Serangan BLENDER!

Selasa, April 26, 2011

Ada sebuah pesan dari Kapten Blender Indonesia dengan tajuk Serangan Blender, berikut pesan yang saya copas dari Forum Blender Indonesia


Hello Army :)
Saya ada ide untuk mempercepat interfensi Blender di Indonesia. Mempercepat perkembangan dunia animasi Open Source dan mempengaruhi banyak media strategis, serta beramal secara simultan dan praktis.
Konsepnya sederhana, yaitu:
Memperbanyak Tutorial Blender secara Massal!
Ide ini bermula dari sebuah gagasan memperbanyak konten positif untuk mengalahkan konten negatif. Seperti iklan di TV dimana air yang kotor dalam gelas/bejana kalau konsisten di-isi air bersih, maka lama-lama air kotor itu hilang dan sisanya adalah kemurnian. Nah, salah satu semangat dari konten negatif yg 'positif' adalah SEMANGAT MILITAN. Yup, sudah menjadi rahasia umum jika energi untuk mengeluarkan sesuatu yg buruk (baca: negatif) ternyata lebih GAMPANG dari kebalikannya. itu!
Langsung saja berikut langkah-langkah:
1. Komitmen
Tanpa kata satu ini niscaya akan terjadi perubahan. Komitmen tidak saja berhenti pada sebuah kewajiban pendek, namun sampai perubahan BENAR-BENAR TERJADI. Ngga susah juga jika Anda rindu pembajakan (yg akan merugikan dunia kreatif) ini harus dihapuskan. Dampaknya adalah masa depan kita bersama.
Tips: Minimal 1 tutorial sebulan sekali /org. (syukur lebih)
2. Just Do It
Point ini adalah akarnya. Silakan buat tutorial Blender (atau animasi berbasis FOSS). Jangan takut, lakukan saja semaksimal mungkin, dasar, beginner, advanced, tak jadi SOAL. Bagian Anda adalah membuat dan keinginan BERBAGI.
Tips: Kemas semenarik mungkin dan siapkan doa sebelum share ke dunia maya ;)
3. Share
Selnajutnya yg menarik, berbagi. Silakan share dimana saja: blog, facebook (jejaring sosial lain), forum, warnet, rental, toko kelontong, kampus, WC umum, dll. Saya pikir Anda lebih kreatif untuk berbagi dimana saja. Jangan lupa catat dan cermati perkembangannya, dimonitor.
Tips: Cari hosting yg bisa memonitor jumlah downloader semisal 4shared, ziddu, mediafire, dll.
4. Gencatan Seribu Link
Sudah sukses upload? Dicatat link beserta alamat lainnya jika ada. Sebarkan dari teman-teman terdekatmu. Tak peduli dia animator, mahasiswa, desainer, atau apapun. Jika tidak tertarik MINIMAL minta dia untuk share link tersebut dan mencantumkan di blognya.
Jika Anda sering Online di Warnet, minta penjaga untuk ijin titip. Atau Copy Paste saja di folder user seperti biasa, beri Judul KREATIF agar membuat orang penasaran untuk melihat isi dalamnya :). Oya jangan lupa mampirlah ke kos atau rumah teman dan tawarkan flashdisk Anda untuk di copy isinya.
Tips: Branding diri Anda sebagai pencipta, karena saatnya narsisme positif dimulai ;)
5. Media Strategis
Ini option. Jika punya kenalan di Media cetak, radio, TV, bahkan Pemerintahan, jangan sungkan untuk mengabarkan Gerakan ini. PErkara ditolak sudah biasa dan itu bukati mereka tidak mau menjadi bagian dari sejarah (menghibur diri). Tawarkan saja pokoknya.
Tips: Baca teori-teori persuasif dan marketing :)
6. Lihat yang akan terjadi
Logikanya:
- Jika ini disepakati rame-rame dan dilakukan secara massal
- Asumsi pengikutnya 100 org masing-masing membuat 1 tutorial sebulan sekali (semoga lebih)
- Didoakan 500 orang dan didukung jejaring sosial 
- Konsisten di PUBLISH sebulan sekali secara serentak di seluruh Indonesia
- Ada Media yang mengulas dan mau meliput
- Bisa jadi buku (PDF atau Cetak)
MAKA IMPIAN ITU NYATA!
Baiklah, cukup berandai-andai. Saya ingin melihat RESPONNYA dan kira-kira siapa saja yang mendukung SILAKAN acungkan jari (eh, ketik di komentar). Agar segera bisa diwujudkan secara teknis dan SEGERA bisa di mulai sejarah baru. Tidak jauh-jauh dulu, dimulai dari TUTORIL BLENDER. Jika sudah, maka kita akan perluas GERAKAN ini ke forum-forum FOSS lain dan komunitas sebangsanya (GIMP, INKSCAPE, UBUNTU, dll). Itu!
Salam Blender
~hiza

SERANGAN!Blender Telah Dimulai ;)

http://seranganblender.tumblr.com/

SIlakan Submit Tutorialmu disini:
http://seranganblender.tumblr.com/submit

Note:
Secara berkala Admin akan memilih tutorial yang dianggap layak untuk di publish (sy yakin semua layak), lalu mempublishnya di Serangan Blender Blog. Bagi yang berkomitment menyumbang tutorial silakan langsung submit atau email saya di: kapten@blenderindonesia.org

5 alasan keuntungan Submit Tutorial:

1. Animasi Open Source di Indonesia Berkembang pesat karena secara rutin ter-index di search engine dan semakin banyak orang menggunakan Blender sebagai pipeline produksi animasi.

2. Forum Blender Indonesia semakin JAYA, karena setiap tutorial diarahkan ke FORUM yang secara tidak langsung akan menjaring talent-talen baru di dunia animasi blender. Semoga semakin banyak orang tahu dan sadar akan pentingnya berkomunitas guna mengasah skil dan berjejaring.

3. Blog Kamu semakin dikenal di dunia per-Blenderan. Otomatis jika kamu membuat tutorial dan memberi pengaruh melalui ide-ide dalam tutorialmu. So, kunjungan blogmu bertambah, pun personal branding semakin cepat. Jadi, siapkan foto terbaikmu di profile dan buat tutorial hebat!

4.Income tambahan. Ini terjadi secara tidak langsung, siapkan saja email kontak di blog tutorialmu agar masuk berbagai saran, kritik, pertanyaan, atau pesanan animasi (bisa jadi). Layani setiap hal yg masuk dengan ramah dan rendah hati. Someday, jika kamu rajin pun bisa dijadikan jilid buku tutorial dan bisa dijual kepada yang membutuhkannya.

5. Mengasah Skil & Portofolio, jangan hanya jd penonton saja. Percayalah kamu semakin cepat meningkat secara skil jika rutin mengasah diri sekaligus membuat tutorial (mencatat). Beda dengan yang hanya menonton, ingatan akan lebih nyantol jika kita membuat catatan berkala sehingga tidak cepat lupa. Nah terakhir bisa menjadi portofolio untuk 'IJASAH' di dunia kreatif. Percayalah ini penting!

Selamat berkreasi... :idea: 


Itulah sekilas tentang Serangan Blender yang sedang berlangsung di dunia animasi open source Indonesia. Mau ikut berpartisipasi?

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe