Menikmati Kuliner Botok Tawon

Sabtu, Juli 02, 2016

Botok Tawon
Botok Tawon
Botok Tawon merupakan salah satu menu makanan yang menurutku unik dan cukup enak. Beneran, aku termasuk suka dengan Botok Tawon. Meski ada satu jenis botok yang kurindukan, yaitu Botok Yuyu atau yang biasa disebut dengan Kendo di daerah Ngadirojo, Pacitan.

Ada juga botok impun yang terbuat dari ikan-ikan kecil yang baru menetas dari telurnya (disebut impun). Di Ngadirojo, Pacitan ada masa dimana mendungnya kelihatan nanggung banget, nah gini ini biasanya disebut dengan mendung impun, biasanya tidak lama setelah itu banyak yang jualan impun dan hanya berlangsung satu dua hari saja.

Kok jadi mbahas aneka jenis botok, oke kembali lagi ke botok Tawon. Botok Tawon tidak terbuat dari tawon-tawon yang beterbangan, karena tawon yang digunakan dalam masakan ini adalah tawon kecil-kecil yang masih ada dalam sarangnya dan belum bisa terbang (larva tawon), bukan tawon yang sudah bisa terbang.

Penjual Botok Tawon Musiman

Aku enggak tahu kenapa kok penjual botok tawon di Blitar itu musiman, jenis makanan ini akan bermunculan ketika bulan Ramadhan. Namun seperti lenyap ketika hari biasa. Di Blitar, botok tawon bisa dengan mudah ditemui di Jl. Ayani Kota Blitar, mulai dari depan Telkom sampai dengan depan bank BRI. Yang aku heran ketika tidak ramadhan dimana mereka jualan?

Harga yang dibandrol untuk sebungkus botok tawon di Jl. Ayani Kota Blitar ketika ramadhan adalah 10 ribu rupiah. Mahal banget menurutku. Ternyata setelah adzan maghrib berkumandang harganya bisa turun hanya tinggal 5 - 6 ribu saja. Harga 10 ribu hanya berlaku sebelum adzan maghrib. Begitu adzan, harga bisa turun.
Makan Botok Tawon
Makan Botok Tawon
Yang aku bingung, kemana mereka jualan kalau enggak puasa? Libur kah? Atau memang jualan botok tawon hanya ketika ramadhan saja? Sungguh naas, nasib para tawon, Ramadhan bukanlah bulan penuh berkah, tetapi bulan pembantaian. Karena mereka dibantai untuk memuaskan nafsu manusia-manusia sepertiku ini.

Selain ramadhan memang cukup sulit menemukan penjual botok tawon ini. Entah kenapa kok sulit banget. Padahal di Kampung Coklat itu penjual Botok Tawon ada terus lho. Harganya 8 ribu rupiah, belum termasuk tiket masuknya yang 5 ribu rupiah.

Tapi sayangya kebanyakan penjual botok tawon tidak menerapkan komposisi yang seimbang. Karena dalam satu bungkus botok tawon kelapanya jauh lebih banyak dibandingkan tawonny. Belum nemu penjual botok tawon yang komposisinya bener-bener pas.

Khasiat Botok Tawon

Satu Sendok Botok Tawon
Satu Sendok Botok Tawon

Banyak yang mengkategorikan botok tawon ini merupakan kuliner yang ekstrim, karena mungkin bayangan mereka kita akan memakan tawon yang beterbangan. Beberapa orang bisa merasakan gatal setelah memakan botok tawon karena alergi. Tapi enggak ada salahnya kan buat dicoba?

Aku sendiri kurang tahu sih apa manfaat makan botok tawon selain enak dan mengenyangkan. Berikut beberapa khasiat memakan botok tawon menurut ayopreneur
Dipercaya, botok tawon memiliki nutrisi yang mampu menguatkan stamina tubuh, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi rasa pegal dan konon bila dikonsumsi secara rutin, botok tawon bisa berkhasiat menyembuhkan penyempitan sel tubuh dan penyumbatan pada sendi.
Apakah kamu tertarik mencoba botok tawon yang enak ini?  

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe