Nyoba Nge-Review Xiaomi Yi Action Cam

Kamis, September 10, 2015

Beberapa bulan yang lalu aku udah pernah sedikit nge-review sjcam sj4000 wifi. Sebuah action cam generasi awal. Sekarang aku mau coba nge-review tentang action cam yang bernama Xiaomi Yi. Banyak banget temen-temen yang nanya, enaknya beli Xiaomi Yi atau SJCAM. Daripada capek njelasin pertanyaan yang mirip-mirip.
Kamera Xiaomi Yi
Kamera Xiaomi Yi
Di sini aku coba tulis sedikit tentang Xiaomi Yi, mungkin bisa bandingkan sendiri dengan tulisanku yang berjudul review sjcam sj4000 wifi. Meski sebenarnya kelasnya Xiaomi Yi ini jauh diatas SJ4000 Wifi, karena lebih pantas kalau dibandingkan dengan SJ5000 + yang mungkin akan aku tulis pada artikel yang lain.

Jadi, apa yang aku tulis di sini berdasarkan pengalaman dan pengetahuanku tentang kamera ini. Aku bukan seorang pakar di dunia ini, karena aku cuma sebatas end user yang sedikit sok tau dan mau nulis di blog tentang kamera yang belakangan juga booming ini.

Kelebihan Kamera Xiaomi Yi Action Cam

Pertama-tama yang mau aku bahas tentang kelebihan-kelebihan kamera ini. Namun sebelum mulai membahasnya, ada baiknya kamu lihat video di bawah ini yang akan membuatmu tahu bagaimana xiaomi mengemas produknya sehingga tampak cantik.

Video Unboxing Xiaomi Yi Action Cam

Beberapa waktu lalu aku beli kamera xiaomi yi yang standard dengan bungkus yang super duper minimalis yang isinya cuma ada kamera, baterai dan kabel USB. Berikut video unboxing yang sudah aku bikin. Maklum belum pengalaman bikin, mungkin lain kali kalau dapet barang baru lagi bakal aku coba buat unboxing.


Harga Minimalis untuk Kamera Minimalis

Kameranya udah minimalis dengan harga yang minimalis juga. Dengan bandrol sekitar 1.1 juta kamu cuma dapet kamera, baterai dan kabel UBS tok. Titik! Enggak ada adaptornya, jadi ya kudu beli sendiri. Kalau mau basah-basahan ya kudu beli waterproof case sendiri. Harganya bisa dibilang lumayan mahal sih sekitar 300an ribu.
Paket Standard Super Minimalis Xiaomi Yi
Paket Standard Super Minimalis Xiaomi Yi
Meski dari segi spesifikasi, bisa dibilang sangat murah. Lensa 16 MP wide udah bisa nangkep banyak hal meski sebenernya menurutku bener-bener susah kalau enggak ada LCDnya. Jadi kalau kamu ambil foto kudu pakai perasaan. Mungkin ini bisa dikasih sebutan baper cam juga. Semua serba kira-kira.
Aku sering protes dengan masalah ini ketika ngobrol sama temen-temen. Nggak ada LCD atau minimal viewfinder, tapi jawaban kebanyakan teman. Kan lensanya wide, jadi kelihatan semua. Oke, dari situ aku nyimpulin kalau kamera ini emang cocok buat selfie-groufie. Yang enggak perlu ribet mikirin angle, komposisi (cie, komposisi...), lighting dan masih banyak yang lain.

Kan bisa pakai wifi hape, emang bisa sih tapi yo uangel bos. Satu pegang hape, satu pegang monopod udah gitu hapenya touchscreen. Udah begaya macam mana sambil liat ke kamera ternyata tombolnya enggak ke-dulek. Kesel bos.

Aplikasi Android yang Lumayan Mudah

Kenapa anak-anak kekinian kudu make action cam kalau cuma buat selfie / groufie. Hape kalian kan bisa buat selfie / groufie.

Itu kata temenku. Aku juga jadi mikir sih sebenernya apa sih tujuan utama dibuatnya action cam. Kalau dilihat dari namanya sih sebenernya ini kamera buat beraksi, entah itu untuk olahraga, maupun untuk kegiatan lainnya. Namun dengan adanya fitur wifi ini, kamera semacam ini jadi bisa juga digunakan untuk selfie maupun groufie. Jadi ya terima aja saja kalau ada yang bilang kamu selfie cam.
Aplikasi Android Xiaomi Yi
Aplikasi Android Xiaomi Yi
Dukungan aplikasi android xiaomi yi bener-bener keren. Fitur kameranya asyik mulai dari UI, hingga pilihan menunya. Hampir semua bekerja normal lah, beda sama aplikasinya sjcam yang kadang kala crash dan entahlah ribet banget.

Cara mengkoneksikan kamera ke smartphone juga bisa dibilang sangat mudah. Aku pakai smartphone Redmi 2S bisa langsung buka aplikasi yi trus otomatis deh nyari. Yang tadinya terhubung ke wifi router bisa otomatis pindah ke wifinya kamera tanpa susah payah milih wifi sendiri secara manual.

Selain itu pada mode preview kita bisa lihat thumbnail foto sehingga bisa langsung tahu dengan melihat dan bisa mendownload yang kita inginkan saja. Jadi bisa cepet-cepetan upload buat yang pengen ngeksis.

Galeri Foto Xiaomi Yi
Galeri Foto Xiaomi Yi
Satu lagi yang bikin salut sama aplikasi android dari Yi Cam, rutin update untuk memperbaiki bugnya. Berbeda dengan Sjcam yang jarang banget update. Apalagi updatenya juga bisa dibilang otomatis. Kita cuma tinggal konfirmasi ya update firmware dan tunggu udah jalan sendiri. Bedan sama update firmware sjcam sj5000+ yang udah aku tulisprbeberapa waktu lalu.

Jual Action Cam Berbagai Merk
Kalau kamu bingung mau beli action cam apa, coba deh buka halaman jual action cam berbagai merk.

Entah kenapa beberapa hari ini stream untuk fotonya agak kacau, padahal awalnya lancar2 saja. Mungkin akan segera ada update aplikasi android maupun firmwarenya. Kamu bisa download terbaru di google play atau

Download Aplikasi Xiaomi Yi di Android

Kualitas Foto dan Video Bagus

Sejak pertama menggunakan kamera ini, aku langsung jatuh hati sama hasil fotonya yang bisa dibilang cukup bagus menurutku. Aku enggak begitu ngerti tentang hasil jepretan, dimata orang awam kamera sepertiku, hasilnya sudah cukup bagus dan memuaskan. Kurang tahu kalau di mata para fotografer. Karena aku kan cuma suka moto tapi bukan fotografer :D.

Hasil foto ketika siang hari yang terik
Hasil foto ketika siang hari yang terik
Meskipun malam hari dengan sedikit penerangan kamera ini juga sudah bisa menangkap bulan beserta awan-awannya. Tapi kalau dari posisi moto terlalu minim cahaya agak susah juga sih bisa dapet gambar bagusnya.

Hasil Foto Xiaomi Yi di Malam Hari
Hasil Foto Xiaomi Yi di Malam Hari
Selain hasil foto yang bagus, video dari yi action cam ini juga bagus. Setiap bikin video, sekarang selalu pakai full hd 60fps. Selain bagus, videonya juga bener-bener halus. Mulai ketagihan deh sama video 60fps :D. Videonya bisa lihat di sini.

Catatan : Kedua foto diatas (foto siang terik + malam hari) merupakan gambar asli dari kamera yang cuma mendapatkan proses editing sebatas resize ukuran dan export dengan gimp save for web.

Baca juga : Review Go Pro Hero 4 Silver Edition

Baterai yang Hemat

Jika dibandingkan dengan sjcam, Yi ini bisa dibilang benar-benar hemat di baterai meskipun aku pakai remote wifi. Mungkin baterai bisa dihemat lantaran tidak adanya LCD untuk menampilkan preview, sehingga baterai benar-benar hemat.

Jadi kalau ada event bentar aku selalu bawa 3 baterai jarang sampai bener-bener habis. Kecuali kalau untuk bikin video terus mungkin akan lebih cepat boros.

Kekurangan Xiaomi Yi Action Cam

Kata pepatah kan tidak ada yang benar-bener sempurna, sekarang mau nulis beberapa tulisan yang menurutku kekurangan dari kamera ini. Dibandingkan kekurangnnya, menurutku kelebihannya juga jauh lebih menarik untuk dilihat.

Aksesoris Dijual Terpisah

Sebenarnya ini bisa jadi positif maupun negatif, tergantung bagaimana menilainya. Mungkin bagi yang enggak perlu beragam aksesoris bisa jadi ini merupakan hal yang menguntungkan. Karena bisa dapat harga yang lebih murah jika dibandingkan jika membeli aksesoris.

Tapi buatku ini merupakan sebuah kekurangan yang mana aksesoris dijual terpisah dengan harga yang lebih mahal dibanding kompetitornya. Jadi buat yang pengennya macem-macem, kudu ngeluarin kocek yang lumayan untuk menikmati beragam fasilitas yang ada.

Tidak Ada LCD Bikin Ribet

Ini merupakan hal yang membuatku kadang agak bingung untuk memutuskan memakai kamera ini. Karena aku kalau moto enggak asal moto aja. Pengennya itu kelihatan bagaimana hasil / view yang pengen aku jepret.

Kan bisa pake hape? Iya emang bisa tapi ribet buanget. Udah pernah nyoba di jalanan kudu make 2 gadget untuk bisa menghasilkan gambar yang diinginkan? Belom lagi kalau lagi snorkling. Yang kamu lakukan hanya bisa menekan tombol dan berdoa supaya hasilnya bagus.

Super duper rempong buat yang sering aktivitas di perairan. Udah baca cerita jalan-jalan di pantai ngandong Gunung Kidul Jogja? Meski udah make kamera ini tapi ternyata ketika bergaya kameranya enggak ngrekam. Malah waktu niatnya dimatiin ngrekam. Alhasil yang nongol gambar yang enggak diharapkan. Makanya enggak banyak dokumentasinya -_-.

Apalagi kalau mau buat video macem-macem, bener-bener susah tanpa adanya LCD. Mungkin dengan tidak adanya LCD ini juga bisa menghemat daya baterai seperti yang sudah aku tulis diatas. Kalau cuma asal wide bisa pakai, tapi kalau mau ngatur-ngatur posisi susah banget mengandalkan insting.

Kesimpulan

Yi Action Cam merupakan salah satu action cam minimalis dengan fitur dan dukungan yang benar-benar keren. Sangat cocok untuk siapapun yang ingin mengabadikan moment. Tapi untuk yang suka dengan penampilan visual mungkin kurang cocok karena tidak adanya LCD dan ribet kalau harus memakai gadget dan kemara.
Jepretan Xiaomi Yi Action Cam
Jepretan Xiaomi Yi Action Cam
Untuk aksesoris tambahan yang macam-macam apalagi original butuh kocek yang tidak sedikit juga. Selain itu kabar gembiranya, aksesoris yang ada di sjcam pun sebenernya bisa digunakan di perangkat ini karena pada dasarnya sama. Tinggal ngakalin aja sih.

Lensa yang wide dengan resolusi 16 MP tidak kalah dengan kamera DSLR meski pengaturan kameranya sangat minim. Namun sudah worthed lah untuk harga segitu. Kamu punya pengalaman lain dengan kamera ini? Tinggalkan pengalamanmu di kolom komentar :)

Jual Paket Kamera Xiaomi Yi Action Cam


Berhubung banyak yang nanyain dimana belinya. Yaudah aku mau jualan paket kamera yi buat kamu yang enggak mau ribet kudu beli macem-macem. Pilihan paketnya enggak bisa diotak atik ya. Kalau otak atik kena harga barang satuan enggak paketan.

Pengiriman barang dari Jakarta sehingga lebih murah menjangkau ke daerah-daerah yang cukup jauh. Daripada pengiriman dari Blitar tempatku tinggal saat ini. Adapun paket kamera yang aku tawarkan kamu bisa lihat di halaman jual paket kamera xiaomi yi.

You Might Also Like

6 comments

  1. nyesel beli sjcam 5000+ 2,5jt mending beli xiaomi yi

    BalasHapus
  2. Trimakasih mas pandu review nya.. Menurut pngalaman saya menggunakan yi cam cukup memuaskan. Dgn paket pilihan aksesoris terpisah mnurut saya pribadi justru menguntungkan krn saya bisa lebih selektif membeli acc tambahan sesuai kbutuhan n skarang varian acc ny sudah lumayan variatif dpasaran. Untuk lcd ya balik lagi ke user krn semakin sering menggunakan semakin mengasah intuisi untuk mendapatkan view yg oke.. Overall action cam ini better dibanding sekelasnya.. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, untuk hasil jepretannya memang sudah cukup memuaskan, cuma agak rempong aja harus jual terpisah, soalnya niat untuk beli ini bisa buat mainan di air juga :D. Sekarang variasi aksesoris tambahannya juga udah mulai banyak.

      Para fotografer pun masih butuh viewfinder buat ambil gambar :)

      Hapus
  3. Jadi lebih kuat pilihan buat ambil xiaomi yi..

    Makasih mas pandu reviewnya..

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe