaan kantoran yang relatif ringan, sayang spesifikasi yang mumpuni tidak digunakan sebaik-baiknya. Beda cerita kalau selain digunakan untuk kegiatan kantoran yang ringan-ringan, kamu juga menggunakannya untuk bermain game-game yang berat.

Saya tidak terlalu ambil pusing dengan spesifikasi hardware, apalagi untuk user yang tidak memiliki kebutuhan khusus untuk laptopnya. Karena biasanya untuk bidang multimedia membutuhkan spesifikasi khusus seperti tersedianya HDMI, Firewire (masih musim?) dll :D.

Dana yang Disediakan untuk Membeli Laptop

Setiap ada teman yang meminta saran kepada saya untuk dicarikan laptop sesuai dengan kebutuhannya, saya selalu menanyakan berapa dana maksimal yang sudah dianggarkan untuk membeli laptop. Kenapa harga maksimal yang saya tanyakan? Karena untuk mempermudah filter tentang harga yang sudah ditentukan.

Jangan sampai hanya demi membeli laptop kamu harus mengeluarkan uang yang berdarah-darah (alay) :D. Belilah sesuai dengan kemampuan, tidak perlu memaksakan. Karena apapun laptopnya saya percaya kalau bisa memenuhi kebutuhan kita, meski terkadang membuat kita sedikit lebih ngoyo. Hehe

Apabila kamu sudah menentukan sebuah laptop namun harganya belum terjangkau, sedangkan kamu benar-benar butuh laptop, ada baiknya kamu membeli tipe lain yang hampir mirip. Tidak perlu menunggu hingga harga turun, karena apabila harga turun pasti ada produk baru yang lebih keren dan bikin kamu enggak jadi beli laptop :D

Atau kalau mau, silakan beli laptop second yang terkadang juga masih baik-baik saja. Ada baiknya dalam membeli laptop second ditemani oleh seseorang yang lebih paham dengan laptop daripada membeli sendiri.

Merk Laptop

Merk laptop merupakan hal yang perlu dipertimbangkan, terutama untuk yang ingin laptopnya benar-benar awet. Beberapa merk laptop yang saya percayai awet sampai saat ini adalah Lenovo dan Dell. Selama ini saya menggunakan kedua laptop tersebut.

Lenovo G450 merupakan laptop yang saya beli di Jogjatronik pada Januari 2010. Pernah jatuh dalam kecelakaan sampai menyebabkan layar pecah dan akhirnya mengharuskan saya untuk menggantinya. Selain layar pecah, tidak ada yang rusak. Berikut gambar laptop ini setelah mengalami kecelakaan dan masih bisa menyala dengan baik
Lenovo G450
Lenovo G450
Laptop ini juga kuat digunakan untuk melakukan rendering animasi 3D dan simulasi. Rendering terlama yang pernah saya lakukan dengan laptop ini adalah 3 hari 3 malam nonstop dengan kondisi prosesor 100% bekerja. Sehingga tidak bisa digunakan untuk apa-apa selain rendering.

Dell XPS 15 L502X merupakan laptop yang masih saya gunakan hingga saat ini. Kondisinya masih sangat baik hingga saat ini. Saya laptop second pada awal tahun 2013.
Dell XPS 15
Dell XPS 15
Untuk masalah merk bisa coba lihat di sekeliling kita, merk apa yang digunakan oleh teman-teman kita yang seprofesi maupun sehobi. Apa kendala yang dialami oleh mereka? Di lingkungan saya, ada dua merk laptop yang tidak saya pertimbangkan lagi setelah apa yang terjadi pada teman-teman saya. Yaitu merk HP.

Untuk Laptop HP 431 yang digunakan oleh beberapa teman saya memiliki beberapa masalah sebagai berikut
  • Bermasalah dengan casing / tampilan, sehingga dalam waktu kurang dari 6 bulan warna pada casing sudah mulai rusak. Kesan jorok jadi tampak pada laptop. Cat mengelupas dengan sendirinya, bahkan pada laptop yang jarang dipakai. Ini tidak terjadi pada satu laptop saja, namun beberapa laptop yang digunakan oleh teman saya mengalami hal serupa.
  • Bermasalah dengan kipas, hal ini juga terjadi di semua laptop teman saya. Mereka sering mengeluhkan laptop sering mati sendiri, ternyata hal ini disebabkan oleh kipas laptop yang bermasalah. Bahkan dua dari beberapa teman saya sudah mengganti kipas laptopnya.
Buat yang penasaran dengan laptop HP yang saya maksud bisa cek gambar di bawah ini.

Laptop HP 431
Laptop HP 431
Laptop tersebut sengaja diberi stiker oleh teman saya Weka karena warnanya sudah mengelupas dan menampilkan keesan yang jorok seperti berkarat. Setidaknya dengan stiker tersebut sudah tidak terlalu tampak kesan yang jorok.

Kesimpulan

Untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya kamu memperhatikan kebutuhan, serta mempertimbangkan daya beli. Jangan terlalu memaksa untuk membeli sebuah laptop apabila memang belum mampu. Pilihlah laptop yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan juga cocok untuk di kantong ;)

Semoga kamu bisa mendapatkan laptop yang benar-benar pas buat kamu. Mungkin kamu punya pertimbangan lain tentang kiat-kita memilih laptop? Apabila memang ada silakan tinggalkan komentar, siapa tahu komentar kamu bermanfaat buat teman-teman yang lain :)

Salam

You Might Also Like

1 comments

  1. kalo saya sering di bidang multimedia gan, makasih gan sharenya.

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe