Antara Chromium dan Firefox

Minggu, September 05, 2010

Chromium dan Firefox, merupakan dua buah software yang digunakan untuk menjelajahi dunia maya. Menurut statistik, kedua software ini merupakan browser yang paling banyak digunakan, jauh meninggalkan Internet Explorer maupun Safari (dalam mengunjungi blogku :D). Pastinya masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam posting kali ini aku pengen sekedar share opini mengenai kedua browser yang paling diminati saat ini. Yaitu Chrome dan Firefox.

Chrome / Chromium:
Merupakan browser dari Google yang aku sendiri masih bingung membedakan dari segi fitur maupun performance. Karena keduanay sama. Pada umumnya kedua browser tersebut memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
  • Interfacenya keren. Sangat sederhana dan simpel.
  • Relatif ringan dalam menggunakan RAM
  • Browsing cepat
  • Gratis dan Open Source, sehingga bisa digunakan diberbagai operasi sistem
Aku sendiri kurang tahu apa perbedaan dari Chrome dan Chromium.

Firefox: 
Termasuk browser tua yang memiliki kinerja sangat baik. Keunggulan dari Firefox adalah:
  • Banyak adds On yang tersedia
  • Semua script-script web bisa terbaca oleh Firefox
  • Download lancar
  • Gratis dan Open Source, bisa digunakan diberbagai operasi sistem

Sekarang aku memakai Chromium untuk browsing, karena lebih ringan daripada Firefox. Hal ini bisa disebabkan oleh pembagian memory pada Chromium. Tiap TAB pada Chromium merupakan dibaca sebagai sebuah program tersendiri. Ini berbeda dengan Firefox, jika kita buka banyak tab maka di proses hanya akan muncul 2 program Firefox. Sebagai bukti berikut screen shoot dari system monitor dengan 6 Tab pada Chromium dan 6 Tab pada Firefox.
System Monitor Proses Firefox - Chromium

Untuk browsing aku mempercayakan pada Chromium, namun tidak sepenuhnya aku mempercayakan pada Chromium, karena pada beberapa kasus Chromium tidak dapat menanyangkan sebuah halaman web yang ingin aku akses. Ketika itu lah aku menggunakan Firefox, Selain itu untuk masalah download file yang cukup besar aku lebih percaya dengan Firefox daripada chromium. Firefox relatif lebih cepat dan stabil untuk download daripada chromium. Apalagi dengan memanfaatkan DownThemAll  (salah satu Adds On Firefox) untuk download.

Sekarang tergantung kalian mau menggunakan browser apa saja, karena selera dan kebutuhan setiap orang berbeda.


You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe