Drag and Drop di Blender 2.6

Sabtu, April 13, 2013

Sudah merasakan betapa luar biasanya Blender bukan? Kali ini saya mau share salah satu fitur Blender yang masih kurang dimanfaatkan. Fitur yang saya maksud adalah fitur drag and drop, sebuah fitur yang digunakan untuk menempelkan file dari jendela explorer / nautilus ke software. Sebenarnya fitur ini sudah ada sejak lama, saya pertama kali mengetahui dari blog mas budip. Namun saat itu saya tidak berhasil mempraktekkannya, saya kurang tahu kenapa. Tetapi saat ini saya sudah bisa menggunakan fitur tersebut.


Dengan adanya drag and drop ini kita akan mudah untuk menambahkan background image / background gambar di Blender. Tidak perlu menekan properties terlebih dahulu. Langsung klik dan geser gambarnya ke dalam jendela 3D, maka gambar tersebut secara otomatis akan berubah menjadi background. Untuk melihatnya kita harus berada di view orthogonal / orthographic.

Selain itu juga sangat bermanfaat untuk editing video, kita cukup drag and drop file video / audio / gambar, dalam sekejap langsung menjadi strip video / gambar maupun audio. Menarik bukan? Bagi yang masih bingung bisa langsung coba di Blender yang terbaru. Berikut video demo dan sedikit penjelasan fitur drag and drop di Blender.


You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe