Import Project di Eclipse Error

error pada package dan project
Berhubung saat ini saya jarang membawa laptop ke kampus lantaran bebannya yang cukup berat untuk digendong setiap hari, saya memutuskan untuk menyimpan semua file-file percobaan yang saya kerjakan di Kampus pada sebuah flashdisk. Setelah semua percobaan selesai, saya buka ulang dengan Eclipse yang ada di rumah, terkadang muncul pesan error dan aplikasi tidak dapat dijalankan.

Ada beberapa cara yang saya gunakan untuk membuka project tersebut pada Eclipse, mulai dari copas folder ke workspace dan import maupun langsung import dan copy, namun hasilnya masih saja sama, aplikasi tidak dapat dijalankan. Apalagi sekarang memasuki materi tentang pembuatan GUI. Aplikasi tidak mau muncul sama sekali ketika di jalankan.

Masalah tidak ada dalam file java yang telah dibuat, karena tidak ada error sama sekali pada file tersebut, namun pada project maupun package muncul tanda silang yang berarti error. Setelah melakukan kroscek, ternyata penyebab semua itu adalah perbedaan sistem operasi yang saya gunakan di rumah dengan sistem operasi yang saya gunakan di kampus.

Di rumah saya menggunakan Ubuntu 11.10 Oenerix sedangkan di kampus saya menggunakan OSX. Yang mana pada sistem operasi Mac OS, secara otomatis membentuk sebuah file yang diawali dengan tanda "._". Sedangkan pada sistem operasi yang saya gunakan, tanda . diawal sebuah file maupun folder adalah file/folder yang disembunyikan (hidden). Hal ini mengakibatkan eclipse tidak berhasil membaca file tersebut sehingga muncul error pada project maupun package, namun tidak muncul pada file java.

Satu-satunya solusi, yaitu dengan menghapus file-file yang diawali dengan tanda ._, hal tersebut tidak berpengaruh pada coding yang sudah kita buat. Hasilnya juga masih tetap sama dengan apa yang telah kita kerjakan di Mac. Yang sedikit berbeda adalah  tampilannya, apabila di Mac semua sudah sesuai dengan keinginan, namun ketika dibuka di Ubuntu, kita perlu memperluas lebar JLabel, JTextField maupun lainnya.
Share on Google Plus

Pandu Aji Wirawan

Seorang pria tanpa pekerjaan dan tempat tinggal tetap yang menurut KBBI disebut gelandangan. Gelandang merdeka yang suka menulis tentang apapun yang diinginkan. Ada pertanyaan? Kirim email ke admin@panduaji.net atau isi form kontak
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus