Game Bomberboy: Tugas Akhir Semester

Sabtu, Juli 20, 2013

Game Bomberboy sebagai Tugas Akhir Semester- Semester ini ada mata kuliah game development. Software yang digunakan dalam mata kuliah tersebut adalah Game Maker. Kebetulan dalam proyek akhir game saya berkolaborasi dengan +Agil Pradhita dan +Fauziah Ramadhani membuat tiruan game Bomberman. Bomberman adalah game yang pernah saya mainkan ketika masih duduk di bangku sekolah dasar dulu. Buat yang belum tahu game bomberman mungkin bisa cek screenshot di bawah ini

Bomberman
Bomberman
Bomberman pada screenshot di atas merupakan yang saya mainkan di nitendo jaman dahulu. Perkembangan bomberman sekarang makin pesat, ada bomberman 3D, versus bahkan multiplayer. Cukup sekian penjelasan bomberman.

Yang kami kerjakan dalam proyek akhir semester mata kuliah game development adalah membuat ulang game yang mirip dengan screenshot diatas. Untuk software yang kami gunakan adalah game maker 8.1 yang bisa didownload secara gratis pada link di bawah ini


Waktu yang diberikan 2 bulan, dan akhirnya game tersebut selesai dalam waktu sekitar 1 bulan (jika dihitung efektifnya, bahkan bisa kurang). Setelah selesai, kami mendapat tugas untuk melakukan survey tentang game yang sudah kami buat. Berhubung ukurannya kecil, akhirnya kami putuskan untuk upload game bomberboy pada situs Download Game Gratis dan meminta pemain untuk mengisi kuisioner.

Berikut informasi terkait game bomberboy yang sudah kami selesaikan untuk level 1 dan level 2.

Game Idea

Game Bomberboy merupakan game adaptasi dari game Bomberman. Game ini merupakan game sederhana berbasis maze dengan tampilan yang di sesuaikan dengan karakteristik Indonesia. Game ini memberikan rentang umur yang luas terhadap pemainnya, sehingga bisa dimainkan oleh semua umur.

Pemain akan menjalankan karakter utama yang memakai baju adat jawa untuk mencari pintu goal berupa sumur yang tersembunyi di balik salah satu guci pada area permainan yang divisualisasikan dengan pemakaman.

Pemain akan dibekali tiga nyawa dan senjata berupa bom yang hanya bisa diletakkan satu kali hingga bom tersebut meledak, baru kemudian pemain dapat meletakkan bom kembali, begitu seterusnya. Bom tersebut dapat digunakan untuk menghancurkan guci - guci yang menghalangi jalan sampai pemain dapat menemukan sumur (goal) yang tersembunyi diantara guci tersebut. Akan terdapat enemy berupa monster pocong di beberapa area map yang berjalan secara acak dibawah kendali AI. Apabila pocong tersebut menyentuh karakter utama, maka pemain akan kehilangan satu nyawa. Ledakkan bom ke arah pocong untuk membasminya. Karakter utama juga dapat kehilangan nyawa jika terkena ledakan bom sendiri, dan akan game over bila tiga nyawa telah habis.

Game Play

Pada game bomberboy yang kami buat, kami menciptakan dua level dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Parameter kesuliatannya adalah terletak di kecepatan enemy untuk bergerak dan banyaknya enemy dalam level tersebut.

Level 1 Game Bomberboy
Level 1 Game Bomberboy
Level 1 Game Bomberboy
Bomberboy (karakter utama) berada dalam area permainan berupa pemakaman, memiliki tiga buah nyawa dan senjata berupa bom yang bisa digunakan kapan saja. Bomberboy dapat berjalan dan dikendalikan dengan arrow keys , , , dan . Bom dapat diletakkan dalam area permainan dengan menggunakan button. Pemain akan mendapatkan skor 5 poin untuk tiap guci yang berhasil diledakkan. 

Dalam level ini akan terdapat tiga enemy berupa monter pocong yang akan berjalan secara acak dalam area permainan namun tidak dapat berjalan menembus guci. Pemain dapat kehilangan satu nyawa tiap pocong dan bomberboy bertabrakan. Pemain dapat membasmi pocong dengan menempatkan bom di tempat strategis yang dapat mengenai pocong tersebut. Untuk tiap pocong yang berhasil dibasmi akan diberikan skor 20 poin. Kemudian pemain harus menemukan sumur (goal) untuk lanjut ke level selanjutnya.

Level 2 Game Bomberboy
Bomberboy (karakter utama) berada dalam area permainan berupa ruang bawah tanah, memiliki nyawa yang tersisa dari level selanjutnya dan senjata berupa bom yang bisa digunakan kapan saja. Navigasi yang digunakan untuk berjalan dan menempatkan bom sama seperti sebelumnya. Pemain akan mendapatkan skor 5 poin untuk tiap guci yang berhasil diledakkan.

Level 2 Game Bomberboy
Level 2 Game Bomberboy
Dalam level ini akan terdapat enam enemy berupa banaspati atau bola api terbang yang akan berjalan secara acak dalam area permainan namun tidak dapat berjalan menembus guci dengan kecepatan yang lebih tinggi dari pada monster pocong. Pemain juga dapat kehilangan satu nyawa tiap banaspati dan bomberboy bertabrakan. Pemain dapat membasmi banaspati dengan menempatkan bom di tempat strategis yang dapat mengenai banaspati. Untuk tiap banaspati yang berhasil dibasmi akan diberikan skor 20 poin. Kemudian pemain harus menemukan sumur (goal) untuk memenangkan level ini dan mengakhiri permainan bomberboy.



Permasalahan

Kami menyadari game bomberboy ini jauh dari kata sempurna. Sehingga saat di publikasikan ada banyak sekali masalah yang dirasakan oleh para pemain Bomberboy, berikut beberapa keluhan yang paling sering dilayangkan melalui kuisioner

Game sering crash dan hang, hal ini sangat mungkin terjadi karena perbedaan antara spesifikasi komputer yang digunakan saat pembuatan game dan pemain. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata game ini crash jika dimainkan pada sistem operasi windows 8. Kami tidak pernah mengalami crash saat mencoba memainkan karena menggunakan sistem operasi windows 7.

Misi yang kurang jelas, hal ini sangat mungkin terjadi. Kesalahan utama memang terletak pada kami selaku tim pengembang. Karena membuat menu tidak obyektif, hanya berdasarkan apa yang sudah biasa kami lakukan. Karena kami sudah tahu harus ngapain aja, sehingga melalaikan pendapat yang seharusnya perlu di dengar.

Terganggu Watermark, mohon maaf untuk yang terganggu dengan watermarknya. Game bomberboy dibuat menggunakan Game Maker versi Lite (Gratis), sehingga ketika di publish dalam bentuk executable akan muncul watermark game maker.

Bagi yang belum mendownload Game Bomberboy, silakan langsung menuju halaman Game Bomberboy pada situs Download Game Gratis. Semoga terhibur dengan gamenya.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe