Domain WEB.ID Masuk Blacklist Facebook?

Selasa, Juni 04, 2013

Beberapa waktu lalu saya beberapa kali share website Computer Festifal (COMPFEST) yang beralamat di compfest.web.id , dan setiap saya mau share link tersebut saya harus memasukkan captcha. Terkadang cukup jengkel juga kok pake input captcha segala, kelamaan. Beda dengan web saya yang berada pada domain panduaji.net, panduaji.com maupun mmbcreative.com. Share nggak perlu pakai captcha segala langsung bisa.

Pertama-tama saya negatif thinking sama panitianya , kok parah banget ya promosi event di facebook sampai dianggap spam. Apa promosinya berlebihan yak? Sampai mengganggu orang dan menjadi daftar blacklist Facebook. Maaf ya panitia compfest, saya baru sadar setelah mencoba share domain .web.id yang baru saya beli beberapa waktu lalu. Dan jreng, jreng, ternyata saya juga disuruh untuk memasukkan captcha.


Masa blog alamat yang baru saya beli kemarin dan belum ada isinya ketika saya share perlu masukin captcha? Wah saya langsung menengok website dengan domain .web.id yaitu openstudio.web.id. Saya coba posting ke facebook dan hasilnya sama saja. Saya harus memasukkan captcha dengan benar untuk posting link tersebut ke facebook.

Dari beberapa domain .web.id tersebut saya menyimpulkan bahwasanya Facebook memasukkan WEB.ID ke dalam blacklist. Mungkin banyak domain web.id yang dianggap sebagai spam atau abusive site.

Pertanyaannya, bukankah domain web.id merupakan sebuah domain basis negara yang notabene agak ribet untuk pendaftaran. Dan belum tentu semua domain yang diajukan akan langsung diterima oleh Pandi yang mengurusi registar domain Indonesia?

Sebagai salah satu pengguna domain .web.id saya cukup terganggu dengan adanya pemblokiran ini, sungguh merepotkan sekali. Untuk itu saya mau mengajak para pengguna domain .web.id untuk melaporkan ke facebook bahwa domain .web.id yang kita miliki bukan termasuk website yang mengganggu (spam,

Cara untuk melaporkannya sebagai berikut:

Share website dengan domain .web.id di facebook. Saat muncul box yang menyuruh kita mengisikan captcha klik link let us know.



Setelah itu kita akan dibawa pada sebuah halaman form, isi seluruh form.

Saya sendiri kurang tahu isian saya benar atau salah.
Pada text box pertama saya isi: All Website, Blog with domain web.id
Pada text box kedua  saya isi: All Website, Blog with domain web.id
Dan pada text box ketiga saya isi: I think facebook make a mistake, facebook blocked all website with web.id country based domain. I've purchase domain two weeks ago and never post it to facebook before  but i must insert captcha to share it into my timeline. web.id country based was managed by an organization that ensure every domain that using web.id is not spam, pishing, malware, fraud, dll.

Maaf bahasa Inggris saya kacau. Buat teman-teman yang merasa terganggu dengan pemblokiran ini mungkin bisa rame-rame melaporkan ini ke facebook biar bisa dibenarkan oleh facebook. Sehingga kita bisa dengan mudah untuk membagikan website dengan domain .web.id ke teman-teman terdekat di facebook. Begitu pula teman-teman yang akan dengan mudah membagikan website web.id dengan mudah tanpa harus malas mengisi captcha.

Cukup sekian ajakan dari saya. Salam kenal dari salah pengguna domain web.id :D

You Might Also Like

4 comments

  1. Prawira Aditama4 Juni 2013 13.09

    waduh ... jadi ogah deh mau beli web.id ..

    BalasHapus
  2. bantuin follow up dong, hahaha biar terbebas dari blacklist facebook

    BalasHapus
  3. sama kang, sy juga udah laporin ke facebook, tapi gada respon
    https://www.facebook.com/help/community/question/?id=10152224753551959

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah terlalu banyak domain .web.id yang nyepam di facebook ya. sehingga semua kena dampaknya. web di web.id sama aja di sub domain

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe