Rame Rame Share Cost Backpacker ke Bawean

Selasa, April 14, 2015

Setelah perjalanan backpacker ke karimunjawa beberapa bulan lalu, entah kenapa aku mulai suka dengan aktivitas laut. Mungkin memang benar apa kata lagu bahwa nenek moyangku seorang pelaut. Ini pertanda bahwa dalam darahku mengalir darah seorang pelaut :D. Kalau cari paket wisata karimunjawa langsung kontak aku aja, ada paketan mahasiswa maupun kantoran yang asyik buat liburanmu.

Dari situ aku mulai banyak cari informasi spot spot menarik yang enggak terlalu jauh dari Surabaya, biar enggak terlalu habis banyak untuk liburannya. Akhirnya pilihanku jatuh pada salah satu pulau yang masih masuk wilayah gresik, yaitu Bawean! Aku pengen kesana, entah kapan! hehe

Kenapa Pengen ke Bawean?

Lautan biru di bawean
Lautan biru di bawean

Aku pengen ke Bawean karena aku pengen menikmati laut yang belum terlalu banyak dijamah orang. Bawean bisa dibilang masih perawan, karena belum banyak yang menikmati keindahan lautnya. Itu salah satu alasan kenapa aku pengen ke Bawean. Ndelalah ketemu orang yang mau sharecost backpacker ke bawean yang cukup murah dibanding paketan wisata yang ada :D.

Susahnya Mencari Info Tentang Bawean

Dari rasa penasaran itu akhirnya aku coba browsing kemana mana buat cari informasi tentang pulau tersebut namun hasilnya sangat mengecewakan. Sangat sulit menemukan informasi tentang bawean untuk backpacker. Ada beberapa paket wisata yang tergolong mahal menurutku. Paling murah sih 1,1 juta! Lebih mahal dari Karimunjawa yang lokasinya lebih jauh dari Surabaya lho!

Akses informasi di Bawean benar-benar susah, jauh lebih susah jika dibandingkan dengan cari informasi tentang traveling ke Karimunjawa. Setiap informasi yang aku dapatkan selalu nanggung dan berujung untuk menggunakan paket wisata tertentu. Males banget deh :D.

Yang paling gampang ditemuin adalah informasi tentang kapal yang menyebrang ke Bawean. Karena satu-satunya cara untuk menuju Bawean adalah naik kapal laut. Meski sudah ada lapangan terbang, namun belum digunakan. Kecuali kalau kamu mau sewa helikopter atau naik pesawat pribadi :D.

Dapat Temen Sharecost Backpacker ke Bawean

Temen sharecost backpacker ke bawean
Temen sharecost backpacker ke bawean

Untung saya nemu informasi sharecost tersebut dari forum yang bisa dibilang sangat murah jika dibandingkan paket wisata yang ditawarkan. Yaitu sekitar 800 ribuan saja. Karena aku cuma tim hore, lihat budgeting yang bener-bener minim abis langsung ikut aja deh :D. Berikut bugdeting yang disusun oleh temen-temen 
  • Penginapan 150.000 x 3 malam = 450.000 : 10 orang = 45.000/orang
  • Sewa perahu 700.000 : 10 orang = 70.000/ orang
  • Makan 20.000 x 8 = 160.000/ orang
  • Alat snorkling 50.000 x 1 hari = 50.000 orang (mask -fin-life jacket)
  • Guide 400.000 : 10 orang = 40.000/ orang
  • Kapal express PP 302.000/ orang
  • Angkot st. Pasar turi - gresik 10.000/ orang
  • Sewa mobil L300 + (tour darat) 600.000 x 2 hari = 1.200.000 : 10 orang = 120.000/ orang
  • Total budget keseluruhan /orang = Rp 797.000
Dengan asumsi satu kelompok terdiri dari 10 orang, dan ternyata ketika berangkat total orang yang ngikut ada 11 orang. Mayan banyak lah. Saya kurang tau gimana loby-loby para inisiator sharecost ini. Karena cuma ngikut :D.

Itenary Backpacker di Bawean

Dengan anggaran dana segitu ternyata masih ada nambah enggak sampai 100 ribu rupiah untuk beberapa hal yang tak terduga. Jadi anggap aja butuh dana sebesar 900 ribu rupiah. Untuk itenary perjalanan selama di bawean adalah sebagai berikut


Hari  Jam Kegiatan
Hari Pertama  07.00 Meeting Point di Pelabuhan Gresik
09.00 - 12.00 Menyebrang dengan Kapal Bahari Ekspress 1 C
12.00 - 14.00 Istirahat di homestay 
15.00 - 19.00 Sunset di Tanjung Ga'an
19.00 - besok Bebas + Istirahat.
Hari Kedua  - Sarapan 
- Pantai Jherat Lanjheng
- Danau Kastoba
- Pemandian Air Panas
- Pantai Labuan
- Kembali ke Homestay dan Istirahat.
Hari Ketiga  Sarapan 
- Pulau Gili 
- Snorkling 2 kali
- Pulau Noko (Sunset)
-Pulau Selayar
- Kembali ke Homestay dan Istirahat
Hari Keempat  09.00 - 12.00 Naik Kapal kembali ke Gresik
12.00  Perpisahan di Pelabuhan Gresik

Itenary diatas dalam prakteknya banyak yang berubah :D, makanya simak terus kelanjutan postinganku tentang perjalanan sharecost backpacker ke pulau Bawean. Supaya tahu spot-spot yang lainnya yang tidak tercantum di itenary.

Cara Menuju ke Bawean dari Surabaya

Dari Surabaya ke bawean bisa melalui pelabuhan gresik. Untuk angkutan umum dari Surabaya ke Pelabuhan gresik aku enggak begitu paham, tapi ada kok satu angkot dari pasar turi yang berhenti di depan pelabuhan. Jadi enggak perlu oper-oper kerndaraan umum dengan biaya sebesar 6 ribu rupiah. Kalau gak salah warna angkotnya biru muda.

Selain itu paling mudah memang naik kendaraan pribadi atau nyarter angkot seperti yang kemarin dilakukan temen-temen. Kebetulan salah seorang temen punya saudara yang bisa antar jemput rombongan kita.

Informasi Jadwal Kapal ke Bawean

Pelabuhan di Gresik
Pelabuhan di Gresik
Berikut informasi kapal ke bawean yang aku dapetin di sekitar pelabuhan bawean dan gresik. Semoga bisa bermanfaat untuk temen-temen yang cari infor jadwal kapal ke bawean. Jadwal dan harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu. Kalau ada update informasi tolong kasih tahu ya, biar aku bisa update di halaman ini juga. Karena aku kan enggak ngikutin perkembangan harga tiket kesananya :D.

Jadwal Kapal Bahari Ekspress 1C

Hari Tujuan Jadwal Keberangkatan
Senin Bawean - Gresik 09.00
Selasa Gresik - Bawean 09.00
Rabu Bawean - Gresik09.00
Kamis Gresik - Bawean 09.00
Jumat OFF OFF
Sabtu Bawean - Gresik 09.00
Minggu Gresik - Bawean 09.00
Kapal bahari ekspress 1C merupakan kapal yang sama dengan bahari ekspress 2c yang beroperasi di Karimunjawa. Berikut harga tiket untuk kapal bahari ekspress 1C Gresik - Bawean PP.
  • Ekonomi: Rp. 132.500,00
  • Eksekutif: Rp. 146.500,00
  • VIP: Rp. 162.500,00

Jadwal Kapal Natuna Ekspress

Hari Tujuan Jadwal Keberangkatan
Senin Gresik - Bawean 09.00
Selasa Bawean - Gresik 09.00
Rabu Gresik - Bawean09.00
Kamis Bawean - Gresik 09.00
Jumat OFF OFF
Sabtu Gresik - Bawean 09.00
Minggu Bawean - Gresik 09.00

Menurutku Natuna Ekspress bawean lebih nyaman jika dibandingkan dengan kapal bahari ekspress. Interior dan tempat duduk bener-bener nyaman untuk kelas eksekutif. Harga tidak jauh berbeda dengan bahari ekspress yaitu.
  • Eksekutif : Rp .146.500
  • VIP : Rp. 162.500

Jadwal Kapal Gili Iyang

Hari Tujuan Jadwal Keberangkatan
Rabu Paciran - Bawean 21.00
Jum'at Bawean - Gresik 09.00
Jum'at Gresik - Bawean21.00
Minggu Bawean - Paciran 09.00
Kapal Gili Iyang ini menempuh perjalanan sekitar 8 - 10 jam. Selain penumpang, kapal ini juga bisa mengankut kendaraan seperti motor dan mobil. Berikut tarif penyebrangan menggunakan kapal ini.
  • Dewasa: Rp. 76.000,00
  • Anak-anak: Rp. 59.000,00
Sama seperti kapal siginjai dari Jepara ke Karimunjawa, pembelian tiket kapal ini langsung di pelabuhan sebelum keberangkatan.

Perlunya Guide Lokal

Kalau mau keliling di bawean sendiri sebenarnya bisa sih, tapi bakal bener-bener kesulitan apalagi kalau kamu enggak bisa bahasa madura dengan faseh. Karena selama perjalanan kebanyakan orang yang kutemui tidak begitu mahir bahasa Indonesia, terutama di daerah tengah pulau bawean. Karena bahasa yang mereka gunakan sehari-hari adalah bahasa madura. 

Di daerah pinggiran dermaga kita masih bisa dengan mudah menemukan orang-orang yang bisa berbahasa jawa dan Indonesia sehingga ngobrol-ngobrol gampang, tapi kalau semakin ke tengah bakalan semakin sulit untuk komunikasi dengan orang sana.

Untuk saat ini yang lokal guide yang aku tahu sih cuma Mas Riri dan timnya. Untuk kontak masnya, langsung aja hubungi nomor 081249008255. Untuk tarif dll, tanya sendiri ya. Aku kurang begitu paham :D.

Cerita Lanjutan

Perjalanan selama 4 hari di bawean terlalu panjang kalau ditulis dalam 1 postingan. Aku bakal update ceritanya secara berkala sembari keliling buat jelajah spot wisata di blitar. Untuk yang pengen tahu kondisi asli perjalanan di bawean tungguin aja update blog ini, karena itenary diatas banyak yang berubah dan tentunya jauh lebih asyik :D.


You Might Also Like

10 comments

  1. terumbu karang dan ikan-ikan disana gmana? masih perawan juga kah? ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak tau kategori masih perawan sama enggaknya bang, tunggu aja next post ntar ada fotonya kok silakan dinilai sendiri :D

      Hapus
  2. Rental snorkeling equipments Rp50.000,-.. Cukup mahal juga ya.
    Mantep, ada panduannya juga untuk ke sana.

    Ini update dari cerita ane pas ke Bawean dalam bilingual:
    http://makanangin-travel.blogspot.com/2014/06/the-self-dependent-virgin-bawean.html

    _"It's not just about the destination, but the journey"_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang mas, termasuk mahal menurutku :D.

      Hapus
  3. Wish.... lihat dari hasil jepret teman-teman yang udah ke sana bikin ngiler!!!! apalagi setelah baca artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu juga ceritanya setelah kesana :)

      Hapus
  4. ada yang mau kesana gak ? bareng yuuk
    mau kesana nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga segera dapet barengan :D

      Hapus
    2. makasih mas infonya. rencananya saya 9-13 okt sharecost kesana

      Hapus
    3. Sama-sama mas, semoga liburannya menyenangkan :D

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe