16 Maret 2017

Menunaikan Promo Air Asia Surabaya - Kuala Lumpur - Tokyo #Day1

Setelah berhasil mendapatkan tiket promo setahun yang lalu, sekarang waktunya menunaikan promo air asia dari Surabaya ke JEPANG! Perjalanan ke luar negeri tahun ini sama seperti tahun lalu, dimulai dari Surabaya dan transit di Kuala Lumpur sebelum perjalanan ke Jepang. Perjalanan dimulai dari Surabaya, dengan meminjam akun seorang teman yang punya Go Jek, perjalanan naik Go Car dari daerah Ketintang ke Bandara Juanda cuma menghabiskan biaya sebesar 35 ribu saja.
Dapat promo air asia Surabaya - KL - Haneda 1,4 jutaan
Dapat promo air asia Surabaya - KL - Haneda 1,4 jutaan
Perjalanan seorang diri dari Surabaya ke Kuala Lumpur merupakan pengalaman pertama ke Luar negeri sendiri, meski cuma di Bandara. Pesawat delay tidak lama karena kondisi cuaca yang memang sedang tidak baik. Perjalanan berjalan sebagaimana mestinya tanpa ada halangan sama sekali. Untuk penerbangan dari Surabaya ke Kuala Lumpur ini aku dapat tiket dengan harga 250 ribu rupiah.

Tiket Promo Air Asia Sub - KL 250 ribu
Tiket Promo Air Asia Sub - KL 250 ribu
Gimana ? Lumayan murah kan?

Bermalam di KLIA (lagi)

Tidak ada yang salah sampai akhirnya aku sampai di Imigrasi Malaysia. Apes aja sih dapet petugas yang sensian. Padahal udah dandan ala ala winter gitu pakai Jaket tebel sama kupluk. Lha kok ditanyain macem-macem.

Apalagi ngomongnya enggak begitu jelas dan pada akhirnya dia minta info tiket pulang. Berhubung males buka print out yang ada di tas. Akhirnya aku tunjukin di aplikasi android air asia. Sekitar semenitan ia melihat kode booking itu akhirnya dibiarin lolos. Udah dibilangin mau ke Jepun besok pagi enggak percaya -,-..

Karena udah lapar, aku segera menuju ke Burger King untuk pengganjal perut di tengah malam. Yak. Aku kembali ke tempat dimana setaun lalu aku bareng temen-temen menghabiskan sebagian malam di KLIA (Baca : Menginap di Bandara Kuala Lumpur). Bedanya, kali ini aku SENDIRI. Sepi memang, tapi mau gimana lagi ?
Whooper with Cheese di Burger King
Whooper with Cheese di Burger King

Makan malam sama whooper with cheese + air mineral total habis 21MYR. Setelah makan, cukup kenyang langsung datang ke salah satu tempat buat tidur. Kebetulan malam itu enggak terlalu ramai. Sehingga aku bisa dapat tempat tidur dengan mudah. Tapi enggak tau kenapa tidur pun tak nyenyak.
Salah satu sudut Bandara KLIA 2
Salah satu sudut Bandara KLIA 2
Setelah sekitar jam 6 an pagi, subuhan berjamaah di Mushola dan mulai jalan jalan keliling KLIA buat cari colokan listrik. Hampir semua colokan yang disediakan ternyata enggak bisa buat ngecas. Apa gunanya coba? Akhirnya setelah cukup lelah berkeliling aku putuskan buat belok ke KFC dengan tujuan utama ngecas hape.

Makan lagi dan habis cuma 11 MYR. Sarapan pakai nasi, ayam, telor dan sambel teri. Serius ini sambel terinya enak dan lumayan murah lho :D. Nggak ada di Indonesia. Maaf aku lupa nama menunya :D. Berikut penampakannya.
Nasi + Telur + Ayam dan Sambel Teri di KFC KLIA
Nasi + Telur + Ayam dan Sambel Teri di KFC KLIA

Akhirnya betah di KFC sampai sekitar jam 10an pagi. Mas Cosa, temen jalan bareng ke Jepang baru sampai di KLIA. Akhirnya menghabiskan waktu di KFC sambil nunggu penerbangan siang ke Jepang. Aku memutuskan untuk stay di KLIA daripada keluar karena ingin berhemat, sebenernya bisa aja sih jalan jalan di KL sebentar tapi karena budget minim ya mending stay di Bandara aja sambil ngapalin peta bandara :D.

Penerbangan KLIA 2 - Haneda

Promo Air Asia KLIA - Haneda
Promo Air Asia KLIA - Haneda

Siang itu penerbangan dilanjutkan ke Jepang melalui bandara Haneda. Awalnya masih nggak percaya kalau beneran mau terbang ke Jepang :D. Ini penerbangan pertama naik pesawat besar dan memakan waktu lebih dari 5 jam. 

Saat boarding masuk gate, ada petugas imigrasi dari Malaysia yang cek setiap paspor orang-orang lengkap dengan visanya. Hampir setiap paspor dan visa di sorotin lampu senter. Mungkin takut ada dokumen palsu untuk pergi ke Jepang.

Baca : Pembuatan Visa Jepang

Waktu booking pesawat, aku disaranin sama mbak Anggung buat pre book meal aja. Soalnya perjalanan panjang nggak ngapa-ngapain beneran bikin bosen dan lapar. Untuk tiket include pre book meal waktu itu habis 389 MYR dengan kurs 3006. Kalau dirupiahin sih sekitar 1.169.334. Dibuletin aja jadi 1.170.000 aja ya biar gampang.

Baru masuk udah ditawarin sama pramugarinya tetapi karena masih belum pengen makan, aku tolak. Mending dimakan nanti aja waktu sudah malam. Akhirnya sekitar pukul 7 malam waktu pesawat aku ditawarin lagi sama mbak pramugarinya, iya in aja deh. Masa iya mau ditolak terus  #eh. Berikut chicken teriyaki di Air Asia
Chicken Teriyaki di Air Asia KLIA - Haneda
Chicken Teriyaki di Air Asia KLIA - Haneda
Waktu di pesawat jangan lupa buat ngisi form imigrasinya ya. Berikut penampakannya. Kudu bisa isi sendiri ya, kan udah jelas di situ :D. Siapkan aja print out bookingan hotel / data bookingan hotel di handphone. Biar antri di imigrasi enggak kelamaan. 
Form Imigrasi Jepang
Form Imigrasi Jepang
Setelah hampir tujuh jam di udara akhirnya sampai diatas Jepang. Masih belum percaya beneran ini sampek Jepang :D. Enggak sia-sia dua tahun lalu ikutan lomba my ideal winter vacation meski cuma masuk jadi finalis aja seenggaknya dua taun jadi keturutan pergi ke Jepangnya :D.

Imigrasi panjang banget tapi ada bapaknya yang baik dan asyik. Antrian juga enggak terlalu lama. Semua lancar dan beres tanpa ditanyain macem-macem sama pihak Imigrasi. Tapi Mas Cosa ternyata kena random check di Imigrasi gegara nama penginapannya kurang terkenal. Aku masih pakai kode bookingan yang lama sebelum akhirnyna ganti hotel. Cukup lama emang nunggu tapi untungnya lancar semua.

Baca : Tips Hemat Liburan ke Jepang

Abon sapi bawaannya pun jadi masalah waktu cek di bagian declare. Sempat ditanya macem-macem Akhirnya semua lolos dengan aman. Sambel pecel yang aku bawa juga enggak dipermasalahkan kok. Selain itu enggak ada pemeriksaan Xray sama sekali saat masuk ke Jepang. Begitulah cerita awal perjalanan dapet promo tiket air asia Surabaya - Jepang. Perjalanan di Haneda dan hari pertama akan ditulis pada tulisan selanjutnya ya.

Rincian Pengeluaran Surabaya - Kuala Lumpur - Tokyo

Aktifitas Notes How To Get There Cost
Perjalanan Rumah - Bandara Dibayarin sama temen via Gopay. 50ribu jadi 35rb Naik Go Car, - FREE
Penerbangan Surabaya (SUB) - Kuala Lumpur (KLIA2) Air Asia Tiket include airpot tax - - IDR. 250.000
Makan Malam Burger King Menu Whooper Cheese (Burger, Kentang, Softdrink) + Air Mineral - RM 21 -
Tidur di KLIA Airport Ada beberapa titik yang disediakan untuk tidur - - -
Sarapan di KFC Nasi + Ayam + Telur + Sambel Teri + Air Mineral - 11 MYR -
Penerbangan Kuala Lumpur (KLIA2) - Tokyo (Haneda) Air Asia Tiket include airpot tax + Prebook Meal (Chicken Teriyaki + Mineral Water) - 389 MYR -
Sub Total 1 MYR = IDR 3.006 421 MYR IDR 1.265.526
Total dalam Rupiah IDR 1.515.526

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search