Gathering Blogger Malang Bareng BCA

Rabu, November 30, 2016

Ngobrol Bareng Blogger Malang
Ngobrol Bareng Blogger Malang
Kamis, 10 Nopember 2016 aku dapat ajakan dari seorang teman untuk datang ke acara Ngobrol Bareng Blogger Malang yang diadakan oleh BCA dan Bblog. Meski membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari tempatku tinggal saat ini, tidak ada salahnya untuk mencoba tuk bergabung dengan teman-teman blogger dari Malang. Biar tahu lah dengan tetangga sebelah kota.

Siang itu aku berangkat dari Blitar sekitar pukul 14.00 dengan estimasi perjalanan sekitar 2 jam sehingga bisa mampir ngopi-ngopi dulu dimana gitu, ternyata Tuhan punya kehendak lain. Hujan deras turun selama perjalanan yang mengurangi jarak pandang mata sehingga biasanya yang perjalanan hanya membutuhkan dua jam, kini menjadi hampir 3 jam perjalanan. Jadi ya mepet banget sampai di lokasi.

Tidak sulit menemukan Golder Heritage Koffie Malang yang tertelak di Jl. Raya Tidar no 36  tempat dimana acara bareng blogger Malang berlangsung, dengan batuan navigasi google maps aku pun bisa sampai di lokasi dengan selamat tepat pukul 17.30.

Sekitar pukul 18.00 acara dibuka oleh dua MC yang memperkenalkan diri sebagai Mbak Hendita dan Mas Garuda. Sebelum acara diisi oleh Henasatya, seorang blogger yang katanya juga nulis buku ini, para blogger dipersilakan untuk menyantap hidangan yang sudah disediakan.

Ritual Foto Makanan
Ritual Foto Makanan
Mungkin sudah menjadi sebuah kebiasaan tersendiri untuk para blogger, setelah hidangan tersedia di meja masing-masing mereka akan memiliki 'ritual ibadah' mengabadikan makanan yang akan disantap.

Online Video Making by Henasatya

Henasatya dalam Ngobrol Bareng Blogger Malang
Henasatya dalam Ngobrol Bareng Blogger Malang
Usai santap malam, Acara langsung diisi oleh Henasatya, Pria asal Kalipare Malang Selatan yang saat ini sedang menggeluti bidang Online Video Maker. Bahasa sederhananya adalah Youtuber. Berikut beberapa materi dari Henasatya yang aku rangkum.
Tentukan Tujuan Bikin Video. Karena ini merupakan sebuah landasan kita memulai segala sesuatu. Dengan mengetahui tujuan membuat video, kita juga bisa membuat konten berdasarkan tujuan yang sudah kita tentukan sebelumnya. Konten merupakan jantung dari online video maker, jadi setelah berhasil menentukan tujuan, kita bisa dengan mudah memilih genre konten, baik itu yang berupa komedi, drama, horror, dll.

Bikin video itu alatnya enggak perlu ribet-ribet, maksimalkan yang sedanya saja. Namun secara garis besar itu ada empat komponen yang dipaparkan oleh si Hena, yaitu Alat (berupa kamera, lighting, mic, dll), Aktor, Ide dan Piranti lunak penyuntingan video. 
Setelah pilih platform yang tepat untuk setiap video yang dibuat. Ada beberapa platform populer di Indonesia saat ini yang memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Dengan menentukan platform, kita bisa bikin video sesuai dengan platform tersebut, misalnya ketika kita memilih instagram, pastikan durasi video tidak lebih dari 60 detik. Karena itu durasi maksimalnya. Kalau youtube sih bebas, tetapi jangan lebih dari 10 menit karena terlalu lama bakalan bikin bosan.
Hena biasanya dapat ide dari keresahan kehidupan sehari-hari dan melakukan observasi terhadap sesuatu. Sedangkan untuk mendapatkan uang, bisa menggunakan metode monetisasi dan product placement / endorse. Setelah selesai dengan pemaparannya, para blogger mulai bertanya tentang online video making ini.

SAKUKU, Dompet Elektronik Kekinian dari BCA

Mbak Diandra dari BCA
Mbak Diandra dari BCA sedang menjelaskan tentang Sakuku
Acara selanjutnya diisi oleh Mbak Diandra Amity yang memperkenalkan produk inovasi terbaru BCA yang bernama Sakuku. Aku sih pernah denger beberapa kali namun belum pernah belajar untuk ngertiin fitur ini. Untung Mbak Diandra bisa bikin aku ngertiin BCA Sakuku ini. 
Sakuku itu semacam dompet elektronik yang bikin kemu semakin cashless, karena enggak kudu bawa uang cash dalam jumlah banyak ketika main kemana gitu. Dengan Sakuku, kamu bisa belanja, isi pulsa maupun transaksi perbankan lain dengan mudah, praktis dan gratis! Kok bisa? Ya bisa dong, karena Sakuku menggunakan nomor ponsel sebagai nomor rekeningnya. Sehingga ponselmu sama dengan dompetmu. Semua bisa terkontrol dengan ponsel yang kamu bawa kemana aja kamu pergi. Apalagi dengan adanya PIN pengaman pada setiap transaksinya membuat kamu merasa lebih aman apabila menggunakannya untuk transaksi. Semacam  ATM tetapi di dalam handphone.
Sakuku merupakan dompet elektronik, yang namanya dompet itu diisi seperlunya saja. Karena kalau dompetnya ilang, kan bisa bermasalah uang yang ada di dalamnya. Hal tersebut juga berlaku untuk Sakuku, dengan mengusung konsep dasar sebuah dompet, transaksi di Sakuku dibatasi dengan saldo maksimum 1 juta rupiah. Apabila ingin mengisi saldo lebih banyak, kamu bisa aktivasi Sakuku Plus yang bisa diisi saldo hingga 5 juta rupiah.
CaraTop Up saldo Sakuku pun sangat mudah, hanya melalui menu transfer pada ATM BCA, m-BCA pada BCA mobile, dan KlikBCA Individu.  Selain itu, untuk mempermudah lagi proses top up Sakuku, kita bisa mengatur jadwal top up Sakuku otomatis via BCA mobile atau KlikBCA Individu. Caranya gampang banget, pas mau transaksi top up pilih jenis transfer berkala dan kamu bisa atur berkala setiap tanggal, berkala setiap hari tertentu ataupun berkala setiap beberapa hari dan nominalnya kamu bisa tentuin sendiri. Jadi ga perlu bingung lagi deh kalo urusan top up Sakuku.

Dalam aplikasi sakuku, terdapat beberapa fitur menarik seperti
  • Info Saldo yang berguna untuk mengetahui informasi saldo yang ada dalam Sakuku
  • Mutasi Transaksi yang berguna untuk mengetahui rincian transaksi yang sudah kamu lakukan
  • Bayar Belanja yang berguna untuk membayar belanjaan di toko offline maupun online yang sudah terdaftar sebagai merchant Sakuku
  • Isi Pulsa berguna untuk membeli pulsa untuk nomor kamu sendiri, dengan fitur ini kamu juga bisa minta pulsa ke temanmu yang juga sudah punya Sakuku.
  • Kontak berguna untuk mengetahui siapa saja temanmu yang sudah menggunakan Sakuku.
  • Menu settings bisa kamu gunakan untuk mengubah profil Sakuku, Foto Cover, PIN, mengaktifkan fitur permintaan, melihat infor tentang Sakuku dan melakukan Aktivasi Sakuku Plus.
Apabila kamu mengaktifkan Sakuku Plus, kamu bisa menikmati beragam fitur tambahan di bawah ini
  • Bisa transfer maupun minta transferan saldo sakuku ke teman pengguna Sakuku. Pastikan kalau temanmu juga memiliki akun Sakuku Plus
  • Split Bill yang berguna untuk membagi transaksi dengan teman-temanmu atau istilah gampangnya adalah patungan. Fitur ini bisa kamu gunakan dengan total tagihan maksimal untuk sepuluh orang.
  • Kamu juga bisa melakukan penarikan tunai tanpa kartu di ATM BCA dengan kelipatan 50 ribu sampai dengan penarikan maksimal Rp 1.250.000
Untuk mengetahui perbedaan fitur antara Sakuku dan Sakuku Plus, kamu bisa cek tabel di bawah ini

Perbedaan Sakuku dan Sakuku Plus
Perbedaan Sakuku dan Sakuku Plus
Bagaimana ? Menarik bukan informasi tentang Sakuku ini? Nah, kalau kamu tertarik dengan fitur yang ditawarkan oleh Sakuku Plus, kamu bisa dengan mudah untuk melakukan aktivasi Sakuku Plus. Setidaknya ada 3 cara mudah untuk aktivasi Sakuku Plus, berikut ketiga caranya
  • Penawaran Otomatis untuk para pengguna M-BCA. Apabila kamu aktifa bertransaksi paling tidak 1 bulan terakhir, saat login kamu akan ditawari upgrade menjadi Sakuku Plus. Namun untuk penawaran ini, pastikan nomor hape M-BCA dan Sakuku sama ya.
  • Kalau punya ATM BCA, kamu bisa akses menu setting / aktivasi Sakuku atau melalui beberapa menu di aplikasi Sakuku.
  • Selain kedua cara tersebut, kamu juga bisa langsung datang ke Cabang BCA terdekat dengann membawa KTP.
Kalau kamu tertarik dengan fitur ini, kamu bisa langsung download aplikasinya secara gratis di Play Store maupun App Store. Pastikan kamu sudah menggunakan android versi 4.0 keatas atau iOS 7.1 keatas

Stand Up Comedy ala Indra

Indra sedang Open Mic di Gathering Blogger Malang
Indra sedang Open Mic di Gathering Blogger Malang
Di penghujung acara ada penampilan Stand Up Comedy dari Mas Indra komika yang suka melempat joke-joke receh (kata dia sendiri). Guyonan komika yang juga memiliki pekerjaan sebagai penulis berita di salah satu media online ini mengakhiri pertemuan kami.
Di akhir acara ada pembagian doorprize dari live tweet, best question, nomor undian dan macem-macem lah. Ada banyak sampai aku enggak hafal kategorinya. Karena dari awal sudah hopeless, dari dulu enggak pernah beruntung dengan hal semacam ini.
Di penghujung acara, ada sebuah ritual untuk foto bareng-bareng blogger yang ikutan acara. Lummayan banyak sih dan sampai sekarang aku belum hafal semuanya :D. Berikut penampakan fotonya yang ada di kamera Mas Ihwan :D
Gathering Blogger Malang bareng BCA
Gathering Blogger Malang bareng BCA
Buat teman-teman yang pengen tahu keseruan acaranya bisa cari tahu dengan searching hastag #NgobrolBloggerMLG dan #InovasiBCA di Twitter, Facebook maupun Instagram.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe