Ubuntu Tweak Janitor Mempercepat Ubuntu

Senin, Januari 14, 2013

Bagi pengguna komputer, semakin lama akan merasakan kinerja komputernya semakin menurun. Ini wajar, bagai sebuah motor, makin lama makin gak nyaman dan sudah saatnya service. Diperlukan tool yang digunakan untuk service. Bagi pengguna Ubuntu, saya ada satu alternatif untuk mempercepat kinerja laptop sehingga seperti baru install ulang. Tool yang saya gunakan adalah Janitor yang ada di Ubuntu Tweak.
ubuntu tweak splash screen
ubuntu tweak splash screen

Bagi yang belum install memiliki aplikasinya, segera install Ubuntu Tweak. Ubuntu tweak ini memiliki banyak sekali fitur yang berguna untuk melakukan custom pada sistem operasi Ubuntu. Setelah melakukan instalasi, langsung buka Ubuntu Tweak
Tampilan depan Ubuntu Tweak
Tampilan depan Ubuntu Tweak
Salah satu fitur Ubuntu Tweak yang dapat digunakan untuk mempercepat kinerja laptop / komputer adalah Janitor. Janitor merupakan sebuah fitur yang berguna menghapus file-file yang ada pada komputer / laptop. Beberapa file yang akan dihapus akan membutuhkan akses root seperti linux header.  Untuk melakukannya langsung saja pilih menu Janitor maupun start Janitor.

Pada fitur Janitor akan diperlihatkan apa saja yang perlu dihapus lengkap dengan ukuran file yang perlu. Mulai dari cache browser, package yang tidak dibutuhkan, header yang sudah tidak digunakan dan thumbnail.
computer janitor ubuntu tweak
computer janitor ubuntu tweak
Setelah semua bagian diaktifkan tekan tombol clean yang ada di kanan bawah. Tunggu prosesnya hingga selesai, mungkin akan memakan waktu beberapa menit jika perlu melakukan uninstall pada header linux seperti yang saya alami. Setelah semua selesai dibersihkan, mungkin ada beberapa file yang otomatis terbentuk lagi, namun setidaknya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari yang sebelumnya.
Komputer sudah bersih
Komputer sudah bersih :)
Jika sudah, coba restart PC / Laptop, kemudian rasakan perbedaan kecepatannya. Untuk internetnya mungkin akan terasa sedikit lemot dalam membuka halaman web, karena cachenya juga ikut dihapus menggunakan ubuntu tweak. Namun overall ada perubahan lebih cepat sedikit, meski tidak terlalu signifikan.

Setidaknya 1 bulan sekali lakukan langkah-langkah diatas, untuk tetap menjaga filesystem tidak penuh. Sehingga tidak ada kejadian tidak dapat login ke desktop lantaran filesystem penuh. Seperti yang sudah saya alami.

Sebenarnya masih banyak tool yang dapat digunakan untuk melakukan 'bersih-bersih' file gak penting, namun karena di laptop ada ubuntu tweak, jadi nggak perlu install software lain. Mungkin ada yang mau berbagi software apa yang digunakan untuk bersih-bersih file gak penting?

You Might Also Like

2 comments

  1. coba deh, makasih infonya :D

    BalasHapus
  2. oke bro, sama-sama. semoga bisa merasakan perbedaannya. kalau cachenya dibawah 100 Mb sepertinya nggak bakal kerasa. tp klo uda 1Gb lebih lumayan krasa :D

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe