Proyek Ayam Komunitas Animasi

Sabtu, Juli 21, 2012

Hampir setahun saya terlibat dalam sebuah komunitas di PENS, lebih tepatnya komunitas yang ada dalam jurusan Multimedia Broadcasting. Dalam jangka kurang dari satu tahun kami sudah menyelesaikan sebuah project stop motion yang sampai saat ini belum di publish, lantaran masih di tahan oleh editor video. Kita tunggu saja sampai dia siap mempublish karya tersebut.

Selain itu, saat ini kami sedang membuat sebuah project bersama teman-teman komunitas. Project tersebut kami namai dengan project ayam, lantaran menggunakan ayam sebagai tokoh utamanya. Cerita mengambil lokasi daerah kumuh di Surabaya. Ceritanya sih sederhana, yang membuat rumit adalah produksi animasinya.
project ayam
project ayam
Animasi 3D kami pilih sekaligus belajar. riset teknis hingga non teknis sudah kami lakukan, meski sebenarnya riset yang sudah kami lakukan bisa dibilang sangat kurang. Apalagi penguasaan software yang sangat dominan dalam pembuatan project animasi 3D. Hampir semua anggota benar-benar belajar software dari NOL. Namun itu tidak menjadikan penghalan buat kami untuk menyelesaikan project ini, mungkin pepatah yang cocok untuk kenekatan kami adalah "Learning by Doing".

Dari banyak software yang tersedia, kami pilih OPEN SOURCE dan FREE SOFTWARE seperti Blender, GIMP, MyPaint, Inkscape, Audacity. Kami pilih software-software diatas lantaran kami tidak mau menggunakan software bajakan, seperti yang kita tahu bahwa harga software seperti Adobe, Autodesk, dsb bisa memakan biaya 3 - 10 kali lipat dari harga hardware yang kami gunakan. Lagipula kami memang belajar dari NOL, belum ada ketrampilan di salah satu software, sehingga tidak ada salahnya kalau menggunakan software open source dan yang gratisan. Toh software hanyalah alat.
Character on blender
Character on blender
Selain karena gratis, software-software tersebut sudah terbukti kualitasnya. Seperti open movie berjudul SINTEL yang sudah selesai di produksi oleh Blender Institute tahun 2010 lalu. Selain itu software-software tersebut pula yang digunakan oleh Open Movie Mango yang saat ini masih dikerjakan oleh Blender Institute dan dibantu oleh komunitas di seluruh dunia.

Saat ini, bisa dibilang kami masih dalam proses produksi. Mulai dari permodelan karakter, properti, rigging, texturing bahkan ada beberapa orang yang kami khususkan untuk belajar animasi, sehingga ketika semua sudah siap untuk dianimasikan dia sudah dapat mengerjakan dan terbiasa dengan karakter yang sudah di rig.
rig kacau karena pole target ik leher
rig kacau karena pole target ik leher
Selain rigging, texturing juga sudah berlangsung, beberapa texture sudah jadi seperti yang tampak pada halaman belakang rumah yang akan menjadi tempat utama pengambilan gambar animasi.
uv unwrap
UV Unwrap
WIP - texture layout belakang rumah
WIP - texture layout belakang rumah
Munkgin itu saja yang bisa saya share di sini. Untuk lebih jelasnya tentang project ayam bisa langsung kunjungi blog resminya di mmbanimation.tk. Dan kami tunggu feedbacknya :)

You Might Also Like

1 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe