Mitos Free dan Open Source Software

Rabu, Januari 22, 2014

Kebanyakan orang berfikir bahwa semua software open source merupakan software yang gratis, hal ini disebabkan istilah free open source software. Banyak yang mengarikan FREE disini adalah gratis, padahal tidak. Karena arti sebenarnya adalah FREEDOM yang berarti kebebasan.

Coba tengok Redhat, salah satu sistem operasi berbasis linux berbayar dengan kelebihan memberikan dukungan teknis secara profesional kepada penggunanya. Bisa dibilang ini merupakan salah satu software open source (sistem operasi) yang berbayar.

Kita bisa dengan bebas menggunakan dan memodifikasi source code software open source. Karena memang source code dari software open source bisa kita download gratis. Berbeda dengan freeware maupun shareware, dimana kita hanya bisa membagikan dan menggunakan software tersebut secara bebas, namun kita tidak bisa memodifikasinya karena source code pembuatannya memang tidak dibuka pada publik.

Kasus diatas merupakan mitos yang sebenarnya sepele, namun banyak orang salah dalam memahami konsepnya. Semoga dengan catatan pendek ini, teman-teman bisa mulai memahami apa arti sesungguhnya dari Free Open Source Software (FOSS). Ternyata sudah lewat tengah malam, saatnya mengistirahatkan badan yang penat. Jika ada pertanyaan atau ingin diskusi, langsung saja tinggalkan pesan pada kolom komentar  di bawah.

Semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe