26 Januari 2019

Itinerary 3 Hari JR Tokyo Wide Pass

Tokyo Wide Pass merupakan salah satu kartu dari operator kereta api jepang yang populer, yaitu JR (Japan Rail). Daripada menggunakan JR Pass yang harganya lumayan, itinerary liburan ke Jepang kemarin aku hanya memanfaatkan Tokyo Wide Pass yang berlaku selama tiga hari saja.

Sebelum berbagi itinerary 3D menggunakan Tokyo Wide Pass, aku mau cerita sedikit tentang hal-hal yang perlu kamu ketahui dari Tokyo Wide Pass ini. Kartu sakti ini hanya boleh dibeli oleh mereka pemegang paspor non Jepang yang datang menggunakan visa turis.

Apa Itu Tokyo Wide Pass?

Tokyo wide pass merupakan tiket terusan yang membuatmu bebas naik kereta api di Tokyo dan daerah Kanto tanpa harus pusing membayar tiket di setiap stasiun. Tiket terusan ini dapat digunakan selama tiga hari berturut-turut. Kamu juga bisa menggunakan tokyo wide pass ini untuk naik kereta Shinkansen cuy! Kereta super duper cepat di Jepang yang juga super duper nyaman banget. Kamu bisa dengan mudah dan murah mengunjungi beberapa tempat populer di Jepang seperti Gunung Fuji, Izu dan Kairuzawa serta Gala Yuzawa.

Tokyo Wide Pass ini hanya bisa dibeli di Jepang, nggak bisa booking online. Aku dulu beli di Bandara Haneda. Selain di Haneda, kamu bisa dapatkan juga di Narita, Stasiun Tokyo, Stasiun Ueno, Shibuya, dan beberapa stasiun lain.

Oh iya, ketika membeli tokyo wide pass, kamu harus menginformasikan mulai kapan kartu akan dipakai. Karena tanggal penggunaan kartu akan dicetak di kartu. Seperti yang tertera pada gambar di bawah ini

 Tiket Tokyo Wide Pass
Tiket Tokyo Wide Pass

Kenapa Harus Beli Tokyo Wide Pass?

Satu alasan harus membeli Tokyo Wide Pass adalah harganya yang super duper murah! Bayangin aja, hanya dengna uang ¥ 10.000, kamu sudah bisa naik kereta shinkansen PP dari Shinjuku Station ke Gala Yuzawa. Padahal tarif reguler dari Shinjuku ke Gala Yuzawa adalah ¥ 6700an. Kalau PP sudah lebih dari ¥ 10.000 bukan? Sehari kalau mau kamu bisa naik shinkansen ini berkali-kali. Cocok untuk kamu yang railfans :D.

Tokyo Wide Pass ini merupakan salah satu cara Jepang menarik wisatawan mancanegara, karena tanpa paspor dan visa turis kamu nggak bisa membeli kartu sakti ini. Temenku yang ketemu di shinjuku itu pun cerita, dia kuliah di Jepang nggak bisa beli kartu ini karena nggak pakai visa turis. Jadi, sebagai turis, manfaatkanlah sebaik-baiknya kartu sakti macam ini, supaya liburanmu lebih terjangkau.

Selain itu, pemegang kartu JR Tokyo Wide Pass ini bisa keluar masuk stasiun melalui pintu khusus. Nggak perlu ngetap kartu, hanya cukup menunjukkan ke petugas yang berjaga dipintu untuk lewat. Udah deh lewat.

Kalau kamu ke Gala Yuzawa menggunakan Tokyo Wide Pass, kamu akan dapat promo yang cukup menarik, berikut promo yang bisa kamu dapatkan ketika mengunjungi Gala Yuzawa dengan kartu sakti ini
  1. Diskon Gondola One Day Pass di Gala Yuzawa! Harga normal ¥ 3.300, bisa kamu dapatkan hanya dengan ¥ 2.500. Kalau pakai sewa sarung tangan, harga normal ¥ 4.300 kamu cukup bayar ¥ 3.000. Murah kan?
  2. Diskon Tiket Ski
  3. Diskon berendam air panas di Spa Gala no Yu
Kurang penak piye jal menurutmu? Jalan-jalan di Jepang sebagai turis itu transportasinya jauh lebih murah jika dibandingkan sebagai pelajar / pekerja. Wisatawan dapat perlakuan khusus di Jepang.

Tokyo Wide Pass Bisa Kemana AJa?

Tokyo Wide Pass bisa digunakan naik kererta api apapun baik yang harus dipesan maupun tidak. Berikut daftar kereta api JR dan kereta api lokal yang bisa kamu gunakan menggunakan kartu sakti ini.
  • JR East Lines 
  • Tokyo Monorail 
  • Izu Kyuko Line 
  • Fujikyu Railway 
  • Joshin Dentetsu Line 
  • Saitama New Urban Transit Line (New Shuttle) 
  • Tokyo Waterfront Area Rapid Transit Rinkai Line 
Untuk info lengkapnya bisa langsung buka halaman Tokyo Wide Pass yak! Karena aku udah mau nulis itinerary keliling menggunakan Tokyo Wide Pass selama 3 hari.
 Rute yang bisa dijangkau Tokyo Wide Pass
Rute yang bisa dijangkau Tokyo Wide Pass

Itinerary Hari Pertama dengan JR Tokyo Wide Pass

Dua tempat yang aku kunjungi di hari pertama menggunakan Tokyo Wide Pass adalah ke Gunung Fuji dan keliling Akihabara. Berangkat pagi dari daerah Asakusa menuju Gunung Fuji dengan rute sebagai berikut ini
  • Dari Asakusa Station
  • Naik Asakusa Line jurusan Nishi-Magome (Platform 1) 
  • Turun di Asakusabashi Station 
  • Oper ke JR Line Chuo-Sobu Line(Local) jurusan Nakano (Platform 1) 
  • Turun di Shinjuku.
  • Naik Chuo Line-Limited ExpressAzusa 55 jurusan Matsumoto
  • Turun di Otsuki Station. 
  • Oper Fujikyuko Line Fuji-Tozan-Densha 1 jurusan Kawaguchiko
  • Turun Kawaguchiko Station
Meskipun pada akhirnya cuma jalan-jalan di sekitar stasiun Kawaguchiko, sebenernya kamu bisa menikmati keindahan Gunung Fuji yang jaraknya gak sampai 1 km dari Stasiun ini. Oh iya, tidak lupa waktu di kawaguchiko aku bikin video tutorial yang nggak penting-penting amat, berikut videonya :D


Gunung Fuji merupakan gunung paling tinggi di Jepang yang bisa kamu nikmati dari pinggiran danau Kawaguchi. Lihat fotonya sih cakep-cakep. Jadi menyesal kemarin kenapa nggak mampir ke Gunung Fuji. Rencana awalnya mau naik ropeway sambil menikmati keindahan gunung fuji, sayangnya dua hari sebelum kedatanganku ropewaynya tutup untuk maintenance.

Pulangnya aku nggak perlu kembali ke Asakusa karena akan menginap di daerah Akihabara. Rute pulang dari Kawaguchiko menuju Akihabara adalah sebagai berikut ini
  • Kawaguchiko - Otsuki Station naik Fujisan View Express
  • Turun Otsuki Station
  • Naik Chuo Line-Limited ExpressSuper Azusa 
  • Turun Shinjuku Station
  • Naik Chuo Line jurusan Tokyo 
  • Turun Ochanomizu Station
  • Oper Chuo-Sobu Line(Local) jurusan Tsudanuma (Platform 3) 
  • Turun di Stasiun Akihabara
Malam hari di Akihabara bisa mampir ke maid cafe akihabara yang cukup hits. Kamu akan ditemani dedek-dedek gemes yang memakai kostum pembantu ala anime yang cantik-cantik. Silakan baca pengalaman mampir ke Maid Cafe Akihabara yang udah pernah aku tulis sebelumnya.



Itinerary Hari Kedua dengan JR Tokyo Wide Pass

Hari kedua menggunakan JR Tokyo Wide Pass nggak perlu main jauh, keliling aja di sekitaran pusat kota Tokyo yang populer. Seperti Shibuya, Shinjuku, Harajuku. Cuma jalan-jalan aja, nggak shoping macem-macem. Selain itu cuma nongkrong sambil ketemu temen sekolah dulu yang lanju S3 di Tokyo.

Selain jalan-jalan liat tempat-tempat populer dimana ada Patung Hachiko di depan Stasiun Shibuya, Ada juga crosswalking di Shibuya yang sempat jadi salah satu tempat adegan drifting film Fast Furious Tokyo Drift. Selain itu kalau mau jalan dikit, bisa menemukan Supeinzaka yang mirip-mirip suasana di Spanyol.

Harajuku merupakan salah satu jalan yang super duper rame, berasa kaya tempat nongkrong hitsnya anak gawl Tokyo. Emang banyak dedek-dedek gemesh hingga mama-mama gemesh di sini. Penjual aneka makanan dan pernak-pernik pun luar biasa komplitnya.
 Meiji Shrine di Harajuku
Meiji Shrine di Harajuku
Selain itu ada juga tempat wisata gratis di dekat Harajuku, namanya Meiji Shrine. Sebuah Shrine yang asri di pusat kota. Pepohonan besar masih mendominasi, suasananya pun sangat jauh berbeda dengan sekitarnya yang cenderung modern karena emang di pusat kota.
Itinerary Tokyo Wide Pass Day 2 : Tokyo Metropolitan Goverment Building
Pemandangan dari Tokyo Metropolitan Goverment Building
Setelah itu melipir bentar ke Shinjuku Stasiun, yang merupakan stasiun paling gede di Tokyo. Ada tempat wisata gratis juga di sana untuk pemegang kartu Tokyo Wide Pass, yaitu Tokyo Metropolitan Goverment Building. Penak to? Tower dengan ketinggian 243meter membuatmu bisa menikmati pemandangan keren kota Tokyo.
Senja Shinjuku Station
Menikmati sunset di Shinjuku, cukup bagus kok. Apalagi jembatan penghubung antara Stasiun Shinjuku dengan Takeshiyama Mall. Sebuah jam dinding raksasa dengan warna jingga yang merona ketika sore benar-benar menyenangkan. Apalagi kalau bersama teman yang menyenangkan ;).
Bersama teman sekolah
Bersama teman sekolah
Untuk rute stasiunnya silakan bisa pilih sesuka hati ya, karena emang berada satu jalur bahkan dari Shinjuku ke Harajuku itu kalau nggak salah cuma 2 stasiun. Lokasinya saling berdekatan dalam satu rute JR Yamanote Line yang ke cover sama Tokyo Wide Pass.

Itinerary Hari Ketiga dengan JR Tokyo Wide Pass

 Musim dingin di Jepang
Musim dingin di Jepang
Hari terakhir menggunakan Tokyo Wide Pass bisa meluncur ke Gala Yuzawa naik Shinkansen. Jarak Tokyo - Gala Yuzawa sekitar 300km ditempuh dalam waktu kurang lebih 90 menit saja. Cepet kan?Cuma berhenti di 6 stasiun. Itupun cuma berhenti 1 menit di setiap stasiunnya. Di Gala Yuzawa, kamu bisa mainan salju, belajar sky hingga berendam di air panas. Waktu paling tepat untuk main ke Gala Yuzawa adalah ketika musim dingin / winter, tapi jangan lupa persiapan liburan musim dinginnnya juga harus diperhatikan supaya nggak terganggu dengan dinginnya udara.
 Ghibli Museum
Ghibli Museum

Sepulang dari Gala Yuzawa bisa lansgung melipir ke Stasiun Mitaka untuk melanjutkan perjalanan mengunjungi Ghibli Museum, salah satu studio animasi dari Jepang yang populer, sekelas Walt Disney milik Jepang lah. Sayang banget kalau nggak mampir ke museum ini, meski nggak boleh ambil gambar  di dalam museum tapi sangat worthed kok buat dikunjungi.

Karena perjalanan cukup jauh dan melelahkan, dua destinasi di hari terakhir sudah lebih dari cukup. Selebihnya cuma jalan-jalan di Ameyoko karena satu rute sama penginapan yang berada di daerah Ueno juga.

Itinerary Tokyo Wide Pass

Itinerary di atas sudah aku lakoni sendiri beberapa waktu lalu ketika liburan ke Jepang. Mungkin kamu punya rekomendasi itinerary 3 hari dengan Tokyo Wide Pass? Tinggalkan komentar yak! Biar bisa membantu teman-teman yang ingin melakukan perjalanan ke Jepang juga. Siapa tahu mereka lebih cocok dengan itinerary yang kamu susun. 
Loading...
Temukan aku di Facebook, Instagram , Twitter!
Kalau artikelnya nggak muncul, coba deh matikan adblocknya ;)

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search