Tugas Visual Programing

Sabtu, September 10, 2011

Gak menyangka di Jurusan Multimedia Broadcasting PENS ITS ada pemrograman, gak tanggung-tanggung bahasa yang dikenalkan pada kali pertama masuk adala JAVA! Memflasback ketika masa SMK, diikutkan workshop java mobile oleh sekolah selama dua hari sudah bikin kepala berasap...

Dosen untuk mata kuliah ini adalah Pak Hasbi, coding di lab kampus tak hanya menggunakan komputer PC maupun UNIX, tetapi menggunakan MAC, jadi makin kebingungan karena tidak biasa menggunakannya.

Di sini saya akan share soal dan jawaban dari mata kuliah visual programming versi saya. Memang ini tidak saya kerjakan sendiri, tetapi mendapat bantuan dari seorang kawan SMK yang juga kuliah ditempat yang sama meski satu tahun diatas saya tetapi bakal lulus bareng :D.

Awalnya kami diberi sebuah plan dokumen yang berisi sample sample pemrograman java agar digunakan sebagai ajang perkenalan dan latian tentang materi java programming.

Ada 11 contoh yang mengajarkan kita beberapa fungsi yang bisa digunakan dalam sebuah pemrograman java. Setelah diberikan waktu selama dua jam untuk mencoba semua latihan tersebut, akhirnya tiba saatnya untuk mengerjakan tugas. Berikut tugas beserta jawabannya.

Tugas Praktikum Visual Programming
Perhatikan contoh soal berikut ini. kemudian kerjakan soal-soal berikutnya.Soal:

1. Buatlah program yang menghitung dan menampilkan hasil perkalian dari tiga nilai integer.

Nama file: Product.java 
import java.util.Scanner;

public class Product{
public static void main(String args[]){
Scanner input = new Scanner(System.in);

int x;
int y;
int z;
int result;

System.out.print("Masukkan integer pertama: ");
x = input.nextInt();

System.out.print("Masukkan integer kedua: ");
y = input.nextInt();

System.out.print("Masukkan integer ketiga: ");
z = input.nextInt();

result = x * y * z;

System.out.printf("Hasil perkaliannya adalah %d\n", result);
}
}





2. Buatlah aplikasi yang menampilkan angka 1 sampai 4 dalam satu baris dipisahkan dengan satu spasi. Tulis program tersebut menggunakan teknik berikut ini:
a. Menggunakan satu perintah System.out.println

Nama file: soal2a.java
public class soal2a {
public static void main(String args[]){
System.out.println("1 2 3 4");
}
}


b. Menggunakan empat perintah System.out.print

Nama file: soal2b.java
public class soal2b {
public static void main(String args[]){
System.out.print(" 1 ");
System.out.print(" 2 ");
System.out.print(" 3 ");
System.out.print(" 4 ");

}
}


c. Menggunakan satu perintah System.out.printf

Nama file: soal2c.java
public class soal2c {
public static void main(String args[]){
System.out.printf( "%s %s %s %s ",
"1", "2", "3", "4");
}
}
3. Buatlah aplikasi yang menampilkan bentuk kotak, oval, panah, dan wajik menggunakan asterisk (*) seperti berikut ini

*********            ***              *                *
*           *          *     *           ***             * *
*           *         *       *         *****          *   *
*           *         *       *            *            *      *
*           *         *       *            *           *        *
*           *         *       *            *            *      *
*           *         *       *            *              *   *
*           *          *     *             *               * *
*********            ***               *                *

Nama File: Soal3.java

public class Soal3 {
public static void main(String args[]){
System.out.printf("%10s%12s%14s%16s\n", "*********", "***", "*", "*");
System.out.printf("%2s%8s%9s%4s%14s%14s%2s\n", "*", "*", "*", "*", "***", "*", "*");
System.out.printf("%2s%8s%8s%6s%14s%12s%4s\n", "*","*", "*", "*", "*****", "*", "*");
System.out.printf("%2s%8s%8s%6s%12s%13s%6s\n","*","*","*","*","*", "*", "*");
System.out.printf("%2s%8s%8s%6s%12s%12s%8s\n","*","*","*","*","*", "*", "*");
System.out.printf("%2s%8s%8s%6s%12s%13s%6s\n","*","*","*","*","*", "*", "*");
System.out.printf("%2s%8s%8s%6s%12s%14s%4s\n","*","*","*","*","*", "*", "*");
System.out.printf("%2s%8s%9s%4s%13s%15s%2s\n","*","*","*","*","*", "*", "*");
System.out.printf("%10s%12s%14s%16s\n", "*********", "***", "*", "*");
}

}

 4. Buatlah aplikasi yang meminta user untuk memasukkan dua nilai integer, ambil nilai tersebut dari user dan tampilkan hasil jumlahan, perkalian, selisih, dan pembagian dari angka tersebut.
Nama file: Soal4.java
//Author panduaji[dot]net

import java.util.Scanner;

public class Soal4 {
public static void main(String args[]){
Scanner input = new Scanner(System.in); //menerima input

int satu;//integer pertama
int dua;//integer kedua
int jumlah;//variabel untuk menampilkan hasil penjumlahan
int kali;//variabel untuk menampilkan hasil perkalian
int selisih;//variabel untuk menampilkan selisih
int bagi;//variabel untuk menampilkan hasil bagi

System.out.print("Masukkan angka pertama : ");
satu = input.nextInt();

System.out.print("Masukkan angka kedua : ");
dua = input.nextInt();

jumlah = satu + dua;
kali = satu * dua;
//selisih = satu - dua;
if (satu > dua){
selisih = satu - dua;
}else {
selisih= dua - satu;
}
bagi = satu/dua;

System.out.printf("Berikut hasil pernjumlahan %d\n", jumlah );
System.out.printf("Berikut hasil perkalian %d\n", kali );
System.out.printf("Berikut hasil selisih %d\n", selisih );
System.out.printf("Berikut hasil pembagian %d\n", bagi );
}

}
5. Buatlah aplikasi yang meminta user untuk memasukkan tiga nilai integer kemudian tampilkan jumlahan, rata-rata, perkalian, nilai terkecil dan terbesar dari angka-angka tersebut.
Nama file: Soal5.java
import java.util.Scanner;

public class Soal5 {
public static void main(String args[]){
Scanner input = new Scanner (System.in);

int satu;
int dua;
int tiga;
int jumlah,perkalian;
float rata2;


System.out.print("Masukkan angka pertama: ");
satu = input.nextInt();

System.out.print("Masukkan angka kedua: ");
dua = input.nextInt();

System.out.print("Masukkan angka ketiga: ");
tiga = input.nextInt();

jumlah = satu + dua + tiga;
rata2= jumlah / 3;
perkalian = satu * dua * tiga;


System.out.println("Berikut jumlah keseluruhan: "+jumlah); //print jumlah
System.out.println("Berikut rata-ratanya: "+rata2); //print rata-rata
System.out.println("Berikut hasil perkaliannya: "+perkalian); //print perkalian

if(satu>dua){
if(satu>tiga){
System.out.println("terbesar ="+satu);
}
else{
System.out.println("terbesar="+dua);
}
}
else{
System.out.println("terbesar="+tiga);
}

if(satu if(satu System.out.println("terkecil= "+satu);
}
else{
System.out.println("terkecil= "+dua);
}

}else System.out.println("terkecil= "+tiga);

}

}

6. Buatlah aplikasi yang meminta user untuk memasukkan dua nilai integer, ambil nilai tersebut dari user dan tampilkan nilai yang terbesar diikuti dengan tulisan "is larger".jika kedua angka tersebut sama, tampilkan pesan "These numbers are equal".
import java.util.Scanner;

public class soal6 {
public static void main(String args[]){
Scanner input = new Scanner (System.in);

int satu;
int dua;

System.out.print("Masukkan angka pertama: ");
satu = input.nextInt();

System.out.print("Masukkan angka kedua: ");
dua = input.nextInt();

if (satu>dua){
System.out.printf("%1s%1s", satu , " is larger");
}
if (satu System.out.printf("%1s%1s", dua , " is larger");
}
if (satu == dua){
System.out.println("These numbers are equal");

}
}

}

Itulah tugas praktikum pertama yang harus ditulis tangan di kertas F4 guna mengikuti praktikum kedua. Saya sendiri tak tahu kenapa harus ditulis tangan.

You Might Also Like

2 comments

  1. Mantap, Ndu. Ditulis tangan untuk menghindari plagiat alias copy/paste, penyakit mahasiswa...

    BalasHapus
  2. Namun masih belum mengerti seutuhnya mas. ini masih proses belajar.

    Tapi gak kebayang kalau ribuan baris code ditulis tangan -_-"

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe