Ubuntu 11.04 Review Part I

Rabu, Mei 11, 2011

Ubuntu 11.04 rilis beberapa waktu yang lalu, dan saya pun sudah menginstallnya pada laptop. Unity merupakan sebuah teknologi yang disisipkan pada ubuntu versi ini, setelah sebelumnya sudah berhasil disisipkan di netbook edition.

Pada tulisan kali ini saya ingin share sedikit shortcut untuk melakukan switcher dan model switchernya. Berikut shorcut switcher yang sering saya gunakan dalam menggunakan Ubuntu 11.04 ini.


Windows Button
Entah kenapa hampir semua keyboard dilengkapi dengan logo windows, saya sendiri sulit menyebutkan nama tombolnya. Karena ada beberapa yang menyebutnnya dengan tombol super. Namun biar mudah kita sebut saja tombol windows karena tombol tersebut bergambar logo windows.
new menu
Mungkin itu bukan termasuk switcher, namun tampilan menu baru yang menggantikan drop down menu pada versi ini. Untuk menjalankan aplikasi kita cukup mengetikkan nama aplikasi yang ingin kita jalankan.


Hold Windows Button
Tekan dan tahan tombol windows untuk memunculkan sidebar menu yang disediakan oleh Unity. Dengan menahan tanda windows kita dapat langsung menekan angka maupun tulisan yang muncul pada icon untuk membuka aplikasi yang bersangkutan. Selain digunakan untuk memilih aplikasi yang sedang berjalan, shorcut ini juga digunakan untuk menjalankan aplikasi yang kita pasang di sidebar menu.

Swicher Sidebar
Pada contoh gambar diatas, setelah menahan tombol windows dan kita tekan angka 2 maka secara otomatis kita akan membuka aplikasi firefox yang merupakan sebuah web browser.


Alt TAB
Fungsi kali ini digunakan untuk swich aplikasi yang sedang kita jalankan (multitasking). Shorcut ini juga berlaku untuk ubuntu versi sebelumnya.
Switch 
Semoga sedikit share saya bermanfaat. maaf jika tulisannya kurang bagus. Salam

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe