DIY Project : Mini Studio Photobox

Selasa, Desember 22, 2015

Belakangan semakin banyak temen-temen baru yang nganter makanan ke rumah, mereka minta tolong untuk di fotoin produk jualan mereka dan posting di instagram. Mungkin kamu enggak asing sama istilah endorse sist. Nah, itu yang sesekali aku kerjain.

Gegara beragam endorse tersebut, aku pun jadi belajar tentang fotografi secara ototidak. Meski dulu kuliah di jurusan yang cukup intim dengan fotografi, tetapi aku enggak terlalu tertarik. Sekarang kok jadi pengen belajar food fotografi. Suka aja sih, cuma kudu inget perut aja :D.

Untuk menunjang hobi baru tersebut aku tadi siang iseng bikin Mini Studio Photobox yang bisa dimanfaatkan untuk foto produk makanan. Enggak kepikiran buat nulis tutorialnya di blog, tapi karena ada request dari temenku yang namanya +Weka, akhirnya aku coba tulis meski dokumentasi pengerjaannya tadi siang enggak aku foto.

Bikin Mini Studio dari Kardus Bekas

 Mini Studio dari Kardus Bekas
Mini Studio dari Kardus Bekas
Nah, sebelum memulai project ini, yang perlu kita persiapkan adalah bahan-bahannya. Adapun bahan-bahan yang aku pakai hari ini antara lain sebagai berikut.
  1. 1 Kardus bekas dengan kondisi yang masih bagus (beli di toko kelontong harga 1000 - 3000 tergantung ukuran dan ketebalan)
  2. 1 lembar kertas linen (harganya 6000, bisa pakai kertas karton atau apalah terserah)
  3. Isolasi besar
  4. Penggaris
  5. Pensil / Pulpen
  6. Lem 
  7. Cutter
Kurang lebih itu sih perelengkapan yang harus dipersiapkan sebelum memulai proyek sederhana ini. Selain itu kalau semua bahan diatas sudah tersedia, cukup luangkan waktu selama 30 menit udah kelar kok :)

Bikin Box Studio

Langkah pertama adalah menutup semua box yang terbuka. Tempelkan isolasi pada bagian yang terbuka sehingga kardus tertutup seperti sediakala ketika belum dibuka isinya.
Isolasi Kardus
Isolasi Kardus
Lubangi salah satu bagian kardus yang akan kamu jadikan bagian depan. Bisa lihat contoh kardus yang aku lubangi di bawah ini.
Potong sisi kardus
Potong sisi kardus
Setelah itu ukur sisi bagian dalam kardus menggunakan penggaris. Kalau bisa ukurannya bener-bener pas yak. Kemudian potong kertas sesuai dengan ukuran-ukuran dari bagian kardus. Setelah itu pasang semua di bagian kanan, kiri dan atas menggunakan lem.

Untuk bagian depan, aku pilih kertas memanjang sehingga bentuknya melengkung. Ini membuat background tidak memiliki garis horizontal yang memisahkan bagian horizontal dan vertikal kardus. Seperti gambar di bawah ini.
Lapisan Kertas dalam Kardus
Lapisan Kertas dalam Kardus
Jadi deh mini studio yang bisa dibuat ngambil foto makanan dan sebagainya. Untuk ukuran kardus bisa disesuaikan dengan obyek yang akan di foto. Ini bisa jadi salah satu tips dan trik untuk membuat foto yang bagus buat upload di instagram lho :D. Setelah percobaan, berikut hasil foto menggunakan mini studio ini :D
A photo posted by Pandu Aji Wirawan (@ndundupan) on
 Logitech M235 di Mini Studio
Logitech M235 di Mini Studio
Setelah itu jangan lupa untuk beli lampu buat pencahayaan, karena juga membutuhkan lampu penerangan untuk lighting. Kalau aku beli lampu pixar yang biasa juga disebut dengan lampu arsitek yang harganya enggak sampai 150 ribu dan lampu LED 5 watt yang udah terang banget

Kalau untuk foto makanan aku pakai lampu LED 5 Watt White Warm, jadi warnanya agak kekuningan seperti foto diatas. Karena lagi enggak ada makanan dan lagi males ngganti lampunya jadi langsung jepret aja :D.

Oh iya, gimana? Mudah kan bikinnya? Udah bikin aja dirumah biar foto-foto iseng di instagrammu makin bagus setelah pakai tips trik ini :D. Enggak papa kalau mau follow instagramku @ndundupan, sepertinya bakalan nambahin 1 kategori di blog ini, yaitu DIY :D. Ikutin terus yak di blog panduaji.net ini untuk tulisan campur aduk lainnya ;)

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe