Tujuan Nge-Blog Pandu Aji Wirawan Kamis, 26 Januari 2012 9 Comments

aku dan burek
Tidak terasa sudah ngeblog selama 3 tahun, itu bukanlah waktu yang sebentar. Tulisan seorang teman kemarin tentang tujuan ngeblog membuatku ingat apa sebenarnya tujuan awal ngeblog tahun 2009 silam. Berawal dari persaingan sengit dengan seorang kawan yang bernama burek untuk memperebutkan peringkat atas google. Meskipun start blogku terlambat, setidaknya ia sekarang sudah tertinggal agak jauh.

Berawal dari persaingan tersebut mulai iseng mengisi blog dengan berbagai macam tulisan yang sekiranya bermanfaat. Blender saat itu sedang booming, banyak tulisan-tulisan tentang Blender, Ubuntu, open source dan sebagainya. Hingga akhirnya saya putuskan untuk membelikan sebuah domain yang sesuai dengan namaku, yaitu domain yang saya gunakan pada blog ini.


Banyak teman menganggap blog ini cukup sukses, sehingga banyak juga yang bertanya bagaimana membuat blog sedemikian rupa, sehingga bisa dibilang sukses oleh orang lain. Cukup kujawab, buat KONTEN yang BERKUALITAS dan TERATUR. Sebenarnya itulah kunci utama membuat blog awet nangkring di atas mbah google.

Sudah sekitar satu tahun ini saya mengenal dunia advertising di interenet melalui blog. Tertarik dengan keuntungan yang ditawarkan dan memang benar hasilnya lumayan, namun akhir-akhir ini ada yang hilang, apalagi setelah membaca tulisan rekan tentang tujuan ngeblog saya baru sadar bahwa saya telah menomor duakan tujuan ngeblog yang awalnya untuk BERBAGI.

Dualisme antara BERBAGI dengan KOMERSIAL membuat blog ini seakan kehilangan tujuan. Oleh karena itu saya remove berbagai macam banner iklan kurang jelas di blog ini, dan hanya satu yang saya pertahankan di bagian bawah posting.

Komersial membuat KUANTITAS konten naik drastis yang berbanding terbalik dengan KUALITAS konten yang menurun. Beberapa rekan juga mengingatkan hal tersebut kepada saya. Saat ini saya berniat untuk membuang hal-hal komersial yang mengganggu, dan mengulang masa-masa pertama ngeblog.

Tidak perlu memikirkan SEO, Backlink, Dofollow, Page Rank, dan sebagainya. Cukup menulis, posting dan  berinteraksi dengan rekan-rekan yang meninggalkan komentar. Ya! begitulah yang akan saya lakukan! Get the FREEDOM!
Pandu Aji Wirawan

Pemuda yang masih lajang, suka jalan-jalan dan nulis blog. Hidup tidak teratur, mengalir seperti air. Kalau ada yang minta tolong, kadang bikin website yang simpel dan enggak ribet.

Tags:

9 komentar :

  1. Saya setuju 100%. Good contents dan regular posting. Yang paling penting selalu keep in mind: "this is going to be useful for my readers".

    BalasHapus
  2. lupakan SEO, Backlink dsb. Karena membuat orientasi berubah dengan obsesi nangkring di page one google. Dengan konten bagus dan konsisten, google akan secara otomatis meletakkan kita di page one :D

    BalasHapus
  3. Putri Ruth Dyawati27 Januari 2012 08.16

    Bner".. Setuju.. hehehheee.. ^^
    hmm.. Fotox itu masih kLiatan cuLun y.. 

    BalasHapus
  4. eh ada sutang, tumben mampir :D? 
    foto pas rembug pendidikan di DBL tahun 2009 :D. Jaman magang neng JENI http://www.panduaji.net/2009/02/stan-smkn-1-surabaya-saat-rembug.html

    BalasHapus
  5. Media Setya Dewi27 Januari 2012 20.40

    Kalo baca artikel ini jadi ada sedikit rasa nyesel juga seh gara-gara baru mulai bener-bener niat nge-blog yaa sekarang ini. Padahal pengalaman pas SMK itu buuanyak puol -____-

    Apalagi lihat fotomu Ndu. Hahahahaha

    BalasHapus
  6. Media Setya Dewi27 Januari 2012 20.41

    Hee aku sudah follow Blogmu juga :D

    BalasHapus
  7. penyesalan emang datang di belakangan, tulisen ae pengalaman sing sek kelingan :D

    fotoku nyapo emange? blogmu yo wes tak follow :D

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus