Install Software Melalui Synaptic Package Manager pada Jaringan dengan Proxy

Sabtu, Maret 01, 2014

Sampai saat ini saya tidak begitu paham dengan jaringan, termasuk proxy. Namun salah satu hal yang saya ingat dari mata kuliah jaringan dengan materi bahasan proxy adalah port yang digunakan. Sehingga meskipun kita sudah login proxy, tidak serta merta kita bisa mengakses semua konten di internet.

Di kampus saya misal, saya tidak bisa mendengarkan radio streaming dan melakukan instalasi software di ubuntu melalu terminal apabila saya menggunakan repository yang berada di luar kampus. Dari sini dan sekilas ingatan tentang mata kuliah jaringan yang pernah saya dapatkan. Bahwa port untuk streaming dan install software di Ubuntu tidak di bypass dengan proxy secara default :D. Mungkin yang lebih paham dengan konsep ini bisa menjelaskan.

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi solusi melakukan instalasi software di Ubuntu dengan mudah meski menggunakan proxy internet. Sebelum melakukan instalasi, gunakan jaringan tanpa internet untuk melakukan instalasi synaptic package manager, sebuah software manager default bawaan Ubuntu sebelum adanya Ubuntu Software Center. Untuk install synaptic package manager bisa dengan mengetikkan perintah di bawah ini

sudo apt-get install synaptic

Install Software dengan Synaptic

Buka aplikasi synaptic package manager dan pilih software yang akan di install. Setelah itu buka menu settings > preferences > network.

Aktifkan manual proxy configuration dan masukkan http dan ftp proxy setelah itu masukkan port proxynya. Apabila proxy yang digunakan dilengkapi dengan username dan password, tekan tombol Authentication dan masukkan username password proxy. Setelah itu save proxy yang anda gunakan

synaptic proxy
setup proxy di synaptic package manager

Apabila sudah, melakukan pengaturan tersebut, sekarang saatnya coba untuk install maupun download aplikasi yang dibutuhkan oleh komputer maupun laptop ubuntu yang digunakan. Apakah sudah bisa? Jika sudah bisa mungkin kamu bisa download lebih cepat dengan proxy yang kamu gunakan, seperti saya ketika install software :D

download software di kambing ui repo
download software di kambing ui repo

Semoga tips trik sederhana cara install software di ubuntu melalui synaptic pada jaringan dengan proxy ini dapat membantu teman-teman yang kebetulan banyak yang bermasalah dengan instalasi softwarenya di Ubuntu karena terlalu ribet kalau install lewat terminal dan menambahkan pengaturan proxy :D.

Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu supaya tugas tugas mereka juga semakin mudah terselesaikan dengan akses untuk instalasi software yang cepat :D.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe